in

Jadi Kontroversi di Netflix, Benarkah Serial Messiah Menggambarkan Sosok ‘Dajal’?

Serial Messiah yang dibesut oleh Netflix sedari awal memang banyak menuai kontroversi. Beberapa pihak menganggap bahwa tayangan tersebut menggambarkan sosok Dajal atau Antikristus yang kekuatannya dapat mengubah tatanan dunia. Dikabarkan, lanjutan dari serial ini ditunda oleh pihak Netflix.

Salah seorang pemainnya yang bernama Wil Traval lewat unggahan Instagramnya mengatakan, musim kedua dari serial ini tidak jadi dilanjutkan. Dilansir dari Deadline.com (26/03/2020), wabah corona yang dihadapi sejumlah negara membuat produksi film sulit untuk dilakukan. Lantas, benarkah serial Messiah menggambarkan kedatangan sosok Dajal?

Adanya kesamaan antara sosok ‘Messiah’ yang diperankan dengan Dajal

Dalam cuplikannya yang bisa disaksikan di YouTube, sosok Messiah digambarkan sebagai figur misterius yang tiba-tiba muncul di tengah ketidakpastian tujuan hidup manusia. Latar belakang yang diambil adalah Suriah, yang saat itu tengah porak poranda akibat konflik bersenjata. Tak hanya itu, sang Messiah juga memperlihatkan kehebatannya menghidupkan orang mati dan mampu berpindah lintas benua dalam sekejap.

Jika diperhatikan dengan seksama, apa yang ditunjukkan oleh figur Messiah itu sangat lekat dengan sosok Dajal. Di mana kelak ia akan muncul di akhir zaman dan mengumpulkan pengikut yang lemah imannya (bingung), memiliki kekuatan seperti Tuhan, dan mampu berpindah dari suatu tempat dengan sekejap. Tak butuh lama serial tersebut akhirnya menjadi sorotan netizen dunia.

Plot cerita yang membuat banyak orang terpana dan mempercayai sosok tersebut

Bukti lainnya yang menggambarkan figur Messiah dalam serial tersebut mirip dengan sosok Dajal adalah, para pemuka agama diperlihatkan sangat terpukau dan banyak orang awam bahkan mau menjadi pengikutnya. Pria misterius itu pun kemudian dipercaya sebagai “Al-Masih” yang dalam sebuah dialog disebut sebagai ‘second coming’ atau kedatangan kedua.

Banyak orang yang terpana dengan sosoknya [sumber gambar]
Tak hanya mereka yang ada di Suriah, kemunculan sang Messiah juga menggemparkan seluruh dunia hingga ke Texas, Amerika Serikat. Mereka yang merasa putus asa dalam hidup alias kehilangan kepercayaan, kemudian memilih menjadi pengikutnya. Dalam agama Islam, Dajal digambarkan menipu manusia agar ikut dalam kelompoknya dengan berbagai kekuatan sihir yang dianggap keliru sebagai mukjizat. Hal inilah yang disajikan di Serial Messiah.

Dinilai banyak orang sebagai penggambaran sosok Dajal dan kena petisi

Banyak orang menganggap serial Messiah merupakan gambaran Dajal secara ‘halus’ meski dalam beberapa adegan diperlihatkan secara terang-terangan. Karena dinilai negatif, beberapa orang bahkan membuat petisi di laman Change.org agar serial tersebut dilarang. Tercatat ada tiga petisi yang dibuat yakni “To get ‘Messiah’, a Netflix show, banned”, dan “Fans Are Threatening To Leave Netflix Due To Controversial New Show Messiah.”

Salah satu bentuk petisi di laman Change.org [sumber gambar]

Namun, ada juga petisi yang menginginkan agar cerita dalam serial tersebut diperbarui di musim kedua lewat kampanye “Renew “Messiah” for a Season 2! #SaveMessiah”. Memang, masing-masing orang memiliki opininya sendiri pada serial tersebut. Namun yang jelas, penggambaran karakter dajal atau antikristus dalam penokohan yang ada terasa sangat lekat.

BACA JUGA: 6 Hal Tentang Dajal yang Harus Diketahui Umat Islam

Dalam kepercayaan Islam, sosok nabi palsu yang akan menebar fitnah di akhir zaman disebut sebagai Dajal dan antikristus dalam keimanan Nasrani. Seperti film di atas, plot cerita dan penggambaran karakter Messiah yang diperankan oleh aktor Mehdi Dehbi itu, lekat dengan figur Dajal yang akan muncul di akhir zaman. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Bikin Bangga! 3 Orang Indonesia Ini Pernah Bekerja di Bank Dunia

Daripada Nunggu Pemerintah, Hal Sederhana Ini Bisa Dilakukan Masyarakat untuk Cegah Corona