in

Intip 5 Cara untuk Sembunyikan File Pribadi di Handphone, Dijamin Enggak Bakal Ketahuan

Setiap orang pasti mempunyai privasi yang terletak pada ponselnya masing-masing. Terkadang beberapa orang sebal dengan kelakuan kerabatnya yang sembarangan membuka ponselnya. Padahal banyak file pribadi di ponsel yang enggak boleh dilihat siapapun kecuali diri sendiri. Oleh karena itu, banyak pengguna ponsel yang berusaha untuk tidak meminjamkan handphone-nya kepada siapapun. Itu semua dilakukan agar privasi tetap terjaga.

Tapi, terkadang hal tersebut juga enggak berhasil. Tetap saja ada cara dari orang lain untuk melihat isi dari ponsel kesayangan kita. Namun, hal tersebut enggak bakal terjadi lagi kok Sahabat Boom kalau kita melakukan beberapa cara di bawah ini.

1. Menggunakan File Explorer yang ada di setiap ponsel

Menggunakan File Explorer [Sumber Gambar]
Menyembunyikan file pribadi di handphone bisa dilakukan dengan mudah lho Sahabat Boom. Ini karena bisa dilakukan di semua merek ponsel. Caranya adalah buka File Explorer (File manager) yang ada di ponsel masing-masing. Kemudian, cari file mana yang akan disembunyikan. Kalau sudah ketemu, tekan lama file dan pilih menu ubah nama atau rename. Selanjutnya, tambahkan tanda titik di bagian depan nama lalu klik OK jika sudah dilakukan. Maka, secara otomatis file kalian sudah enggak terlihat lagi Sahabat Boom. Mudah kan?

2. Memakai aplikasi File Hide Expert yang dilengkapi dengan password

Aplikasi File Hide Expert [Sumber Gambar]

Cara ini bisa dilakukan kalau cara pertama enggak bisa diterapkan pada ponsel. Ya, ini menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama File Hide Expert. Aplikasi ini cukup ringan dan mudah sekali untuk menyembunyikan atau memunculkan file. Cara kerjanya juga sama kok dengan File Manager yang ada di setiap ponsel. Untuk memulai menyembunyikan file, cukup pilih icon folder pada pojok kanan atas. Kemudian, pilih deh file mana yang akan disembunyikan. Jika sudah, klik tombol Hide All dan file Sahabat Boom tidak bisa dilihat oleh siapapun. Eitss.. tapi kelebihannya enggak hanya itu aja lho, aplikasi satu ini juga dilengkapi dengan password. Jadi, tidak akan ada lagi orang yang bisa melihat file rahasiamu.

3. Aplikasi Gallery Vault yang bisa pakai keamanan sidik jari

Dengan Gallery Vault [Sumber Gambar]
Gallery Vault merupakan aplikasi yang fungsinya mirip dengan File Hide Expert. Bisa untuk menyembunyikan file, foto maupun video juga. Namun, banyak kelebihan di sisi fitur dan keamanannya. Kemudian, aplikasi ini menariknya dapat langsung menyembunyikan file yang baru saja di-download. Selain itu, ia juga menyediakan fitur password dengan mode sidik jari atau fingerprint. Tapi, sayangnya fitur keamanan tersebut hanya bisa digunakan untuk merek ponsel Samsung saja. Ya, mudah-mudahan keamanan sidik jari ini bisa dikembangkan di semua ponsel.

4. Dengan aplikasi AppLock yang sudah terkenal sejak dulu

Aplikasi Applock [Sumber Gambar]
Aplikasi yang satu ini terkenal dengan keamanan dan fiturnya yang cukup canggih. Selain mudah untuk dimengerti para pemula, AppLock juga bisa untuk menyembunyikan file, mengunci wifi, bluetooth hingga mengunci log telepon. Hebatnya lagi, AppLock tidak bisa dihentikan secara sembarangan. Fitur keamanannya pun juga cukup lengkap mulai dari pin, pola hingga sidik jari. Hmm.. apa kalian berminat dengan aplikasi ini?

5. Cara ini untuk yang ponselnya sudah di-root

Bisa menggunakan Hide Apps [Sumber Gambar]
Jangan bersedih bagi yang ponselnya sudah terlanjur di-root. Kalian bisa kok menggunakan aplikasi yang bernama Hide Apps. Kalau sudah diinstal, buka dan klik tap Check Now. Aplikasi akan memunculkan semua daftar file yang ada pada ponsel. Kemudian, pilih semua file yang akan disembunyikan. Selanjutnya, pilih tap Set It untuk memasukkan password. Jika semua sudah dilakukan, maka file tidak akan terlihat di manapun.

Bagaimana mudah bukan? Sebenarnya masih ada beberapa cara lain untuk menyembunyikan file pada handphone. Namun, hanya kelima cara inilah yang cukup ampuh dan sangat mudah untuk digunakan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya. Selamat mencoba!

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Inilah 5 Barang ‘Murah’ Indonesia yang Dijual dengan Harga Fantastis di Negara Lain

Sempat Gagal di Final AFF, Begini Nasib Irfan Bachdim Sekarang ‘Mengejutkan’ Khalayak