in

5 Negara Militer Ecek-Ecek yang Jumlah Tanknya Lebih Banyak dari Indonesia

Ilustrasi tank Ethiopia [image source]

Keberadaan tank sebagai senjata akan menaikkan gengsi kekuatan militer suatu negara. Selain besar dan gahar, kendaraan tempur ini sangat bermanfaat dalam serangan bombardir untuk menaklukkan lawan. Karena itulah, kondisi militer suatu negara bisa dikatakan mumpuni jika memiliki tank dalam jumlah yang banyak.

Kekuatan militer negara kita berada di posisi ke-14 berdasarkan ranking Global Fire Power. Kita boleh bangga karena secara keseluruhan kekuatan militer Indonesia bisa dibilang juara, karena berada di posisi atas. Lalu bagaimana dengan jumlah tank yang dimiliki militer kita?

Dibandingkan dengan negara-negara yang peringkat kekuatan militernya berada jauh di bawah kita, seperti Myanmar misalnya. Negeri Tanah Emas ini secara kekuatan militer berada di peringkat ke-33. Namun, untuk urusan tank berada di posisi yang lebih tinggi dari Indonesia. Total tank yang dimilikinya adalah sekitar 569, sedangkan Indonesia memiliki tank sebanyak 468. Selain Myanmar, negara dengan kekuatan ecek-ecek mana lagi yang memiliki jumlah tank lebih banyak dari Indonesia?

1. Myanmar

Parade tank Myanmar [image source]
Dari segala segi bolehlah negara kita lebih unggul. Keunggulan Indonesia atas Myanmar mencakup banyak aspek, seperti personel militer yang aktif dan kekuatan laut. Pada dua bidang tersebut, kita boleh jumawa. Namun, pada giliran jumlah tank yang dimiliki, negara yang tengah konflik dengan Suku Rohingya ini lebih unggul. Koleksi tank Myanmar berjumlah 569, sedangkan Indonesia hanya sebanyak 468 buah.

2. Bangladesh

Tank Bangladesh [image source]

Secara kekuatan militer, Bangladesh memang berada jauh di bawah Indonesia. Kekuatan militer Bangladesh menduduki peringkat ke-52. Terpaut jauh dengan Indonesia yang berada di posisi 14. Dalam segi personil militer yang aktif, jumlah yang dimiliki Indonesia dan Bangladesh tak terlalu signifikan. Namun, beda lagi ceritanya kalau kita berbicara masalah jumlah tank yang dimiliki oleh kedua negara. Bangladesh memiliki jumlah tank yang ternyata banyak. Tahun 2016 Global Fire Power mencatat tank yang dimiliki Bangladesh adalah sekitar 680 buah, unggul 212 buah dari Indonesia.

3. Afghanistan

Negara yang tengah dirundung konflik tak berkesudahan ini membuat kekuatan militernya berada di posisi ke-66. Terpaut jauh dengan Indonesia yang berada di peringkat ke 14. Ketersediaan sumber daya militernya pun sangat terbatas. Afghanistan hanya memiliki jumlah orang yang berpotensi untuk dijadikan tentara sebanyak 14 juta saja, berbeda dengan Indonesia yang memiliki jumlah ratusan juta.

Tank Afghanistan [image source]
Afghanistan baru unggul dari Indonesia ketika kita membicarakan jumlah tank yang dimiliki masing-masing negara. Afghanistan yang seringkali mengalami peperangan tentulah memiliki koleksi tank yang jumlahnya lebih banyak dari Indonesia. Global Fire Power mencatat kepemilikan tank Afghanistan adalah sebanyak 700 buah.

4. Ethiopia

Ilustrasi tank Ethiopia [image source]
Ethiopia adalah salah satu negara miskin di dunia yang terletak di Afrika. Mendengar predikatnya saja, sudah bisa dipastikan kalau negara ini memiliki kekuatan militer yang ecek-ecek. Peringkatnya di Global Fire Power berada pada urutan 42. Indonesia masih menang banyak aspek dari Ethiopia. Kita nggak boleh sombong dulu. Mata kamu akan terbelalak ketika tiba pada bagian tank. Ternyata Ethiopia memiliki tank yang jumlahnya ribuan. Tahun 2016 lalu ia memiliki sebanyak 2.300 buah tank. Wow! Nggak nyangka ya.

5. Syiria

Tank Syria [image source]
Dibanding dengan Indonesia, peringkat kekuatan militer Syiria memang jauh di bawah kita. Syiria menempati posisi ke-36 dari 126 negara yang ada. Beda jauh dibandingkan dengan Indonesia yang berada di posisi ke-14. Otomatis jika diadu Indonesia memiliki kans besar untuk menang, tapi tunggu dulu, jalau tadi kita dibuat kaget dengan tank yang dimiliki Ethiopia yang jumlahnya ribuan, siap-siap melongo dengan tank yang dimiliki Syiria. Nggak main-main, Syiria memiliki tank sebanyak 4.500 buah. Jumlah tank Indonesia nggak ada apa-apanya dibanding Syiria.

Meskipun memiliki jumlah tank yang terbilang sedikit, Indonesia masih memiliki militer yang kuat. Kita nggak perlu minder dengan jumlah tank yang sedikit. Prestasi militer Indonesia menjadi pengganti jumlah tank yang jumlahnya ratusan tersebut.

Written by Sastranagari

One Comment

Leave a Reply
  1. Klau bsa indonesia buat sendiri tank dn smua peralatan militer ya..jaya slalu garuda indonesia

Leave a Reply

5 Daerah Bekas Penumpasan PKI di Indonesia Ini Terkenal Angker

Sirian, Bangsa Alien yang Dipercaya Diam-Diam Sudah Menginvasi Bumi