in

4 Hal yang Bikin Super Junior Betah dan Menganggap Indonesia sebagai Rumah Kedua

Super Junior lagi-lagi datang ke Indonesia! Berangkat dari Bandara Incheon dan sampai di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, kemarin, rupanya boy group generasi kedua dari agensi SM Entertainment ini bukan bertujuan ke Pulau Dewata, tapi Yogyakarta. Setelah sampai di Bali, Super Junior dan rombongan pun melanjutkan perjalanan ke kota Bakpia.

Sebegitu sering Super Junior bertandang ke Indonesia, Lee Teuk—sang leader sampai pernah menyampaikan bahwa “Indonesia seperti rumah kedua kami.” Whoa, para ELF—sebutan fans Super Junior pasti bangga banget, nih. Kira-kira, apa sih yang bikin Super Junior betah di Indonesia sampai menyebut rumah kedua segala?

Sapaan fans yang selalu hangat

Bukan hal baru lagi, jika para fans K-Pop memiliki kebiasaan untuk “menjemput” dan “mengantar” idolanya ke bandara. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga seluruh dunia. Saking seringnya Super Junior datang ke Indonesia, para fans juga selalu siap sedia menjemput idolanya di bandara.

Namun, entah karena kebanyakan fans Super Junior sudah tidak energik lagi, sehingga mereka benar-benar memberikan kelegaan bagi idolanya. ELF pun tak saling dorong untuk dapat di-notice sang oppa. Tak ayal, Super Junior betah dengan sapaan fans yang luar biasa ramah dan hangat di Indonesia, tapi tetap diberikan privasi.

Presiden Jokowi ngefans dengan Super Junior

Bagaimana, sih, rasanya punya seorang fans yang profesinya adalah Presiden? Hal itu yang juga membuat Super Junior nyaman di Indonesia. Kekaguman dari Presiden Jokowi yang disampaikan langsung kepada mereka. Jokowi sendiri menyatakan bahwa ia tahu K-Pop gara-gara Kahiyang, dulu putrinya sempat “minta antar” nonton konser hingga bisa foto bareng dengan Minho SHINee.

Instagram Member Super Junior [sumber gambar]
Setelah ajang Asian Games 2018 selesai (kebetulan Super Junior menjadi salah satu guest star pada closing ceremony-nya), Presiden Jokowi menyambangi Korea Selatan dan bertemu lagi dengan Super Junior. Mereka benar-benar sangat akrab, hingga hampir seluruh member mengunggah fotonya bersama Jokowi dan menyatakan mereka juga ngefans! Fanboy goals~

Doyan banget masakan Indonesia sampai dibawa pulang ke kampungnya!

Nasi goreng, mi goreng, dan rendang adalah makanan andalan Indonesia yang banyak disukai artis luar negeri. Super Junior pun mengidolakan nasi dan mi goreng, hingga menyatakan “aku bisa hanya makan itu seharian, enak banget.” Namun, selain nasi dan mi goreng, ternyata Super Junior sudah bisa explore makanan lain, loh.

Yesung Super Junior doyan mi ayam dan indomie [sumber gambar]

Yesung kala itu tak takut pergi sendirian dan makan mi ayam di pinggir jalan. Benar-benar bukan di restoran mewah, Sahabat Boombastis! Terbukti sudah enggak punya masalah keamanan dengan negara ini. Selain mi ayam, Yesung juga memborong mi instan untuk dibawa pulang ke kampung halaman. Begitu pula sang member termuda, Kyuhyun.

Diberi apresiasi penuh oleh artis Indonesia

Tak jarang masyarakat di seluruh dunia memberikan sentimen negatif kepada idol K-Pop. Entah karena mereka menari sambil bernyanyi atau gara-gara operasi plastik. Begitu pula netizen Indonesia, yang masih sebut-sebut plastik ketika seorang idol K-Pop, Jonghyun SHINee, mengakhiri hidupnya secara tragis.

Dira Sugandi dan Siwon x Rossa dan Leeteuk [sumber gambar]
Masalah “diterima” di sebuah negara adalah hal yang bikin Super Junior betah di Indonesia. Selain diterima dengan baik oleh para fans dan bahkan Presiden, selebriti tanah air juga menyatakan antusiasnya terhadap mereka. Seperti Dira Sugandi yang berteman dengan Siwon, juga Rossa dengan Leeteuk.

BACA JUGA: Unggah Hal Kocak Tentang Indonesia, 5 Idol K-Pop Ini Bikin Dunia Maya Gonjang-ganjing

Indonesia memang tak jauh beda dari Korea Selatan dalam hal demografi, masih sama-sama Asia juga, kok. Makanya enggak ada kata homesick dari Super Junior ketika mengunjungi tanah air. Patut berbanggalah masyarakat Indonesia, khususnya ELF, karena musisi besar merasa nyaman di negara +62.

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

Haka, Tarian Emosi Suku Maori untuk Mengenang Semua Korban Teror di Selandia Baru

Kisah Haru Anak Raja Yogyakarta yang Pilih Jalan Hidup Sederhana Sebagai Rakyat Jelata