in

Inilah Teknologi Perang Canggih Sekaligus Aneh yang Pernah Diciptakan

Senjata sudah bagaikan ujung tombak dalam dunia militer. Salah satu kemumpunian angkatan bisa dilihat dari teknologi perang apa yang mereka miliki. Bahkan sekelas bambu runcing masuk senjata paling mematikan dalam sejarah yang bisa diadu dengan senjata api milik kompeni.

Di zaman dahulu, ketika peperangan masih melanda banyak negara di dunia, teknologi persenjataan terus diperbaharui dari yang bentuknya lazim hingga nyeleneh dan bikin ketawa. Tak hanya senjata saja, beberapa kendaraan perang juga mengalami perbaharuan bentuk yang super aneh.

Lalu, senjata dan kendaraan perang konyol macam apa yang pernah tercipta? Ketahui jawabannya lewat ulasan berikut.

Duckfoot Pistol

Duckfoot pistol adalah senjata yang diciptakan untuk digunakan seseorang melawan beberapa lawannya sekaligus. Bisa dilihat dari celah moncong pistol yang mengarah ke berbagai arah. Pada umumnya, pistol jenis ini dipakai oleh para penjaga bank, petugas keamanan di penjara atau juga kapten kapal.

Duckfoot pistol [image source]
Duckfoot pistol diperkirakan diciptakan sekitar tahun 1750-an dengan bentuk yang berbeda-beda, mulai dari yang memiliki 2 sampai dengan 4 laras pendek yang dapat memuntahkan peluru ke 4 penjuru arah sekaligus.

Harmonika Gun

Dikarenakan belum ditemukannya penemuan pistol otomatis seperti sekarang ini, maka zaman dahulu setiap ada aksi tembak menembak maka dibutuhkan beberapa waktu untuk mengisi ulang senjata yang digunakan. Hal itu karena setiap senjata hanya dapat memuntahkan satu peluru saja dan harus diisi ulang.

Harmonica gun [image source]
Untuk itu, akhirnya diciptakanlah sebuah senjata yang dinamakan harmonica gun dengan beberapa deret tempat untuk meletakkan peluru. Pembuat dari senjata ini adalah Jonathan Browning. Dia menciptakannya pada tahun 1834 dan mengujicobanya pertama kali di Quincy, Illinois, Amerika Serikat.

Schwerer Gustav

Schwerer Gustav dalam Bahasa Indonesia memiliki arti Gustaf yang berat. Dikatakan berat karena peralatan perang berbentuk tank ini memiliki berat 1,350 ton dengan panjang 47,3 meter, tinggi 7,1 meter dan lebar 11,6 meter. Sekali menembak, jarak maksimal yang dapat dicapai adalah 47 ribu meter.

Schwerer Gustav [image source]
Armada perang yang didesain sekaligus diciptakan oleh Krupp tersebut, dibuat pada tahun 1941 dan digunakan oleh Nazi Jerman dalam Perang Dunia II lalu. Karena membutuhkan dana sebesar 7 juta Reichsmark, maka kendaraan perang ini hanya berhasil dibuat sebanyak 2 buah saja.

Corkscrew Tank

Jika Anda termasuk pecinta film kartun atau komik-komik action superhero, tentunya pernah melihat ada sebuah kendaraan perang yang memiliki ujung silinder pada bagian depan untuk menggerus tanah dan melubangi sesuatu di depannya. Ternyata kendaraan semacam ini pernah diciptakan pada era Perang Dingin dahulu dengan nama Corkscrew Tank.

Corkscrew Tank [image source]
Tank yang pada bagian bawahnya mirip skrup ini dapat berjalan cepat di berbagai medan, seperti salju, es bahkan katanya sampai di air. Kabarnya, kendaraan perang ini diproduksi oleh tentara Rusia, namun gagal dikembangkan lebih lanjut karena terlalu lamban.

HZ-1 Aerocycle

HZ-1 Aerocycle yang dikenal juga dengan nama sepeda motor udara adalah sebuah kendaraan udara yang dapat mengangkut satu orang saja di bagian atas sebagai pengendali. Kendaraan perang ini diciptakan oleh militer Amerika Serikat pada tahun 1950-an dan sempat diujicobakan.

HZ-1 Aerocycle [image source]
Sayangnya, ketika konsep dan segalanya sudah jadi, bahkan sudah diproduksi dan diuji coba, namun kendaraan perang ini tidak jadi digunakan karena pilotnya dapat dengan mudah terbunuh oleh musuh. Hal itu disebabkan sang pilot tidak terlindungi oleh apapun dan dia tidak dapat mengendarai sambil mengoperasikan senjatanya.

Ya tak ada gading yang tak retak. Namanya juga usaha bikin inovasi buat alutsista, pasti juga ada kurang dan gagalnya. Beberapa teknologi perang ini sebenarnya masih memiliki fungsi yang mumpuni untuk kebutuhan perang dan militer, namun sepertinya bukan untuk garda terdepan.

Written by dwiandika

Leave a Reply

7 Sekolah Anti-Mainstream ini Bikin Murid Nggak Pengen Pulang

5 Penemuan Terhebat Nikola Tesla yang Dienyahkan Lantaran Tidak Disukai Elit Dunia