in

Bukan Inggris atau Tiongkok, Bangsa Inilah yang Dipercaya Pertama Kali Memainkan Sepak Bola

Di tengah hiruk pikuknya Piala Dunia tahun ini, tersimpan sejarah panjang tentang sepak bola. Tidak seperti kera sakti yang lahir dari batu, olahraga yang banyak digandrungi mengalami banyak sekali perkembangan. Mulai dari bangsa Tiongkok yang menggiring bola dan terciptanya peraturan pada permainannya di Inggris, sampai seperti sekarang yang berubah jadi olahraga global yang disentuh sebuah industri.

Kendati setiap tahunan mengalami perubahan demi perubahan, namun perdebatan dari mana asalnya tetaplah menjadi pergunjingan. Polemik tersebut agaknya kini mulai terjawab dengan ditemukan beberapa bukti sejarah dan arkeologi. Hal tersebut menempatkan bangsa Mesoamerika yang mengawali ide terbentuknya sepak bola. Seperti apakah kisahnya? Simak ulasannya sebagai berikut.

Orang dari kebudayaan Mesoamerika memainkan bola dari ribuan tahun lalu

Sebagai bangsa yang muncul di zaman prasejarah, orang dari kebudayaan Mesoamerika telah bergelut dengan bola dalam waktu yang lama. Dilansir laman National Geography, mereka sudah memainkannya sejak 3000 tahun yang lalu. Kendati belum ditemukan tepatnya kapan, hal ini dapat membuat mereka yang pertama kali memainkan bola.

Orang dari Masoamerika memainkan boa [Sumber Gambar]
Catatan tersebut jelas menangkis yang menyebutkan Tiongkok yang pertama kali bergelut dengan sepak bola. Negeri yang terkenal dengan sungai kuning itu sendiri baru bermain sepak bola di abad ke 3 masehi. Tapi di balik hal tersebut Tiongkok lah pertama kali menggiring bola ke gawang.

Ring dan bola berasal dari akar menjadi alat di sepak bola saat itu

Tidak hanya peraturan saja yang menyimpan perbedaan antara sepak bola sekarang dan dulu. Alat yang digunakan untuk menunjang olahraga ini juga alami hal yang sama. Dahulu orang dari kebudayaan Mesoamerika menggunakan ring sebagai penanda jumlah skor yang diciptakan pemain. Sedangkan untuk komponen utama berupa bola menggunakan resin pohon yang dibuat bulat.

Lubang gol di sepak bola suku Masoamerika [Sumber Gambar]

Bahan tersebut menjadikan bola memiliki beban yang lebih berat dibandingkan sekarang. Namun dari situlah awal mula terciptanya sebuah ide mengenai bola. Menurut Marry Miller profesor sejarah dan seni di Yale University peradaban mereka yang menyempurnakan bola sebelum di zaman modern seperti sekarang.

Sepak bola dikenal dengan banyak sebutan namanya

Sebelum membahas perihal sebutan untuk olahraga ini, agaknya kita wajib tahu siapa itu bangsa Mesoamerika. Dilansir laman Suara.com, bangsa ini terdiri dari beberapa suku yang menepati wilayah Meksiko sampai Kosta Rika. Mulai dari suku Teotihuacanos, Aztec, dan Maya. Melalui mereka lah nama sepak bola diketahui sangat beragam sebutnya.

Aksi orang Masoamerika saat bermain bola [Sumber Gambar]
Bangsa Aztec menyebutkan Ullamaliztli, sedangkan orang Maya lebih senang mengenalnya dengan sebutan pok-ta-pok atau pitz. Hal ini menjadi bukti kepada kita apabila tidak hanya peraturannya yang berubah-ubah, tapi istilah atau penyebutannya juga mengalami banyak perkembangan.

Peraturan permainan yang mereka digunakan sangat unik

Dalam perkembangannya sepak bola sangat familiar dimainkan dengan semua anggota badan kecuali tangan. Tapi orang dari kebudayaan Mesoamerika memiliki peraturan yang berbeda. Dilansir laman National Geography, mereka ada yang merebut bola dengan menangkapnya, menabrakkannya atau bahkan terdapat yang menggunakan raket dan alat pemukul di dalam permainannya.

Penampilan pemain di sepak bola kuno Masoamerika [Sumber Gambar]
Seperti salah satu contohnya adalah suku Aztec yang malah melarang kaki dan tangan untuk digunakannya. Mereka menggunakan pinggul dan bokong untuk memainkan sepak bola saat itu. FYI, olahraga ini sudah dimainkan oleh suku Aztec sejak tahun 1585 dengan cara-cara yang telah diungkapkan tadi.

Catatan sejarah asal sepak bola memang lah tidak akan berhenti disini saja. Hal ini lantaran dinamisnya sebuah ilmu yang sering menunjukkan fakta baru setiap waktunya. Namun apabila melihat tahunnya, sangat wajar orang dari Mesoamerika dikatakan yang pertama memainkan si kulit bundar. Terlepas dari ini semua tetap saja Tiongkok dan Inggris memiliki peran besar di jagad sepak bola dunia.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Jangan Dilakukan! Tidur Tengkurap Memiliki Efek Buruk Bagi Kesehatanmu

Mengenal Eibenthal, Desa Indah yang Bebas Pencurian Meski Uang Berceceran di Jalan