in

Nggak Cuma Momo Challenge, 5 Tantangan yang Viral ini juga Membahayakan Nyawa

Belum lama ini barangkali viral kiki challenge. Mulai dari anak-anak, remaja hingga ibu-ibu hamil pun ikut joged-joged di samping mobil yang pintunya sengaja dibuka. Entah siapa yang mengawali tantangan satu ini, tapi semoga saja tidak ada korban ketabrak kendaraan lain saat lagi asik joged ya. Sebab, nggak sedikit tantangan yang beredar di sosial media itu tergolong berbahaya. Barangkali kalian nggak asing dengan Momo Challenge.

Konon, Momo Challenge adalah tantangan yang viral di WhatsApp. Ada laporan dari Argentina yang menyatakan bahwa seorang anak berusia 12 tahun telah bunuh diri setelah mendapat tantangan tersebut. Meski banyak yang menganggap bahwa challenge tersebut hanya hoax semata, ternyata ada lima challenge lain yang benar-benar nyata bahayanya. Berikut ini adalah lima tantangan tersebut.

Banana Peel Challenge

Banana Peel Challenge

Terpeleset kulit pisang emang jadi salah satu adegan yang kerap muncul dalam film komedi atau kartun. Nah, dua tahun lalu juga sempet viral soal tantang satu ini, Sobat Boombastis. Berbeda dengan film kartun, karena tantangan ini mengharuskan orang untuk sengaja berjalan di atas kulit pisang sampai terpeleset. Meski berbahaya, ternyata ada aja yang mengikuti tren ini lho. Akibatnya, nggak sedikit juga yang jatuh hingga cidera saat mengikuti challenge ini. Duh, meski lagi ngetrend, kalian juga harus mikir sebelum ikut-ikutan tantangan dari dunia maya ya, Gaes. Pastiin dulu kalau itu aman dan nggak membahayakan, baru boleh ikutan.

Blue Whale Challenge

Ilustrasi Blue Whale Challenge

Lain dengan banana peel yang sebentar, tantangan ini butuh waktu hingga 50 hari! Permainan ini adalah layanan microblogging yang memberikan tantangan yang sangat beragam. Selain sangat banyak juga tidak manusiawi, Gaes. Mulai dari menonton film thriller di jam tertentu sampai melukai diri sendiri. Ya memang ada tantangan menggambar ikan paus, tapi ternyata dilakukan di bagian tubuh. Serem banget kan? Setiap level tantangan, peserta juga harus mengirimkan foto dan bukti pada kurator. Kurator juga yang akan memandu dan juga memberikan tantangan. Permainan berakhir dengan kata good bye yang ditulis oleh peserta, sebelum akhirnya bunuh diri. Challenge ini juga yang dikaitkan dengan kasus 130 remaja di Rusia bunuh diri. Duh, jangan sampe deh ada challenge kayak gini lagi ya.

Duct Tape Challenge

Duct Tape Challenge

Kalau challenge satu ini popular di YouTube. Di mana ada remaja yang mengikat temannya di kursi menggunakan lakban dengan sangat erat. Setelah itu, mereka akan merekam aksi si teman yang berusaha meloloskan diri. Namun, ternyata ada kasus di mana seorang remaja 14 tahun di Amerika yang mengalami kecelakaan akibat challenge tersebut. Remaja itu melakukan challenge dengan posisi berdiri saat berusaha meloloskan diri. Akibatnya, ia kehilangan keseimbangan dan jatuh ke depan dengan posisi kepala menghantam jendela hingga jatuh ke aspal. Coba bayangkan bagaimana perasaan orang tua kalau melihat anaknya kecelakaan saat melakukan challenge!

Chubby Bunny

Chubby Bunny Challenge

Siapa yang masih ingat dengan challenge satu ini? Pada tahun 2005, tantangan ini sempat terkenal di Indonesia. Permainan ini menguji seberapa banyak orang bisa memasukkan marsmallow ke dalam mulutnya, kemudian mengucapkan chubby bunny. Tantangan ini terkesan tidak berbahaya, tapi sebenernya ada dua kasus kematian orang saat melakukan challenge ini. Jadi, Gaes… mending bener-bener dipikirkan lagi kalau kalian mau ikut-ikutan sama sesuatu yang lagi viral.

Hot Chili Challenge

Hot Chili Challenge

Tantangan ini sempet popular di dunia. Banyak remaja yang mencoba ketahanan dirinya untuk memakan berbagai jenis cabai dan merekam reaksinya. Cabai dengan jenis Carolina reaper yang paling banyak digunakan untuk challenge karena dianggap paling pedas. Nggak tanggung-tanggung, challenge satu ini sudah memakan banyak korban seperti halusinasi, bahkan pingsan akibat efek samping pedas yang berlebihan. Duh, kalau tantangan satu ini sih jelas-jelas nggak baik buat lambung ya, Sobat Boombastis. Jadi, apa pun alasannya, jangan pernah membahayakan perutmu buat tantangan nggak jelas di media sosial.

Dari beberapa challenge berbahaya di atas, mungkin tidak semua popular di Indonesia. Namun, setelah membaca beberapa informasi di atas, semoga temen-temen semua bisa lebih bijak lagi saat menggunakan sosial media. Jadilah netizen yang cerdas dengan nggak ikut-ikutan challenge yang merugikan diri sendiri. Oke?

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

Termahal! Beginilah Besarnya Gaji Luis Milla yang Konon Bisa Buat Berangkat Haji Per Bulan

Anti-Mainstream, Deretan Nama Wifi Langka Ini Akan Membuatmu Ngakak Sampai Sakit Perut