in

Balqis, Sosok Ratu Tercantik yang Pernah Hidup di Muka Bumi

Kecantikan Ratu Balqis [Image Source]

Berbicara soal ratu cantik, biasanya orang-orang bakal langsung terbesit nama-nama terkenal macam Cleopatra atau si Wu Zetian sang pemikat. Sama sekali tidak salah, mengingat orang-orang ini memang sungguh luar biasa kecantikannya. Tapi, dalam bahasan ratu paling cantik, lazimnya orang-orang cukup jarang menyebut dua nama itu. Keduanya, dianggap takkan bisa menandingi keelokan seorang ratu yang akan jadi bahasan kita kali ini.

Ya, ratu yang dimaksud ini adalah sang penguasa negeri Saba yakni Balqis. Ratu satu ini menurut banyak cerita adalah sosok yang luar biasa cantik. Parasnya begitu menawan dan sangat terjaga. Seumpama sosok seperti beliau ada saat ini, maka dijamin Kim Kardashian atau wanita-wanita tercantik lainnya bakal minder.

Tak hanya cantik, Ratu Balqis juga punya watak yang benar-benar sempurna sebagai seorang ratu. Ia sangat jauh dari perangai buruk dan sifat-sifat tercela lainnya. Lalu, seperti apa sosok istri Nabi Sulaiman ini? Simak ulasannya berikut.

Kecantikan Ratu Balqis yang Bisa Membutakan Mata

Tentu bukan tanpa alasan kenapa Ratu Balqis disebut sebagai sosok ratu paling cantik. Menurut cerita yang ada, secara fisik sang penguasa Saba ini sungguh luar biasa. Beliau digambarkan begitu jelita dengan kulitnya yang bersinar. Sang ratu juga memiliki paras ayu nan teduh yang bisa membuat siapa pun akan takluk dengan cara santun.

Kecantikan Ratu Balqis [Image Source]
Kecantikan Ratu Balqis [Image Source]
Bukti kalau Ratu Balqis sungguh cantik tentu adalah ketika beliau memutuskan untuk mendatangi Nabi Sulaiman. Ketika itu, semua rakyat sang nabi terkaya tersebut memandangi tiada henti sosok sang ratu. Mereka seolah terpana lalu terhipnotis dengan kecantikan bak bidadari yang dipancarkan oleh sang ratu.

Ratu Tercantik yang Punya Pengaruh Besar

Wanita cantik selalu identik dengan persepsi yang kadang kurang mengenakkan. Seperti kesan manja, kemayu, dan sebagainya. Tapi, hal yang semacam ini tidak sedikit pun dimiliki oleh seorang Ratu Balqis. Beliau cantik luar biasa, tapi begitu tangguh.

Ratu cantik yang punya kekuasaan [Image Source]
Ratu cantik yang punya kekuasaan [Image Source]
Buktinya tentu adalah bagaimana sosok sang ratu ini memimpin kerajaan besarnya tersebut. Saba sering disebut-sebut sebagai salah satu kerajaan yang luar biasa. Tentu, untuk bisa mengatur kerajaan seperti itu dibutuhkan sosok yang tegas dan luar biasa. Ratu Balqis bisa melakukan hal luar biasa itu. Saba di bawah kekuasaannya pun jadi salah satu kerajaan paling makmur dan kuat di masanya.

Penguasa Hebat tapi Masih Mendengarkan Orang Lain

Bukan dengan tangan besi Ratu Balqis memimpin Saba hingga menjadi luar biasa. Hal-hal baik yang terjadi kepada negeri itu tak lain karena kehebatan sikap sang ratu yang mengagumkan. Misalnya, tak pernah berlaku otoriter dan selalu mendengarkan suara siapa pun.

Ratu Balqis sang penguasa hebat [Image Source]
Ratu Balqis sang penguasa hebat [Image Source]
Misalnya ketika beliau mendapatkan surat dari Nabi Sulaiman. Ratu Balqis tak serta merta mengambil keputusan sendiri melainkan bermusyawarah dengan para petinggi kerajaan. Ada yang memutuskan untuk perang mengingat kerajaan Saba juga cukup terkenal bala tentaranya. Namun, sang ratu memilih untuk menjalin persahabatan dan malah mengirim hadiah. Ini juga jadi bukti lain jika sang ratu adalah sosok yang sangat bijaksana.

Sifat Rendah Hatinya Sungguh Luar Biasa

Ketika lazimnya seorang ratu penguasa bakal bersifat sombong dan congkak, maka Ratu Balqis sama sekali tidak menunjukkan sifat tersebut. Secara fisik ia sungguh cantik dan punya kekuasaan luas, tapi sang ratu malah memiliki sifat yang benar-benar terbalik. Begitu rendah hati dan menerima kekurangannya.

Ratu yang sangat rendah hati [Image Source]
Ratu yang sangat rendah hati [Image Source]
Hal tersebut bisa kita lihat dari adegan ketika beliau masuk ke dalam istana Nabi Sulaiman. Ketika itu, sang ratu mengangkat tinggi gaunnya begitu melihat air di dalam istana yang ternyata adalah lantai kaca. Saat itu, sang ratu pun langsung bersimpuh dan mengatakan jika ia adalah seorang yang lemah dan tak punya daya. Beliau juga langsung mengakui jika Nabi Sulaiman adalah sosok yang luar biasa.

Mengatakan wanita sempurna itu adalah hal yang bisa dibilang mustahil. Tapi, ketika kita membaca kisah Ratu Balqis, rasa-rasanya cukup pantas jika beliau ini dijuluki wanita sempurna. Tak hanya punya fisik yang sungguh luar biasa, sang ratu juga seorang penguasa hebat. Namun, di balik semua itu, ia punya rendah hati yang sangat mengagumkan.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Jemparingan, Tradisi Panahan Kuno Asli Yogyakarta yang Penuh Filosofi

Tanaman-tanaman Mematikan yang Tumbuh di Indonesia