in

Meski Belum Juara, Tapi Beginilah Hebatnya Geliat Sepak Bola Madura yang Sangar Abis

Sebagai salah satu basis sepak bola di Indonesia, Jawa Timur memang lekat dengan klub-klub hebat. Tak terkecuali yang ada di pulau Madura. Meski belum rasakan gelar tertinggi Liga, tapi geliat mereka terkait olahraga bisa dikatakan sangar. Bahkan perlahan tapi pasti sanggup menggantikan tim-tim legenda macam Petrokimia Putra Gresik, Persik Kediri, hingga kesebelasan Persema Malang.

Tidak hanya itu, kini klub-klub asal Pulau Garam tersebut juga banyak mampu tampil di kompetisi nasional. Nah, berkaca dari fakta tersebut, tentu kekuatan sepak bola Madura kini tidaklah bisa dipandang remeh. Apalagi di sana, juga bercokol stadion-stadion megah. Lalu seperti apakah sebenarnya geliat sepak bola wilayah tersebut?

Salah satu klub Madura kini berisi bintang-bintang bola Indonesia

Salah satu hal paling ketara dari pesepakbola Madura adalah kesebelasan Madura United. Meski berangkat dari klub merger , tapi tim berjuluk Laskar Sape Kerap tersebut mampu konsisten bersaing di liga teratas tanah air. Bahkan acap kali menjadi batu sandungan untuk klub-klub besar nasional. Selain itu, kebiasaan mereka mendatangkan pemain bintang juga bisa dibilang menarik.

Para punggawa Madura FC [Sumber Gambar]
Apalagi, setelah musim lalu datangkan pesepakbola jebolan Liga Inggris, kini mereka membentuk skuad berisi bintang-bintang di olahraga ini. Mulai dari lini belakang sampai depan berisi perpaduan pemain lokal, 6 Timnas, sampai asing kualitasnya diatas rata-rata. Contohnya M Ridho, Fachruddin Aryanto, , Jaimerson da Silva, Zulfiandi, Zah Rahan, Aleksandar Rakic, Alberto Goncalves, dan Andik Vermansah.

Beberapa tim asal Pulau Garam mampu berbicara banyak di Liga

Selain hal tadi, jika mengacu pada kompetisi Liga musim lalu beberapa Tim asal Madura juga mampu berbicara banyak di Liga. Mulai Madura FC mampu menduduki posisi 8 di Liga 1 dengan catatan 13 kemenangan, 9 kalah, dan 12 kekalahan, sampai Madura FC yang mampu tampil di babak delapan besar Liga 2 musim lalu.

Aksi para pemain Madura FC [Sumber Gambar]

Tidak berhenti disitu saja, dua tim Madura lain yakni Perspam Madura United dan Perssu Sumenep juga meramaikan liga musim lalu. Bahkan untuk nama terakhir tersebut mampu menembus babak 16 besar Liga 3. Bagaimana sobat Boombastis keren bukan geliat sepak bola Pulau Garam tersebut?

Dari Madura hadir sosok berani bicara tentang Mafia Bola

Tidak hanya urusan di lapangan, beberapa waktu yang lalu sepak bola wilayah tersebut juga telurkan sosok pemberani yang berbicara lantang terakit mafia sepak bola. Bahkan lewat kesaksian Januar Herwanto inilah, kasus-kasus pengaturan skor di Indonesia mulai tunjukkan wajah aslinya. Ketika hal tersebut mulai terangkat, Januar adalah salah satu insan bola tanah air yang mau membeberkan skandal percobaan pengaturan skor yang terjadi pada timnya.

Januar Madura FC [Sumber Gambar]
Berkat hal tersebut label from zero to hero langsung disematkan para netizen untuknya. Januar sendiri merupakan sosok yang menjabat posisi Manajer di klub Madura FC. Kabarnya sepak bola bermartabat yang mana kalah terhormat dan menang pun begitu, menjadi salah satu alasan kenapa ia memberanikan diri buka-buka terkait hal busuk itu.

Stadion sepak bola di Pulau Madura

Masih berbicara sepak bola Madura, selain pembinaan pemain muda terus digenjot, mereka juga memiliki beberapa gelanggang sepak bola yang megah. Kendati bukan yang terhebat di tanah air, tapi bisa membuat siapa saja bermain di sana nyaman. Hal ini bukanlah tanpa sebab, pasalnya ada stadion yang memiliki kualitas rumput bertaraf internasional.

Penampakan stadion ratu pamelingan [Sumber Gambar]
Misalnya, Stadion Gelora Ratu Pamelingan yang menggunakan rumput jenis Zoysia Matrella. Menurut pengelolanya yakni Hari Gunawan merupakan jenis rumput kerap digunakan di stadion-stadion bagus. Selain nama tersebut di Madura juga masih ada lagi tempat bermain sepak bola yang tak kalah kece, seperti Stadion Gelora Bangkalan. Dan kini kabarnya juga tengah merancang sebuah stadion megah bertaraf Internasional.

BACA JUGA: Ngeri! 5 Tragedi Sepak Bola Indonesia Buat Pemain Harus Akhiri Karinya Lebih Cepat

Berkaca dari hal-hal tadi, seperti ke depan Madura sangatlah bisa menjadi sebuah kekuatan besar di percaturan sepak bola Indonesia. Dan hal tersebut tentu sangatlah baik, lantaran membuat olahraga ini akan semakin berkembang di tanah air.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Heboh Jenazah Kiai di Blitar Tak Hancur Selama 31 Tahun, Begini Sosoknya Selama Masih Hidup

Disebut Barbie Hidup, Ini Beda Nia Ramadhani dengan YouTuber Tasya Farasya