in

Luar Biasa! Viral Mahasiswa Unsoed Bisa Lulus Kuliah Modal Skripsi 37 Halaman Aja

Ada yang sedang pusing bikin skripsi? Tugas pamungkas kuliah ini memang selalu bikin pusing. Tak hanya mencari ide, penelitian dan penulisannya pun juga membuat kepala serasa diputar-putar. Apalagi skripsi juga punya reputasi, “Kalau tidak tebal, alamat nilai IPK kena mental.”

Namun, tampaknya mahasiswa dan perguruan tinggi harus berkaca pada sosok bernama Nurfa Rama Dika. Mahasiswa ini baru saja bikin heboh dunia pendidikan karena bikin dobrakan dengan menulis skripsi hanya setebal 37 halaman.

Skripsi singkat, isi lebih padat ala Rama Dika

Rama Dika berhasil tuntaskan kuliah lewat skripsi 37 halaman. [sumber gambar]
Lewat akun TikTok-nya @dika_rama98, Rama Dika menjelaskan bahwa dirinya baru saja lulus kuliah dengan skripsi setebal 37 halaman. Sesuatu yang tak lumrah dan luar biasa bagi mahasiswa. Skripsi sendiri identik dengan banyak penelitian dan biasanya selesai dengan ratusan atau bahkan ribuan halaman.

Biarpun tipis, skripsi ini direstui oleh pihak Universitas Jenderal Soedirman

Lulus kuliah, Rama Dika kini siap kerja. [sumber gambar]

Sebagai catatan, Nurfa Rama Dika tercatat sebagai mahasiswa di Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah. Ia menulis tentang Pengaruh Level dan Cara Pemberian Madu terhadap Kadar Lemak Abdomen dan Lemak Daging Puyuh Jantan. Dijelaskan oleh Rama, bahwa penelitiannya bersifat eksperimen sehingga tidak ada jumlah minimal, sesuai dengan peraturan jurusan.

Tips menulis skripsi singkat ala Rama Dika

Rama Dika menjelaskan bahwa karya yang dibuatnya itu lengkap dengan bagian-bagian seperti skripsi pada umumnya. Beberapa bagiannya antara lain satu halaman sampul, satu lembar daftar isi, dua lembar bab 1 pendahuluan, enam lembar bab 3 metode penelitian, enam lembar bab 4 pembahasan, hingga satu halaman kosong pada bagian akhir skripsi.

Bagaimana caranya bisa lulus dengan skripsi singkat? [sumber gambar]
Tak lupa, Rama Dika juga berbagi cara untuk membuat skripsi dengan halaman minimal. Ia menyarankan agar mahasiswa mencari referensi yang berkaitan dan sesuai dengan penelitian untuk diaplikasikan pada pembahasan skripsi.

Perlu diingat pula, bahwa pembahasan jangan sampai keluar dari kajian teori bab 2. Rama mengingatkan untuk menyesuaikan dan menarik benang merah dari bab 2 dan bab 4. Bila sudah dipahami dan dikuasai, mahasiswa akan lebih mudah menuliskannya lewat skripsi yang singkat dan padat.

BACA JUGA: Viral Mahasiswi Bikin Skripsi Hingga 1000 Halaman Lebih Hanya dalam Waktu 1,5 Bulan Saja

Setelah penjelasan ini, baru bisa dimengerti bahwa skripsi 37 halaman milik Rama Dika itu tidak sembarangan. Justru diperlukan pemahaman dan penguasaan yang lebih dalam untuk merangkum semua eksperimen menjadi skripsi yang disetujui oleh dosen pembimbing dan penilai. Berani mencoba bikin skripsi singkat lainnya?

Written by Bayu Yulianto

Jimmy Harijanto, Pemilik Situs Klenik Primbon yang Eksis dari Tahun 2000-an sampai Sekarang

Kisah Pilu Orang-Orang yang Tinggal Serumah dengan Hewan Ternak karena Keterbatasan Ekonomi