in

5 Tanaman yang Ngetren di Tahun 2021, Kamu Sudah Punya yang Mana?

Ingat nggak, sepanjang tahun 2020 pamor tanaman hias kian menanjak dan diidamkan banyak orang? Kalau kamu ikut mengamatinya atau mengikuti tren tersebut, pasti udah nggak asing sama yang namanya aglaonema, monstera, philodendron, calathea, pothos atau sirih gading, hingga ZZ plant yang jadi primadona.

Tren tanaman hias belum surut meski sudah memasuki pertengahan tahun 2021. Tentunya sejalan dengan pandemi Covid-19 yang belum usai. Kira-kira ada perbedaan tren tanaman tahun 2021 dengan tahun sebelumnya nggak, ya? Biar nggak makin penasaran, intip listnya yuk!

Kuping Gajah

img: squarespace-cdn.com

Kuping gajah adalah tanaman lanskap yang keberadaannya begitu populer karena ketinggiannya dan daun yang besar. Salah satu alasan mengapa banyak orang memilih untuk menanam tanaman asli Afrika ini karena mudah ditanam di mana saja, termasuk di dalam ruangan dengan cahaya terang dan tidak langsung. Ciri khasnya terletak pada urat hijau muda di bagian permukaan atas dan urat berwarna ungu-kuning-hijau di permukaan bawah. Perbedaan warna tersebut yang menjadikan kuping gajah unik. 

Menurut Katrina Froelich, spesialis pemasaran dan hubungan masyarakat dari Lively Root berkata, “Kuping gajah (Alocasia ‘Regal Shield) akan menggantikan Fiddle Leaf Fig sebagai tanaman hias populer yang besar,” dilansir dari Kompas. “Sama seperti Fiddle Leaf Fig, tanaman ini juga membutuhkan perhatian dan kasih sayang ekstra.

Tanaman Polkadot (Begonia Maculata)

img: amazon.com

Sesuai dengan namanya, Begonia Maculata dijuluki sebagai tanaman polkadot karena memiliki daun dengan bintik-bintik berwarna perak yang cantik serta bagian bawah berwarna merah. Apabila ditempatkan di dalam ruangan, pasti mencolok banget! Selain Maculata, Rex Begonia (Begonia rex-cultorum) juga populer di tahun 2021. Banyak orang menjatuhkan pilihannya pada tanaman Begonia karena unik dan perawatannya yang mudah. Tanaman ini bisa diletakkan di ruangan dengan cahaya terang dan tidak langsung, kondisi tanah yang pas (tidak basah atau tidak kering), dan suhu sedang.

Sterling Silver Scindapsus (Scindapsus Treubii ‘Moonlight’)

img: tokopedia.net

Sempat bikin heboh, Sterling Silver Scindapsus ternyata populer banget di kalangan pecinta tanaman hias. Tumbuhan ini juga punya kerabat dekat dengan pothos, philodendron, dan monstera yang juga hype. Sterling Silver adalah tanaman merambat dengan daun berwarna hijau tua disertai kilau keperakan di atasnya. Rupanya yang cantik membuat banyak orang jatuh hati. Apalagi, Sterling Silver Scindapsus dapat beradaptasi dalam berbagai kondisi cahaya.

Calathea Rattlesnake (Calathea Lancifolia)

img: shopify.com

Bentuk daun dari Calathea Rattlesnake yaitu bertali dengan bintik-bintik di bagian bawahnya yang berwarna ungu tua. Sesuai dengan namanya, pola daun Calathea menyerupai ekor ular berbisa. Tanaman hias cantik dan eksklusif ini ternyata sensitif terhadap air yang banyak mengandung klor. Jika berlebihan, bisa bikin tepi daun berubah warna menjadi coklat. Bila hal itu terjadi, kamu bisa isi wadah air dengan keran biasa dan biarkan saja semalaman.

Cara ini memungkinkan klorin menguap, sehingga Calathea Rattlesnake tetap aman. Seorang direktur kreatif dan Chief Maker Megan George dari The Zen Succulent menyampaikan, “Calathea Rattlesnake akan mengalami momennya di tahun 2021. Daunnya yang berpola dengan daun bawah ungu tua terlihat sangat indah bahkan dalam pot yang paling sederhana,” dikutip dari Kompas. 

Palem Jari (Palem Regu)

img: tokopedia.net

Palem Jari (Palem Regu) atau istilah kerennya Lady Palm, dipilih karena tampilannya yang cantik dan perawatannya mudah. Tanaman ini memiliki daun besar seperti telapak tangan dengan bentuk menyerupai kipas China. Palem Jari dapat ditempatkan di dalam ruangan selama kamu memberikan sinar matahari tidak langsung yang cerah. Seperti pohon palem kebanyakan, Lady Palm menyukai kelembaban. Jika penyiraman tidak teratur dan suhunya kering, ujung daun bisa berubah warna menjadi coklat. 

BACA JUGA: Isinya Daun Doang, tapi 5 Tanaman Hias Ini Harganya Bisa Mencapai Jutaan Rupiah!

Semuanya unik dan cantik banget, cocok untuk menghias halaman dan area indoor di dalam rumah. Dari 5 pilihan di atas, mana yang paling kamu incar, nih?

 

Written by Chey Yuanita

Leave a Reply

Marie Thomas, Perempuan Pertama Indonesia yang Jadi Dokter dan Enggan Dibayar Pasien

Mengenal Bukit Algoritma, Proyek Mirip Silicon Valley di Indonesia, Nilainya 18 Triliun