in

5 Hal ini Menjadi Alasan Kenapa Surga Memang Lebih Pantas Berada di Telapak Kaki Ibu

Ibumu, ibumu, ibumu, lalu ayahmu, begitu kata Rasul dalam salah satu hadist sahihnya yang menggambarkan betapa keutamaan ibu lebih besar. Ibu, tanpanya mungkin tidak akan pernah ada dunia ini. Tidaklah Allah menciptakan dunia hanya bagi Nabi Adam saja, kecuali juga Ibu Hawa, yang kemudian darinya lahirlah manusia-manusia yang memenuhi permukaan Bumi.

Ibu adalah segalanya, atas jasanya kita bisa merasakan hidup yang seperti sekarang. Semua orang yang berjasa besar bagi dunia, pastilah lahir dari rahim ibu-ibu mereka. Begitu besar jasanya bagi setiap orang, maka ungkapan yang mengatakan surga di telapak kaki ibu, selamanya takkan pernah diusut atau permasalahkan. Pasalnya, begitu kita membuatnya sakit, maka takkan ada balasan yang lebih pantas selain neraka dan siksa. Begitu sebaliknya, menghormati dan menyayangnya akan berbuah surga.

Betapa besarnya jasa ibu, sampai-sampai ada ungkapan kalau kita takkan pernah bisa membalas kontan semuanya. Apa yang kita berikan hanya seujung kuku dari segunung hal yang telah diberikannya pada kita.

1. Ibu Mengandung dalam Keadaan Lemah dan Bertambah-Tambah

Alasan kenapa sampai surga yang begitu indah dan tak ada bandingannya di dunia itu ada di kaki ibu, adalah karena mereka kita ada. Bukan bim salabim, mereka harus bersusah payah membawa beban berat dalam waktu yang sangat lama. Mengandung tidaklah semudah yang kita kira.

Hamil itu sangat menyusahkan dan ibu melakukannya dengan wajah bahagia [Image Source]
Hamil itu sangat menyusahkan dan ibu melakukannya dengan wajah bahagia [Image Source]
“Dan kami perintahkan manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah…” Demikian firman Allah dalam surat Lukman: 14. Sejujurnya, ibu merasakan beban yang luar biasa saat mengandung. Bahkan ingin sesekali mereka menaruh jabang bayi ini dulu hanya untuk sekedar meluruskan punggungnya. Tapi tidak, ibu tidak demikian. Meskipun terlihat payah, tapi tanyakanlah kepada ayah betapa ibu saat itu sangat sumringah wajahnya.

2. Melahirkan Sama Seperti Mati

Para suami mungkin hanya mulas-mulas saja ketika istrinya melahirkan. Namun bagi ibu, proses ini sama menyakitkannya seperti kematian. Rasa sakitnya jauh melebihi apa pun yang mungkin dirasa manusia.

Melahirkan rasanya sama seperti kematian [Image Source]
Melahirkan rasanya sama seperti kematian [Image Source]
Mengedan dan menekan hingga keluar bayi sebesar itu, tentu sangat sakit rasanya. Tapi, ibu tak mengapa dengan hal ini, asal anak yang dilahirkan bisa lahir selamat dan segera menuju pelukannya. Mati tak masalah, asal ini demi kita.

3. Penderitaan Tak Selesai Setelah ini

Selesai hamil dan melahirkan, apakah beban ibu telah selesai? Tentu saja tidak, karena ia masih harus merawat kita sampai setidaknya bisa mandiri dalam hal apa pun. Bangun tengah malam, gantikan popok kita yang baunya minta ampun, menyusui tengah malam saat semua orang sudah pulas.

Setelah hamil dan melahirkan, tugas ibu tak lantas selesai [Image Source]
Setelah hamil dan melahirkan, tugas ibu tak lantas selesai [Image Source]
Saat kita mulai tumbuh, ibu tetap setia menyediakan semuanya untuk kita. Namun sayangnya, di masa-masa ini kita mulai membantah, mulai mengingkari janji, dan membuatnya terluka. Ibu bisa saja mengatakan susahnya melahirkan kita sebagai ungkapan kekesalannya, namun tidak demikian. Senakal apa pun, kita tetaplah anaknya yang setiap malam masih selalu diselimuti ketika tidur. Ibu juga takkan pernah tidur ketika kita masih belum terlelap dalam mimpi.

4. Cinta Ibu Kepada Anak Mengalahkan Suami

Lagu Kasih Ibu mungkin kekanak-kanakan bagi kita, namun hal tersebut sama sekali benar. “Kasih ibu tak terhingga sepanjang masa…” cinta ibu kepada kita memang luar biasa. Bagai matahari yang menyinari Bumi, konstan tak pernah berubah dan tak pernah ingin berbalas apa pun.

Cinta ibu kepada kita lebih besar kepada ayah [Image Source]
Cinta ibu kepada kita lebih besar kepada ayah [Image Source]
Cinta ibu kepada anak bahkan lebih besar dari suami. Padahal sebelumnya, takkan mungkin ibu berpaling dari ayah sedetikpun karena cintanya yang besar. Namun setelah kehadiran kita, ayah pun langsung jadi nomor dua dan ibu mencurahkan semua cintanya kepada kita. Bahkan ibu sekarang selalu mendahulukan kita dalam urusan apa pun dibanding ayah.

5. Ibu Tidak Butuh Balasan Apa pun Selain Anak yang Soleh Solihah

Tidak pernah ada dalam sejarah seorang ibu meminta balasan atas semua yang dilakukannya kepada anak. Karena memang takkan pernah bisa diukur dengan apa pun. Bahkan satu tarikan nafasnya saat melahirkan, tak sebanding dengan rumah atau pun semua harta yang kita miliki.

Tak ada yang lebih diinginkan ibu selain anak yang sholeh [Image Source]
Tak ada yang lebih diinginkan ibu selain anak yang sholeh [Image Source]
Meskipun tak meminta balasan, namun ibu selalu menginginkan kita menjadi hamba Allah yang taat. Tak ada balasan yang lebih menyenangkan mereka selain menjadi anak yang soleh dan selalu mendoakan saat masih hidup ataupun telah mati. “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara, sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak yang sholeh,” Hadits riwayat Muslim.

Demikianlah alasan kenapa surga ada di telapak kaki ibu. Apa yang telah mereka lakukan benar-benar besar dan tak mungkin bisa kita membalasnya. Makanya, takkan ada rasa kehilangan yang lebih sakit dari pada saat kehilangan ibu. Selagi masih hidup, sayangilah, cintailah, patuhi kata-katanya, dan jangan berkata yang menyakitkan hatinya. Bahkan berkata ‘ah’ sekalipun.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Miris! 5 Tambang Besar Milik Indonesia ini Justru Dikuasai Asing

10 Foto Pelukan Ini Menyimpan Seribu Perasaan di Dalamnya