Siswa Indonesia diterima banyak kampus terbaik luar negeri
Siswa Indonesia diterima banyak kampus terbaik luar negeri
in

Ada yang 7, Siswa Indonesia yang Pinternya Kebangetan dan Diterima Banyak Kampus Luar Negeri

Siswa kelas 12 atau SMA kelas 3 sudah mulai mencari universitas untuk melanjutkan kuliah. Sejumlah universitas pun sudah membuka pendaftaran, bahkan sejak beberapa bulan lalu. Bukan cuma di Indonesia, kampus di luar negeri juga dalam masa penerimaan mahasiswa baru.

Banyak universitas luar negeri yang berlomba mencari mahasiswa internasional. Tidak heran jika siswa-siswi Indonesia berikut mendaftar dan bahkan diterima di banyak kampus terbaik dunia pada 2022. Simak ulasan Boombastis selengkapnya mengenai sosok membanggakan tersebut.

Ardian Hafidz Annafi (7 kampus)

Ardian Hafidz Annafi atau Ardian adalah siswa di SMA Pradita Dirgantara Boyolali yang berada di dalam kompleks Bandara Adi Soemarmo Solo. Pasalnya, SMA Pradita Dirgantara berada di bawah naungan TNI Angkatan Udara. Pada 2022 ini menjadi tahun menggembirakan bagi Ardian karena diterima di 7 universitas terbaik dunia yang berlokasi di Australia, Selandia Baru, dan Kanada.

Ardian Hafidz Annafi, siswa SMA Pradita Dirgantara Boyolali. [Sumber Gambar]
Ardian Hafidz Annafi, siswa SMA Pradita Dirgantara Boyolali. [Sumber Gambar]
Universitas yang menerima Ardian yaitu University of Toronto, University of British Columbia, University of Western Australia, Wageningen University, University of Otago dan Curtin University, dan Victoria University of Wellington. Ketujuh universitas tersebut masuk dalam jajaran Top 200 QS World University Rankings. Ardian menjatuhkan pilihannya pada University of British Columbia (UBC) jurusan Bachelor of Science. Menariknya, biaya kuliah Ardian akan ditanggung oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kamila Aisya Farisaputri (6 kampus)

Selain Ardian, Kamila Aisya pada tahun ini juga diterima di berbagai kampus top dunia yang berada di Belanda dan Kanada. Kamila yang bersekolah di MAN 4 Jakarta menjadi rebutan 6 universitas dunia. Universitas di Belanda yang dimaksud adalah University of Groningen dan Erasmus University of Rotterdam. Sementara universitas di Kanada yakni Western University, University of Waterloo, University of Carleton, dan Toronto University.

Kamila Aisya Farisaputri, siswi MAN 4 Jakarta. [Sumber Gambar]
Kamila Aisya Farisaputri, siswi MAN 4 Jakarta. [Sumber Gambar]
Kamila terlihat memiliki minat terhadap ilmu komunikasi, terlihat dari jurusan yang ia pilih. Beberapa di antaranya adalah Media Studies Program, International Bachelor of Communication, dan Media and Production Design. Tekatnya untuk kuliah di luar negeri sudah direncakan sejak kelas 12. Ia pun merupakan siswa kelas Cambridge yang kurikulumnya mengutamakan analisa kasus dengan bahasa pengantar bahasa Inggris.

Muhammad Farhan Fawwaz Farabi (5 kampus)

Muhammad Farhan Fawwas, siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC Serpong) diterima di Universitas Indonesia jalur SNMPTN dan beberapa kampus terbaik luar negeri, tepatnya di Australia dan Belanda. Kampus yang berlokasi di Australia yaitu Monash University, Adelaide University, dan Royal Melbourne Institute of Technology. Selain itu, ada juga Wageningen University and Research di Belanda.

Muhammad Farhan Fawwaz Farabi, siswa MAN IC Serpong. [Sumber Gambar]
Muhammad Farhan Fawwaz Farabi, siswa MAN IC Serpong. [Sumber Gambar]
Fawwas rupanya memilih untuk melanjutkan kuliah di Indonesia, tepatnya Universitas Indonesia jurusan Ilmu Hukum. Ketertarikan Fawwas pada ilmu hukum berawal dari melihat ibunya mengajar sebagai dosen Ilmu Hukum di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hilman Agung Saputra (2 kampus)

Mohammad Ismu Daud dan Hilman Agung Saputra, siswa MAN 2 Kota Malang. [Sumber Gambar]
Mohammad Ismu Daud dan Hilman Agung Saputra, siswa MAN 2 Kota Malang. [Sumber Gambar]
Siswa MAN 2 Kota Malang bernama Hilman Agung Saputra diterima di University of British Columbia (UBC) di Kanada dan Nanyang Technological University (NTU) di Singapura. Sejauh ini, UBC sudah memberikan LoA atau Letter of Acceptance pada Hilman. Ia bercita-cita kuliah di jurusan Ilmu Kebumian mengingat Hilman pernah meraih medali perak bidang Kebumian saat KSN 2020. Hilman pun mengambil program Environmental Earth Systems Science di NTU.

Mohammad Ismu Daud (2 kampus)

Mohammad Ismu Daud, siswa MAN 2 Kota Malang. [Sumber Gambar]
Mohammad Ismu Daud, siswa MAN 2 Kota Malang. [Sumber Gambar]
Selain Hilman, ada lagi siswa MAN 2 Kota Malang yang diterima di 2 kampus top dunia, yaitu Mohammad Ismu Daud. Universitas yang dituju adalah University of British Columbia (UBC) jurusan Bachelor of Science dan University of Toronto jurusan Studies in Life Science, Faculty of Arts and Sciences. Ismu diketahui sebagai siswa berprestasi. Ia pernah mengikuti Beasiswa Indonesia Maju (BIM) pada 2021 yang merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Araminta Vania Saraswati (2 kampus)

Araminta Vania Saraswati, siswi MAN 1 Yogyakarta. [Sumber Gambar]
Araminta Vania Saraswati, siswi MAN 1 Yogyakarta. [Sumber Gambar]
Araminta Vania Sarawsati yang menempuh sekolah menengah di MAN 1 Yogyakarta diterima di The University of Manchester UK dan Monash University Malaysia. Araminta tertarik pada penelitian bidang kesehatan sehingga ia pun memutuskan untuk melanjutkan kuliah di The University of Manchester UK bidang studi Bachelor of Biomedical Science. Bukan cuma diterima kuliah di kampus top dunia, Araminta sebelumnya telah menorehkan prestasi. Ia mengikuti program pertukaran pelajar ke Jepang pada Oktober 2021 sampai Maret 2022.

BACA JUGA: Kisah Mesya Ananda, Polwan Berprestasi yang Jadi Rebutan 7 Universitas Bergengsi Luar Negeri

Kita patut berbangga kepada siswa-siswi Indonesia yang punya semangat tinggi untuk melanjutkan pendidikan. Bahkan sampai diterima di kampus terbaik dunia.

Written by H

Jenazah Eril Ditemukan di Bendungan Setelah 14 Hari, Akan Dimakamkan di Indonesia

Simpan 7 Janin di Kotak Makan, Ini 4 Fakta Pasangan di Makassar yang Rutin Aborsi