in

Sering Bertanya Mengapa Spanduk Soto Lamongan dan Pecel Lele Sama Semua? Ini Jawabannya

Warung Pecel Lele ketika malam [Sumber gambar]

Bagi para pecinta setia Pecel Lele dan Soto Lamongan yang sering makan di warungnya, pernah enggak kamu bertanya mengapa hampir semua spanduknya sama semua? Ya, walaupun secara specific tidak begitu mirip, tapi komposisi isi spanduknya pasti sama. Ada nama warung, lengkap dengan berbagai menu lauk (ayam, lele, ikan, bebek dkk).

Selain itu, dari segi warna juga pasti tidak jauh dari hijau muda, kuning, serta orange. Nah, ternyata kekompakan para penjual ini bukanlah tanpa alasan loh. Mereka memang sengaja membuat desain yang sama agar punya ciri khas yang berbeda dan tidak mirip dengan spanduk penjual yang lain.

Spandung Soto Lamongan [Sumber gambar]
Dilansir dari berbagai sumber, spanduk seperti itu memang digunakan khusus untuk beberapa warung di Lamongan, Jawa Timur. Sejak tahun 1952, kelompok pedagang makanan khas Lamongan yang berada di Jakarta sudah punya paguyuban sendiri. Mereka akan rutin mengadakan perkumpulan sesama pedagang satu bulan sekali.

Desain seperti ini disepakati, menyebar dari mulut ke mulut sehingga setiap pedagang yang mau membuka usaha akan mengikuti pola spanduk yang ada. Dulunya, spanduk dibuat dengan cara dilukis, namun seiring bergesernya zaman, teknik-teknik pencetakan baru mulai dipakai.

Warung Pecel Lele ketika malam [Sumber gambar]

Alasannya, sebenarnya ini lebih ke trik agar makanan tersebut dilirik. Mulai dari tinta, kain terang membuat ia sudah terlihat jelas dari jarak jauh. Selain itu, bahan kain yang digunakan membuat bisa menghindari pantulan cahaya kendaraan saat menyorot spanduk, agar tulisan menu tetap terlihat dan menarik perhatian pengunjung. Yang perlu kamu tau, spanduk ini biasanya dicetak secara besar-besaran. Dari 100 meter kain yang ada, percetakan bisa membuat sepuluh spanduk sekaligus, dengan desain, warna, dan konsep sama persis.

Nah, dari spanduk khas ini tidak dibutuhkan lagi desainer handal yang mahir photoshop untuk membuat pembeli tertarik membeli makanannya. Buktinya dengan desain simple saja, Pecel Lele dan Soto Lamongan menjadi idola banyak orang. Di samping itu, spanduk itu menjadi ciri khas yang tidak dimiliki oleh warung lain. Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya Sahabat Boombastis semua!

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Waspada! Rumah dengan Ciri-ciri Inilah yang Jadi Incaran Para Maling

Salut! Meski Jadi Korban Broken Home, 5 Artis Ini Berhasil Tunjukkan Prestasinya pada Dunia