in

5 Senjata Kimia Paling Mengerikan ini Mampu Membantai Banyak Orang Dalam Hitungan Menit

Perang memaksa manusia untuk menghalalkan segala cara agar bisa menang. Tak hanya dengan menggunakan senjata-senjata fisik mematikan, tapi juga apa yang disebut dengan chemical weapon alias senjata kimia. Senjata satu ini mungkin tak menusuk seperti belati atau menghujam layaknya peluru, tapi ia jauh lebih berbahaya dan mematikan. Sekali dilepaskan tanpa banyak yang menyadarinya orang-orang yang terkena pun satu per satu bertumbangan.

Dalam sejarahnya, ada banyak jenis senjata kimia yang diciptakan. Namun, hanya beberapa saja yang dianggap sangat mematikan. Parameter mematikannya sendiri dilihat dari beragam hal. Entah racunnya yang super kuat sampai kemudahan membuatnya dalam jumlah yang sangat banyak dan dalam waktu singkat.

Nah, berikut adalah beberapa senjata kimia yang diketahui paling berbahaya di dunia. Beberapa sudah pernah diujicobakan lewat perang dan sukses luar biasa.

1. VX, Senjata Kimia Paling Mematikan yang Pernah Ada

Dikembangkan pada tahun 1950 oleh Inggris, VX adalah senjata kimia paling mematikan saat ini. Alasan utama kenapa senjata kimia satu ini mematikan adalah racunnya yang benar-benar dahsyat. Begitu ia dilepaskan ke udara, VX akan langsung bisa membuat si penghirupnya kejang-kejang dan akhirnya mati. VX sendiri mengandung senyawa yang membuat banyak sistem tubuh lumpuh dan akhirnya tak berfungsi lagi kemudian mati.

VX [Image Source]
VX [Image Source]
Hal yang mengerikan tentang VX tak cuma kadar racunnya saja, namun juga bentuknya. Ya, senjata kimia ini berbentuk gas yang tak berbau atau berwarna. Ngerinya lagi, ia bisa tetap konsisten bertahan hingga berminggu-minggu bahkan ketika cuaca berubah-ubah dari waktu ke waktu.

2. Sarin, Gas Beracun yang Tak Kalah Ngeri dari VX

Senjata kimia satu ini bisa dibilang paling banyak penggunaannya dibanding yang lain. Mulai ketika diciptakan di tahun 1938 sampai 2015 kemarin, senjata ini tetap dipakai. Tahun 2015 diduga Sarin ditembakkan dalam konflik Suriah. Kembali soal Sarin, senjata kimia satu ini juga bisa dikatakan sangat mematikan. Ia kurang lebih sama bahayanya seperti VX.

Sarin [Image Source]
Sarin [Image Source]
Penggunaan Sarin adalah ditembakkan ke angkasa. Lalu seiring dengan suhu yang memanas ia akan menguap. Nah, ketika jadi uap inilah Sarin akan mulai membunuhi para penghirupnya. Efek menghirup Sarin kurang lebih sama seperti VX, mulai dari kejang-kejang sampai meninggal. Sarin sendiri tak hanya bisa digunakan dalam bentuk udara. Ia juga sangat mematikan saat berbentuk likuid.

3. Mustard Gas, Senjata Kimia Dengan Dampak Paling Menyeramkan

Tak hanya Sarin, Mustard Gas juga jadi salah satu senjata yang paling populer penggunaannya. Tak hanya di Perang Dunia I, senjata satu ini juga mewarnai perang saudara di Yaman hingga perang Irak Iran. Soal bahaya, Mustard Gas tentu memilikinya. Bahkan ia mampu menghasilkan dampak yang ngeri.

Mustard Gas [Image Source]
Mustard Gas [Image Source]
Ketika seseorang terkena senjata ini di kulit, maka seketika bagian tubuh ini akan mengelupas seperti terkena luka bakar. Lalu kemudian luka akan makin menyebar seiring tubuh yang terpapar terus menerus. Jika terkenanya di bagian mata, Mustard Gas bisa membuatnya buta. Parahnya lagi kalau sampai terhirup, senjata kimia ini akan perlahan merusak paru-paru dan menghasilkan rasa yang sakitnya luar biasa.

4. Phosgene, Salah Satu Senjata Kimia Mematikan

Ya, Phosgene ini juga sering disebut-sebut paling mematikan di antara yang lain. Alasannya sendiri karena ia tak berbau, berwarna, bisa membaur dengan udara sekitar, dan yang terpenting adalah racunnya yang sangat mematikan. Phosgene bekerja dengan jalan merusak paru-paru korbannya hingga pada akhirnya meninggal.

Phosgene [Image Source]
Phosgene [Image Source]
Phosgene pernah digunakan dalam Perang Dunia I. Ketika itu Jerman menumpahkan sekitar 88 ton Phosgene ke arah tentara Inggris. Tanpa menunggu lama, para serdadu Inggris bertumbangan tak bernyawa. Meskipun mematikan Phosgene sangat mudah untuk ditemukan karena selalu dipakai dalam industri garment.

5. Chlorine, Senjata Kimia Mematikan yang Sangat Gampang Dibuat

Chlorine sebenarnya adalah salah satu bahan kimia yang paling bermanfaat bagi manusia. Ia biasa dipakai dalam banyak hal mulai dari pestisida, bahan detergen, pembunuh bakteri dan lain sebagainya. Meskipun demikian, ketika ia dikemas dengan cara yang berbeda, Chlorine bisa jadi senjata pembunuh yang mematikan.

Rudal Chlorine [Image Source]
Rudal Chlorine [Image Source]
Ketika berbentuk gas dan disebarkan, maka mereka yang menghirupnya akan langsung lemas karena rasa tercekik. Tak hanya itu, Chlorine juga akan meracuni paru-paru sehingga kemungkinan bisa membunuh korbannya. Tapi, dari semua hal yang membahayakan tentang Chlorine, hal tersebut tak lain adalah fakta jika senjata kimia satu ini sangat mudah dibuat. Chlorine ada di mana-mana dan siapa pun bisa mendapatkannya dalam jumlah berapa pun.

Inilah ngerinya senjata kimia. Memang benar kalau ia tak langsung merusak fisik seperti senapan atau belati, tapi ia bisa menyiksa lebih parah dari pada itu. Ditambah lagi, cukup susah untuk mengobati seseorang yang terkena senjata kimia. Harus cepat dan seketika, karena terlambat sedikit sudah pasti mati.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Fakta Tentang Blue Beam, Proyek Rahasia Pemerintah Dunia untuk Menurunkan Messiah Palsu

khasiat weton jawa

6 Kebudayaan Jawa yang Turun-temurun Diwariskan Hingga Sekarang