Tidur merupakan aktivitas mengistirahatkan seluruh tubuh. Kualitas tidur yang baik juga menentukan sehatnya seseorang. Jangan sampai deh, ada sesuatu yang mengganggu kualitas tidur kamu. Namun, ada nih yang mungkin tidak kamu sadari namun sering terjadi saat tidur, namanya Sleep Apnea.

Sleep Apnea bisa juga dikatakan sebagai gangguan tidur, yang kalau dibiarkan berlarut akan sangat berbahaya untuk kamu. Nah, untuk mengetahui lebih jauh bahaya gangguan tidur satu ini, yuk kita simak dalam ulasan berikut ini.

Apa sih sleep apnea itu?

Sleep Apnea [sumber gambar]
Melansir dari kanal Hipwee.com, sleep apnea merupakan gangguan pernapasan yang membuat seseorang jadi nggak bisa bernapas ketika tidur. Umumnya, gangguan ini bisa terjadi selama 10 hingga 60 detik. Namun, dalam kondisi serius ini, bisa terjadi berulang setiap 30 detik. Akibatnya, kamu juga jadi nggak bertenaga dan kurang produktif dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Tanda kamu mungkin terkena sleep apnea

Ngorok saat tidur [sumber gambar]
Sleep apnea ini bisa kamu lihat melalui tanda berikut ini, ngorok alias mendengkur adalah salah satunya. Saat kamu tertidur, sirkulasi udara di dalam tubuh tengah dalam keadaan rileks, lemas, dan menyempit. Meskipun ada gerakan napas, sirkulasi darah tetap terhambat. Beginilah kurang lebih proses ngorok itu tercipta. Selain suara ngorok yang mengganggu, seseorang akan merasa seperti tercekik. Saat hal tersebut terasa, mereka akan bangun, namun kemudian bisa tertidur kembali.

Sering ke kamar mandi saat sedang nyenyaknya tidur

Kebelet buang air [sumber gambar]
 Yang kedua, orang yang menderita sleep apnea memungkinkan mereka sering bolak balik ke kamar mandi saat sedang nyenyak tertidur. Perasaan terus ingin buang air ini muncul karena produksi hormon antidiuretik (ADH), yang mana hormon ini berfungsi untuk mencegah rasa ingin buang air kecil di malam hari terhambat. Orang yang terkena sleep apnea juga lebih peka, sehingga saat kantung kemih penuh, mereka akan langsung terbangun.

Menggertakkan gigi hingga ngiler saat tidur

Ngiler dan menggeretakkan gigi [sumber gambar]
Tanda-tanda lain yang mungkin diderita oleh orang yang mengidap sleep apnea adalah sering ngiler saat tidur. Selain itu, mereka juga mengalami bruxism, atau menggeretakkan gigi-gigi saat tertidur. Memang sih enggak berbahaya, tetapi kalau terus menerus, maka bisa saja kelainan dagu dan merusak gigi. Pada saat orang yang menderita sleep apnea ini flu atau batuk, mereka akan bangun dalam keadaan mulut yang kering dan tenggorokan sakit. Hal tersebut terjadi karena ada sumbatan di hidung sehingga mereka bernafas dengan mulut.

Suka mengantuk di saat jam-jam produktif

Mengantuk saat bekerja [sumber gambar]
Siapa nih yang suka tiba-tiba mengantuk saat jam produktif? Hal ini jelas merupakan akibat dari rangkaian tidur yang kurang berkualitas. Karena di malam harinya kamu sering terganggu oleh sleep apnea yang diderita, makanya saat jam-jam produktif akan muncul rasa kantuk.

BACA JUGA: 7 Gangguan Tidur Paling Aneh ini Sering Mengganggu Manusia dan Membuat Hidupnya Berantakan

Sleep apnea ini bisa berbahaya kalau dibiarkan terus menerus ya. Sleep apnea bisa beresiko membuat seseorang gagal ginjal dan jantung loh. Makanya, kalau misalnya kamu merasa mengalami beberapa gejala di atas, segera periksakan dirimu ke dokter ya.