in

Kenalan Sama Sujatmi Sunowaparti, Superhero DC yang Ternyata Asli Indonesia

Beberapa saat lalu, mungkin kita orang Indonesia dibikin bangga gara-gara kemunculan sosok Melati Kusuma sebagai superhero keturunan Indonesia dalam komik Marvel. Rupanya, Marvel bukan satu-satunya perusahaan komik yang menyertakan tokoh Indonesia.

Ada lagi nih, satu karakter bernama Sujatmi Sunowaparti yang diceritakan sebagai anggota Global Guardian, yaitu kelompok superhero DC yang berasal dari berbagai negara. Widih, keren banget yak. Kira-kira, seperti apa sih Yu Sujatmi ini? Berikut ulasannya.

Merupakan perempuan asli Jawa

Diceritakan bahwa Sujatmi Sunowaparti merupakan perempuan yang lahir di Pulau Jawa. Ia adalah seorang aktivis lingkungan hidup yang aktif melawan pemerintah lokal yang otoriter. Namun, demi membantu ekonomi keluarga, ia pun bekerja di sebuah pertambangan di Kalimantan.

Superhero Cascade [image source]
Ia terpaksa bertahan bekerja di tengah marabahaya lingkungan pabrik. Suatu hari, terjadi pertikaian di lokasi tempatnya bekerja. Sujatmi terjebak di antara baku tembak dan membuatnya tanpa sengaja terkena radiasi Radioactive Isotope dan mendapatkan kekuatan istimewa.

Terlahir istimewa

Meski awalnya terlihat seperti gadis biasa, namun dikisahkan jika Sujatmi ini memiliki gen khusus bernama Metagene dalam tubuhnya. Dikisahkan bahwa Metagene merupakan gen spesial yang hanya terdapat pada beberapa manusia. Gen tersebut bisa berubah menjadi super jika dipicu oleh sesuatu.

Sujatmi yang diilustrasikan oleh orang Indonesia nih [image source]
Dan rupanya, hal tersebut juga terjadi pada mbak Sujatmi Sunowaparti. Berubahlah gadis muslimah ini jadi sosok superhero yang disebut Cascade. Akhirnya, kekuatan tersebut pun ia gunakan untuk memerangi kerusuhan dan korupsi yang terjadi di Indonesia. Hmm, kalau Sujatmi ada di dunia nyata, pasti bakal bantuin pak Novel Baswedan, nih.

Kekuatan super yang dimiliki

Kemampuan spesial yang dimiliki Cascade sendiri adalah bertransformasi menjadi berbagai elemen air. Ia juga sanggup mengendalikan air untuk berubah menjadi berbagai bentuk, hampir mirip sama kemampuan Katara di Legend Of Aang kali ya.

Sujatmi Sunowaparti alias Cascade [image source]
Ide kemampuan tersebut mungkin karena Indonesia sendiri merupakan negeri maritim. Sosok Martian Manhunter diceritakan sebagai superhero yang pertama kali memperkenalkan Cascade. Kemuncullan Cascade sendiri diharapkan bisa membantu tim Global Guardians untuk menjadi lebih kuat.

Sudah cukup lama diciptakan

Sebenarnya, tokoh Cascade alias Sujatmi Sunowaparti sendiri sudah diciptakan sejak tahun 1994. Meski tidak terlalu terkenal, namun superhero wanita berambut hitam dengan mata cokelat khas Indonesia ini rupanya cukup sering muncul dalam seri komik DC.

Komik yang menampilkan Cascade [image source]
Misalnya saja di Wonder Woman, Soverign Seven, Justice League Quarterly, DC: 52, Wonder Woman: Paradise Found, Villains United: Infinte Crises Special, Secret Six: Villains United, sampai Infinite Crisis Companion. Dari banyaknya komik yang memunculkan doi, tentu namanya sudah lumayan dikenal dunia ya, termasuk negeri asalnya, hehe.

Kemunculannya hanya sebagai cameo

Selama puluhan tahun ini, DC memang berhasil jadi perusahaan raksasa yang bergerak di bidang hiburan dengan deretan kisah superhero yang mendunia. Bahkan tak jarang yang sudah diangkat menjadi film layar lebar. Kemunculan karakter yang berasal dari Indonesia memang patut bikin kita bangga.

Tokoh Cascade hanya cameo di beberapa komik [image source]
Yah, meski kemampuan yang dimiliki Sujatmi Sunowaparti cukup hebat, namun sayangnya doi nggak memperoleh banyak slot dalam komik. Hampir semua kemunculannya dalam komik hanya sebagai cameo. Well, moga-moga kedepannya ada tokoh superhero Indonesia bisa lebih beken dari mbak Sujatmi ini, ya.

Nah, itulah sekilas tentang Sujatmi Sunowaparti. Si mbak asli Jawa yang punya kekuatan super untuk bertransformasi dan mengendalikan air. Bisa dibayangkan ya, betapa kerennya Cascade kalau udah beraksi. Kayaknya bakal lebih keren lagi nih kalau diangkat jadi film Hollywood. Kita sama-sama berdoa sajalah, semoga kelak mbakyu diberikan tempat di perfilman dunia. Sebelumnya, boleh dong berkhayal dulu, kira-kira siapa ya yang cocok memerankan superhero maritim satu ini?

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

Fakta Unik dari “Mother of all bombs”, Kartu AS Amerika yang Buat ISIS Porak-Poranda

Victor Hayes, Bapak Wi-Fi Dunia yang Ternyata Lahir dan Menghabiskan Masa Kecil di Surabaya