Jepang adalah negara yang dikenal dengan kebudayaannya yang sangat unik. Mulai dari lagu, tarian, hingga anime yang banyak masuk ke Indonesia. Selain kebudayaan, ternyata Jepang juga memiliki sebuah sekte atau kelompok sesat yang diyakini oleh banyak warganya.

Baca Juga :10 Hal Yang Membuat Orang Jepang Kagum Dengan Islam dan Arab Saudi

Sekte ini bisa jadi agama atau bukan, namun keberadaannya cukup membuat banyak sekali orang resah. Bahkan beberapa sekte telah dilarang oleh pemerintah Jepang. Well, inilah sekte sesat yang membuatmu cuma geleng kepala dan berujar: mereka waras enggak sih?

1. Sekte Bunuh Diri

Jepang memiliki sekte bunuh diri yang sampai saat ini masih aktif. Sekte ini mulai ada sejak tahun 2003 silam. Selanjut setiap tahun mereka akan aktif melakukan prosesi bunuh diri secara bersama-sama. Biasanya mereka melakukan komunikasi via internet dan akan bertemu di suatu tempat yang telah disepakati.

Sekte Bunuh Diri [image source]
Sekte Bunuh Diri [image source]
Biasanya mereka akan melakukan bunuh diri dengan melemparkan badan ke rel kereta, atau menghirup racun. Sekitar tahun 2008 ada ratusan orang ditemukan tewas bersama-sama dan diketahui menghirup gas hidrogen sulfida. Saat ini sekte ini masih aktif dan kerap melaksanakan bunuh diri bersama-sama.

2. Sekte Pengorbanan Diri

Satu lagi sekte yang dikenal sangat mengerikan bagi semua orang di Jepang. Sekte ini akan membuat semacam arisan kepada anggotanya. Jika ia keluar maka ia akan dikorbankan dalam sebuah penyiksaan. Seorang algojo akan melakukan eksekusi di depan semua anggota sekte hingga si korban tewas.

Sekte Pengorbanan Diri [image source]
Ilustrasi Sekte Pengorbanan Diri [image source]
Sekte ini saat ini masih aktif meski keberadaan mereka sangat tersembunyi. Biasanya mereka terhubung dengan internet dan banyak sekali kode yang harus dipecahkan untuk mampu mengaksesnya. Nyawa manusia bagi sekte ini adalah sebuah anugerah hingga saat dikeluarkan dari tubuh semua orang harus bersuka cita menyambutnya.

3. Sekte Kiamat

Anda pasti sudah kerap mendengar sekte kiamat bernama Aum Sinrikyo. Sekte ini adalah salah satu sekte terlarang di Jepang. Pasalnya banyak sekali anggotanya yang membuat kegaduhan di Jepang. Bahkan tak segan-segan membunuh orang lain agar misi mereka terpenuhi.

Sekte Kiamat [image source]
Sekte Kiamat [image source]

Aum Shinrikyo menganggap mereka adalah seorang utusan dari langit. Mereka harus membuat kiamat di bumi agar semua orang segera masuk ke dunia yang sebenarnya. Bumi adalah dunia palsu yang akan membuat banyak orang tersesat.

4. Sekte Yamagishi Society

Yamagishi adalah sebuah daerah yang dulunya merupakan sentra peternakan dan juga pertanian. Pada tahun 1952, mereka membuat sebuah komunitas baru yang menarik diri dari dunia luar. Mereka membuat aturan baru yang tak bisa dilanggar oleh siapa saja. Salah satu aturannya adalah dengan membagi rata semua hasil bumi yang dikerjakan bersama-sama.

Sekte Yamagishi Society [image source]
Sekte Yamagishi Society [image source]

Selain itu, jika ada orang luar yang ingin menjadi anggota Yamagishi, mereka harus mengorbankan semua uang yang ada. Selanjutnya mereka tinggal di desa dengan aturan yang telah disepakati. Desa ini akan memisahkan anak-anak dan orang tua. Biasanya anak kecil dikelompokkan sendiri dan disuruh melakukan pekerjaan seperti orang tuanya. Hal ini dilakukan agar anak-anak jadi orang yang mandiri.

5. Sekte Pembaca Nasib Lewat Kaki

Sekitar tahun 1980 sekte ini didirikan oleh seorang bernama Hogen Fukunaga. Pria ini mengaku sebagai keturunan Yesus dan juga Buddha. Kemampuan inilah yang membuatnya mampu membaca nasib seseorang dari telapak kakinya saja.

Sekte Pembaca Nasib Lewat Kaki [image source]
Sekte Pembaca Nasib Lewat Kaki [image source]

Selain membaca nasib lewat kaki, ia juga bisa menyembuhkan penyakit separah apa pun. Hogen bahkan membuat seminar yang mahal dan menarik banyak ibu rumah tangga untuk bergabung. Lambat laun sekte ini mulai diburu oleh polisi karena dianggap menyebarkan aliran sesat. Akhirnya sang pendiri dijebloskan ke penjara selama 12 tahun dan sektenya hancur.

6. Sekte Penambah Umur Manusia

Satu sekte lagi yang ternyata membuat anggotanya tertipu. Bahkan ada yang sampai kehilangan nyawanya. Sekte ini dipimpin oleh seorang pria bernama Koji Takahashi. Pria ini mengaku telah mempelajari banyak sekali ilmu penyembuhan dari India. Bahkan ia juga mengaku merupakan reinkarnasi tabib hebat di masa lalu.

Sekte Penambah Umur Manusia [image source]
Sekte Penambah Umur Manusia [image source]
Kepandaian dalam mempengaruhi orang membuatnya mengumpulkan banyak sekali anggota. Ia benar-benar mampu membuat orang lain percaya dengannya. Padahal yang ia lakukan adalah membunuh anggotanya lalu membuatnya jadi mumi. Inilah kehidupan abadi yang dijanjikan oleh sekte ini.

7. Sekte Bahagia yang Menyesatkan

Sekitar tahun 1981, seorang pebisnis hebat dari Jepang mengaku mendapatkan pencerahan saat tidur. Ia bertemu dengan Yesus dan Muhammad yang menyuruhnya membuat kedamaian dan kebahagiaan di bumi ini. Akhirnya ia membuat sekte yang menganjurkan semua orang anggotanya menjadi bahagia.

Sekte Bahagia yang Menyesatkan [image source]
Sekte Bahagia yang Menyesatkan [image source]
Meski mengajarkan untuk bahagia kepada anggotanya. Ternyata sekte ini juga memiliki peranan politik yang besar. Ia memiliki sentimen negatif dengan China dan Korea Utara. Salah satu misi dari sekte bahagia adalah membombardir dua negara komunis ini dengan senjata militernya.

Baca Juga :7 Hal Sederhana ini Bisa Membuat Orang Jepang Iri Dengan Indonesia

Itulah tujuh sekte sesat yang ada di Jepang saat ini. Rata-rata dari mereka masih aktif dan terus melakukan amalan-amalan yang sesuai dengan kepercayaannya. Well, apakah mereka tidak sadar jika yang dilakukan itu tidak benar.