in

Melihat 300 Sumur yang Dibangun oleh Jin Nabi Sulaiman, Ada Rahasia Ajaib di Baliknya

Setiap nabi dan rasul diturunkan kepada umat masing-masing lengkap dengan segala mukjizatnya. Nabi Sulaiman adalah salah satu utusan istimewa tersebut yang tak hanya terkenal sebagai raja yang kaya, tetapi juga kemampuan untuk berkomunikasi dengan makhluk selain manusia.

Binatang, angin, bahkan Jin adalah makhluk yang tunduk pada perintahnya. Maka tak heran jika banyak sekali kisah yang mencatat cerita sang nabi yang pekerjaannya dibantu oleh mereka. Di Desa Laynah –sebelah Utara Arab Saudi konon ada ratusan sumur yang dulunya dibangun oleh para Jin Nabi Sulaiman, apakah benar begitu? Mari kita simak faktanya!

Sumur Jin Sulaiman [Sumber gambar]
Negara petrodolar ini tak hanya terkenal dengan keagungan Masjid Nabawi dan Kakbahnya saja, tetapi juga objek wisata sejarah, yang salah satunya adalah Sumur Jin Nabi Sulaiman, atau ada juga yang menyebutnya sebagai Gua Jin Sulaiman yang ada di Desa Laynah. Laynah sendiri termasuk destinasi yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena keunikan dan kekayaan sejarahnya.

Nah, berbicara tentang sumur ini, ia adalah bukti dari agungnya mukjizat Nabi Sulaiman. Sumur yang jumlahnya ratusan ini adalah penawar dahaga dari para tentaranya. Dikisahkan bahwa dalam perjalanan dari Yerussalem untuk menaklukkan Yaman, Sulaiman dan tentaranya –termasuk para jin, didera kehausan yang sangat sedangkan mereka berada di gurun dan persediaan air telah habis. Uniknya, salah satu dari mereka yang bernama Sabthar tertawa, tentu hal itu membuat Nabi Sulaiman kaget. Sabthar kemudian mengatakan bahwa di bawah kaki mereka (tanah) ada mata air.

Batu desa Laynah [Sumber gambar]

Nabi Sulaiman kemudian memerintahkan kepada para tentaranya untuk menggali sumber air tersebut. Jika dinalar, hal tersebut tak akan bisa dilakukan oleh manusia biasa seperti kita, karena tanah Laynah adalah tempat berbatu cadas yang tanahnya luar biasa keras. Belum lagi, posisinya di tengah gurun pasir.

Ya, dengan kuasa Tuhan 300 sumur bisa dibangun dan mengalir air di bawahnya. Melansir dream.co, Menurut sejarawan dan peneliti Hamad Al Jasser pernah mengatakan pada media Al Arabiya bahwa kini hanya tersisa 20 dari 300 sumur asli. Menghilangnya sumur-sumur bersejarah ini karena adanya erosi sehingga tanah terus tergerus. Tak hanya itu, dilansir republika.co.id, keberadaan sumur ini pernah disebutkan oleh pakar geografi dan sejarawan Abad Pertengahan, yaitu Yaqut al-Hamawi dalam kitabnya Mu’jam al-Buldan.

Lubang sumur [Sumber gambar]
Ya, dengan hikmah yang diberikan kepadanya, Nabi Sulaiman memang bisa melakukan segala hal yang ia inginkan. Tak hanya di Laynah saja, nama Sulaiman bahkan dikaitkan dengan beberapa bangunan, nama tempat, serta lokasi yang ada di Indonesia.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Bukan Hoax, Ini Rahasia di Balik Ikan yang Bisa Hidup Kembali Setelah Dibekukan

6 Wisata Kuliner yang Wajib Banget Dicoba Saat Mampir ke Kediri