in

Simpan Dompet di Saku Belakang Celana Berbahaya Bagi Tubuh, Ada yang Melakukannya?

Simpan dompet di saku belakang celana sudah menjadi kebiasaan para kaum adam. Ini dikarenakan cara tersebut dianggap praktis dan enggak perlu repot untuk buka tas lagi. Bahkan, sampai duduk pun mereka tetap menyimpannya di saku belakang meski terkadang terasa tidak nyaman karena seperti ada yang mengganjal.

Nah, ketidaknyamanan tadi ternyata juga dirasakan oleh beberapa bagian tubuh Sahabat Boombastis. Bahkan, menurut beberapa ahli juga menyebutkan kalau ada dampak buruk bagi kesehatan. Kalau tidak percaya, kalian bisa lihat ulasan di bawah ini tentang efek samping apa saja yang diciptakan karena simpan dompet di saku belakang.

Munculnya linu pada bagian tubuh tertentu

Para lelaki yang sering simpan dompet di saku celana belakang sebaiknya waspada dengan efek satu ini. Adalah dapat menyebabkan linu panggul atau biasa kita sebut sakit punggung bagian bawah. Hal ini pun juga telah diamini oleh Julian Firth selaku fisioterapis di Buckhurst Hill, Essex.

Menyebabkan linu panggul [Sumber Gambar]
Kepada BBC News ia mengungkapkan jika kondisi ini dipicu karena posisi dompet menekan saraf di bagian belakang tubuh. Masalah kesehatan tersebut akan terjadi jika simpan dompet di saku belakang dilakukan terus menerus Sahabat Boombastis.

Menimbulkan mati rasa pada beberapa bagian tubuh

Selain di atas, dampak lainnya adalah dapat menimbulkan rasa sakit pada beberapa bagian tubuh. Menurut Julian Firth, rasa sakit akan muncul pada pergelangan kaki dan ketika orang tersebut berada pada posisi tertentu misalnya berjalan, duduk atau berbaring. Nah, ini bisa terjadi lantaran dompet dapat menimbulkan ketidakseimbangan yang secara tidak sadar melibatkan otot, tulang dan bahkan sistem saraf.

Mengakibatkan sakit pada pergelangan kaki [Sumber Gambar]

Sehingga secara langsung, beberapa bagian tubuh akan terasa sakit atau tidak nyaman ketika melakukan posisi tertentu. Jika keadaan ini sudah terlanjur parah, dapat mengakibatkan mati rasa di bagian tubuh tertentu lho.

Beberapa kinerja saraf akan terganggu

Efek selanjutnya yang bisa terjadi yakni adanya gangguan pada sciatic. Menurut pakar kesehatan tulang dan sendi yang bernama dr. Benedictus Megaputra, SpOT, sciatic merupakan saraf di sepanjang sumsum tulang belakang. Jika menyimpan dompet di saku celana belakang sudah jadi kebiasaan, saraf ini akan bermasalah dan menimbulkan penyakit sciatica.

Kinerja saraf terganggu [Sumber Gambar]
Dilansir dari hellosehat.com kalau gangguan ini sudah terjadi, maka harus melakukan perawatan khusus yang kemungkinan metode penyembuhannya berlangsung selama empat sampai delapan minggu lamanya. Bahkan tak bisa dipungkiri kalau gangguan ini juga berdampak pada tiga kinerja saraf yaitu sensorik, motorik dan refleks dikutip dari hai.grid.id.

Tulang panggul posisinya akan miring

Lalu, posisi tulang juga akan ikut berubah Sahabat Boombastis. Profesor Biomekanik tulang belakang di University of Waterloo yang bernama Struart McGill mengungkapkan hal ini terjadi karena dompet menekan tulang belakang dan juga panggul. Sehingga tulang panggul bisa miring ke satu sisi.

Tulang panggul miring ke satu sisi [Sumber Gambar]
Selain itu, tulang belakang juga akan semakin melengkung karena dorongan dari dompet tersebut. Dari kejadian-kejadian itu, maka posisi duduk kalian semakin hari menjadi lebih miring lho. Apalagi jika dompet kalian tebal, tulang punggung dan panggul akan semakin parah kondisinya.

Jadi untuk para lelaki yang suka menyimpan dompet di saku belakang celana alangkah lebih baik dikurangi kebiasaan tersebut. Daripada tubuh kalian yang jadi korbannya lho. Untuk itu supaya terhindar dari risiko-risiko di atas, kalian bisa menyimpan dompet di dalam tas. Memang sedikit merepotkan karena nantinya harus susah payah untuk membuka tas terlebih dahulu. Tapi tidak ada salahnya kok, lebih baik terhindar dari penyakit daripada harus mengeluarkan uang banyak lantaran mengobati efek sampingnya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Tak Pernah Menjadi Juara, Inilah Prestasi Terbaik Timnas Saat di Asian Games

4 Fakta Stuntman Presiden Jokowi yang Sempat Bikin Heboh dalam Pembukaan Asian Games 2018