in

Tidak Perlu Operasi, Inilah 5 Cara Paling Mujarab untuk Sembuhkan Infeksi Amandel

Menderita amandel yang sedang bermasalah itu memang sangatlah menyebalkan. Itu karena kita akan mengalami kesulitan menelan dan demam yang tak kunjung turun. Biasanya, dokter akan memberikan obat antibiotik untuk penurun panas serta mengecilkan amandel. Tapi, kalau tak ada perubahan, jalan satu-satunya adalah operasi.

Hmm.. mendengar kata operasi rasanya sudah ketakutan sendiri. Karena jika tidak ada organ penting itu lagi di tubuh, enggak akan ada lagi yang melindungi badan kita dari kuman. Namun, jangan galau dulu nih untuk yang menderita amandel. Ternyata, ada beberapa cara kok untuk mengecilkan amandel yang membengkak, sehingga enggak perlu lagi melewati jalan operasi.

1. Bisa memakai ramuan dari jeruk nipis

Menggunakan rebusan kulit jeruk nipis [Sumber Gambar]
Jeruk nipis walaupun kecil ternyata juga memiliki ragam manfaat lho Sahabat Boom. Buah ini bisa digunakan untuk memperkecil amandel yang telah membengkak. Cara membuatnya juga mudah kok. Pertama-tama siapkan 3 jeruk nipis dan ambil kulitnya aja ya. Kemudian jangan lupa untuk dicuci bersih. Kalau sudah, potong kulit jeruk nipis menjadi kecil-kecil dan rebus di dalam air ukuran 2 gelas. Rebus sampai tersisa ¼ gelas dan tunggu hingga dingin sebelum akhirnya disaring. Selanjutnya, air saringan tadi dibuat untuk berkumur. Kalau ingin maksimal, gunakan tiga kali dalam sehari ya Sahabat Boom.

2. Menggunakan rebusan daun sirsak

Menggunakan rebusan daun sirsak [Sumber Gambar]

Daun sirsak ternyata mempunyai khasiat untuk membunuh virus penyebab infeksi yang ada di area amandel. Hebatnya lagi, daun ini bisa membedakan mana sel sehat dan yang tidak. Jadi, dengan menggunakan rebusan daun sirsak, kemungkinan besar amandel akan kembali normal seperti biasa. Cara membuat ramuan dari daun sirsak adalah siapkan daun sirsak sekitar 10 sampai 15 helai, tapi harus yang agak tua. Kemudian, rebus di dalam air sampai mendidih lalu disaring. Untuk hasil yang maksimal, air rebusan diminum tiga kali dalam sehari.

3. Rebusan jahe juga ampuh untuk menyembuhkan

Menggunakan air rebusan jahe [Sumber Gambar]
Cara alami untuk menghilangkan infeksi pada amandel adalah dengan air rebusan jahe. Jahe ternyata mampu menyembuhkan kebengkakan pada amandel karena mengandung zat anti inflamasi di dalamnya. Selain itu, jahe juga bermanfaat untuk pereda radang tenggorokan. Kalau ingin membuat ramuannya, cukup dengan rebus jahe sampai mendidih. Kemudian minum air rebusan jahe tersebut. Tapi, alangkah lebih nikmat jika ditambahkan dengan madu.

4. Campuran dari jeruk nipis, kunyit dan madu

Ramuan dari campuran madu, kunyit dan jeruk nipis [Sumber Gambar]
Ada cara lain lagi untuk menyembuhkan infeksi amandel yaitu campuran dari jeruk nipis, kunyit dan madu. Ketiga bahan ini selain menyembuhkan, juga bisa menghangatkan tenggorokan. Cara untuk membuat ramuan dari ketiga bahan ini adalah peras terlebih dahulu jeruk nipis dan jahe sampai keluar airnya. Kemudian, air kunyit dan jeruk nipis tadi dicampurkan dengan madu. Kalau sudah, ramuan dari tiga bahan tadi diminum tiga kali sehari secara teratur.

5. Dengan menelan bawang merah

Menelan bawang merah [Sumber Gambar]
Bawang merah yang merupakan bumbu dapur dapat menjadi obat untuk beberapa penyakit. Salah satunya adalah untuk menyembuhkan peradangan pada amandel. Karena bawang merah memiliki kandungan anti inflamasi seperti jahe. Nah, tapi untuk cara mengonsumsi bawang merah ini memang agak ekstrem, karena bumbu dapur tersebut langsung ditelan setelah dikupas. Kalau Sahabat Boom berani, boleh banget untuk dicoba.

Amandel bisa dijaga dengan tidak mengonsumsi makanan yang sembarangan. Selain itu jangan terlalu sering untuk minum es karena dapat membuat amandel membengkak. Kalau sudah terlanjur mengalami infeksi, maka disarankan mengonsumsi makanan yang lembut. Kemudian bisa diterapkan salah satu dari 5 cara di atas agar bisa sembuh total dan tidak kambuh kembali.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Miris, Ayah dan Anak Balitanya Terpaksa Jadi Gelandangan karena Dibuang Keluarganya

4 Aksi Hacker yang Sempat Membuat Persepakbolaan Indonesia Kelabakan Dibuatnya