in

4 Sosok ‘Unik’ Ini Bikin Kamu Sadar Motor Mahalmu Nggak Ada Harganya Jika Masih Menerobos Lampu Merah

Pedagang Gerobak [image source]

Terobos jalan meski lampu sudah merah? Ah, sudah biasa. Begitu banyak pengguna jalan di tanah air yang berpikir begitu. Bahkan, mereka yang berhenti saat lampu kuning masih menyala saja mendapat banyak klakson, seolah-olah hal tersebut merupakan sebuah kesalahan.

Bermodal motor atau mobil mewah rupanya membuat banyak pengguna jalan menjadi tidak peka terhadap rambu-rambu lalu lintas yang sudah disusun sedemikian rupa. Lampu lalu lintas merupakan hal kecil dari banyak hal yang dilanggar. Coba deh kalau para pengguna jalan melihat contoh di bawah ini, apakah mereka akan malu sendiri?

Pedagang Gerobak ‘Jaman Now’

Dilansir dari akun instagram @atcs.kotabandung, terlihat seorang bapak pedagang gerobak di sebuah jalan raya. Kala itu, jalanan sedang ramai. Gambar di akun instagram tersebut sedang menunjukkan lampu lalu lintas yang berwarna merah. Semua kendaraan berhenti.

Pedagang Gerobak [image source]
Bukan kendaraan yang melebihi garis putih, namun justru bapak pedagang gerobak ini yang menuai perhatian. Pasalnya, meski beliau berjalan kaki sambil mendorok gerobaknya, ia tetap mematuhi lampu lalu lintas dan berhenti ketika menunjukkan warna merah. Tak tanggung-tanggung, berhentinya pun tepat sebelum garis putih. Salut!

Orang dengan Gangguan Mental

Satu lagi yang nggak kalah unik dari pedagang gerobak di kota Bandung. Seorang pejalan kaki juga terlihat sedang menunggu lampu merah di jalanan Wonosobo bersama pengendara yang lain. Biasanya, pejalan kaki akan jalan ketika para pengendara sedang berhenti. Namun, pejalan kaki ini agak beda rupanya.

https://www.instagram.com/p/BZCyHPojOow/?taken-by=satlantaspolreswonosobo

Ia merupakan seseorang dengan gangguan mental yang hidup di jalanan. Meski begitu, aksi kocaknya ini menuai banyak pujian. Orang seperti dirinya saja bisa mematuhi lampu lalu lintas, jika merah artinya berhenti, kuning berhati-hati, dan hijau jalan. Mengapa kebanyakan orang normal belum bisa?

Nggak Hanya Manusia, Hewan pun Patuh Lalu Lintas

Selain kedua manusia di atas, yang paling nyeleneh adalah sosok satu ini. Bukan manusia tapi masih makhluk hidup, patuhi rambu lalu lintas pula. Diketahui seekor rusa ini berjalan di zebra cross Nara Park, Jepang.

Rusa Tertib [image source]

Ia terlihat santai sambil menoleh kanan-kiri dan ikut berjalan bersama banyak pejalan kaki lainnya ketika jalanan sudah sepi. Ia pun tidak menyelonong begitu saja ketika belum waktunya berjalan. Hayoo, rusa saja bisa menyeberang dengan benar, masa kalian masih saja diklakson kalau nyebrang?

Beri Hukuman Setimpal Bagi Pengendara yang Ngawur

Beberapa aksi komunitas sosial terhadap para pengguna jalan yang ngawur. Salah satu ini juga termasuk contohnya. Aksi seorang pria muda yang berani injak kursi penumpang sepeda motor ketika ia berhenti tepat di atas zebra cross, padahal di belakangnya masih sepi.

https://www.youtube.com/watch?v=RRSABFklLgA

Banyak sekali potret pengguna jalan tanah air yang masih melakukan hal serupa. Alhasil, pejalan kaki tidak bisa menyebrang ketika kendaraan sedang berhenti. Aksi ini dilakukan agar masyarakat sadar bahwa pengguna jalan tidak melulu seputar pengendara kendaraan bermotor.

Setelah melihat beberapa contoh di atas, bagaimana pendapat kalian? Masih mau mempermalukan diri dan membuat imej motor atau mobil mahal kalian jadi nggak ada harganya? Mari ubah sikap dan mulai patuhi rambu-rambu lalu lintas sebagai contoh bagi pengguna jalan yang lain.

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

24 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Film ‘Si Manis Jembatan Ancol’ yang Legendaris

6 Presenter Berita Ini Cantiknya Bikin Cowok Betah Mantengin Layar TV, Siap-siap Terhipnotis!