in

Bukan Fogging, Tanaman Inilah yang Ampuh untuk Mengusir Nyamuk

Penyakit demam berdarah hingga saat ini masih belum berkurang juga. Malah, di beberapa daerah seperti Brebes, penyakit membahayakan satu ini menyerang siswa sekolah. Melihat kejadian tersebut, banyak sekolah yang berinisiatif untuk melakukan fogging.

Tapi, fogging ternyata masih dipertanyakan keampuhannya Sahabat Boombastis. Disampaikan oleh Dr. Riris Andono Ahmad selaku peneliti dalam World Mosquito Program di Pusat Kedokteran Tropis, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM di Yogyakarta jika fogging hanya membunuh nyamuk dewasa. Sedangkan telur dan jentiknya masih bisa berkembang biak.

Fogging hanya bisa membasmi nyamuk dewasa [Sumber Gambar]
Kalau sudah seperti ini, bagaimana solusinya? Pasalnya melakukan 3 M saja tidak cukup untuk memberantas nyamuk. Perlu ada tindakan tambahan supaya serangga tersebut bisa mati. Nah, Sahabat Boombastis jangan khawatir. Cara ampuh yang bisa dilakukan untuk membasmi nyamuk adalah dengan menanam beberapa tumbuhan di bawah ini dekat rumah.

Lengkuas dibenci nyamuk [Sumber Gambar]
Menurut Walikota Jakarta Pusat, Sylviana Murni, jika ada tiga tanaman yang ampuh untuk mengusir nyamuk demam berdarah. Adalah kemangi, jahe dan lengkuas. Letakkan saja ketiganya di sekitaran rumah supaya bau dari ketiga tumbuhan tersebut dapat tercium oleh serangga membahayakan tersebut. Tapi dengan syarat, si pemilik rumah juga perlu melakukan langkah menutup, mengubur dan menguras agar telur dan jentik nyamuk tidak dapat berkembang biak.

Serai bisa membasmi nyamuk [Sumber Gambar]
Hal ini berbeda dengan yang dikatakan oleh Prof Dadang dari Departemen Proteksi Tanaman Institut Pertanian Bogor (IPB) seorang Pakar Insektisida Nabati. Tanaman sereh (serai), lavender dan zodia sangat baik untuk mengusir nyamuk. Jadi pemilik rumah perlu menanam tanaman ini di sekitar huniannya.

Namun perlu diingat, tanaman tersebut perlu dirawat dengan baik, tidak asal diberi pupuk atau disiram saja. Tapi juga pemangkasan perlu dilakukan jika daun tanaman sudah rimbun. Pasalnya, jika daun dari tumbuhan tersebut tidak dipotong secara berkala, tanaman akan menjadi sarang baru bagi nyamuk. Pasti enggak mau kan seperti itu?

BACA JUGA : Demam Berdarah Mulai Menyerang, 5 Benda Rumahan Ini Bisa Basmi Nyamuk

Cara-cara ini juga sangat disarankan oleh beberapa ahli kesehatan lain. Sebab lebih aman daripada harus menggunakan obat semprot nyamuk yang membuat sesak nafas. Tapi sebelum menanam tumbuhan di atas, kalian harus konsisten untuk merawatnya. Selain itu, jangan lupa juga untuk tetap menjaga kebersihan rumah dan melaksanakan 3 M.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

5 Pasangan Selebriti Ini Disebut Netizen ‘Manis di Instagram, Tidak di Kehidupan Nyata’

Menilik Perjuangan Valentino Rossi di Lintasan Balap yang Bisa Diterapkan dalam Hidup