in

Perhatikan 8 Hal Ini Kalau Kamu Ingin Jadi Pramugari Meski Lulusan SMA

Pramugari merupakan salah satu pekerjaan mulia yang diidamkan banyak gadis. Banyak yang berpikir bahwa menjadi pramugari itu menyenangkan karena kita bisa ikut merasakan terbang ke berbagai tempat dengan gratis. Padahal untuk mendapatkan hal yang menyenangkan tadi kita harus melakukan beberapa perjuangan dong. Begitu pun bila ingin mendalami profesi ini.

Untuk kalian yang mungkin masih bingung akan ke mana setelah lulus SMA maupun kuliah nanti, mungkin bisa mencoba peruntungan di bidang pekerjaan ini. Dan untuk kalian yang memang sudah sejak lama memimpikan untuk menghabiskan waktu sehari-hari di ketinggian, berikut ini ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan.

Berkas administrasi tetap utama

Berkas lamaran [image source]
Sama seperti pendaftaran universitas atau perusahaan lain, ada beberapa persyaratan administrasi yang harus dilengkapi calon pramugari. Untuk kalian yang berada di kelas XII SMA, SMK, atau MA bisa menunjukkan ijasah tanda lulus. Namun bila belum tersedia, hal tersebut masih bisa menyusul. Siapkan juga surat keterangan sehat dari dokter, fotokopi KTP, serta pas foto berwarna dan juga close up.

Tinggi dan berat badan harus sesuai

Berat badan proporsional [image source]
Kalian pasti setuju kalau kita bilang semua pramugari pasti memiliki tubuh yang tinggi dan ramping. Mayoritas semua maskapai biasanya akan mencari personil dengan tinggi antara 160 sampai 180 cm. Sebenarnya tidak ada persyaratan khusus mengenai ukuran lingkar pinggang pramugari, selama berat badannya proporsional. Mengapa seorang pramugari diusahakan bertubuh langsing? Itu karena tubuh mereka harus muat melewati jendela darurat. Dan yang tak kalah penting pramugari harus bisa duduk di bangku spesialnya tanpa sabuk pengaman.

Riasan wajah selalu on namun tetap wajar

Riasan wajah on [image source]
Wajah para pramugari juga bisa selalu terlihat segar meskipun telah terbang berjam-jam. Itu salah satunya dipengaruhi oleh riasan yang digunakan. Beberapa maskapai menyarankan personilnya untuk memakai make up sedikit tebal dengan warna-warna sedikit mencolok. Pramugari juga harus menjaga kulit agar tidak berjerawat, mengkilap, apalagi bersisik. Pramugari juga tidak diperkenankan memiliki tato apalagi yang jelas terlihat oleh penumpang nantinya. Selain itu, perhatikan gelungan rambut agar selalu terlihat rapi.

Waspadai keringat dan bulu-bulu halus

Tetap wangi [image source]
Semua maskapai pasti ingin para penumpangnya merasa nyaman dong di dalam kabin. Itulah mengapa semua pramugari dihimbau agar bisa menjaga kenyamanan penumpang dengan menjaga bau badan serta keringat. Biasakan untuk selalu terlihat segar setiap saat. Selain itu untuk pramugara, sangat tidak dianjurkan membiarkan bulu hidung dan bulu telinga panjang. Oleh karena itu bersiaplah untuk selalu memperhatikan setiap detail tampilan kalian sebelum nantinya benar-benar terbang.

Tak hanya cantik, pramugari juga harus sehat dan kuat

Pramugari harus kuat [image source]
Sudah jadi kewajiban bagi seorang pramugari membantu penumpang mengemas barang bawaannya di dalam kabin. Entah itu tas dengan berat berkilo-kilo maupun printilan kecil. Itulah mengapa pramugari harus memiliki fisik yang kuat. Tak jarang sekolah pramugari memberi tes para calon lulusannya untuk mengangkat beban berat seakan-akan sedang membuka pintu darurat pesawat yang beratnya sampai 20-an kilogram. Karena pramugari juga akan sering melakukan perjalanan jauh, maka hanya mereka dengan sistem kekebalan tubuh kuat lah yang biasanya lolos.

Tak hanya tubuh yang wangi, pastikan napas juga selalu segar

Melayani penumpang [image source]
Ada yang mengatakan bahwa seorang pramugari tidak diperkenankan mengonsumsi makanan dengan bahan dasar bawang karena akan menyebabkan napasnya tak lagi segar. Sudah jadi kewajiban untuk seorang pramugari baik pria maupun wanita untuk selalu wangi, dan itu tidak hanya berlaku bagi tubuh saja. Maka dari itu bila perlu selalu konsumsi permen atau bawalah penyegar mulut untuk membiasakan diri agar napas selalu segar.

Memiliki penglihatan sehat dan gigi yang rapi

Mata sehat gigi rapi [image source]
Lagi-lagi soal penampilan fisik, pramugari dan pramugara tidak diperkenankan menggunakan kaca mata maupun lensa kontak. Beberapa maskapai mengaku hal ini agar tidak mengganggu penampilan mereka sehari-hari. Selain itu gigi seorang pramugari juga harus berjajar dengan rapi, namun tidak masalah jika kalian memiliki gingsul yang mempermanis penampilan. Selama masih menjalani pelatihan, sah-sah saja bagi kalian bila ingin menggunakan behel atau kawat gigi.

Tidak mudah panik dan selalu ramah pada penumpang

Ramah [image source]
Di saat penerbangan mengalami gangguan, tugas pramugari adalah menenangkan para penumpang. Kan nggak lucu kalau justru pramugarinya yang panik. Oleh karena itu kalian harus belajar cara mengendalikan diri pada semua situasi. Selain itu pramugari juga harus selalu bersikap baik pada penumpang. Selalu ada ketika dibutuhkan dan bersikap sopan serta sabar melayani mereka yang mendapat kesulitan selama penerbangan.

Memang menyenangkan menjadi pramugari, tapi juga ada beberapa hal yang harus diingat jika ingin bergabung bersama deretan personil terpilih itu. Dan untuk melaksanakan sekolah menjadi pramugari, selalu pilih lembaga yang sudah mendapat pengakuan dari dinas pendidikan serta sudah dipercaya oleh masyarakat luas ya. Semoga berhasil!

Written by Faradina

Leave a Reply

Sosok 4 Panglima Dayak yang Keberadaannya Masih Menjadi Misteri

Samantha, Boneka ‘Dewasa’ Paling Cerdas yang Bikin Pria Tak Lagi Butuh Wanita