in

Menguak Sejarah Patung Liberty Yang Diduga Terinspirasi dari Sosok Wanita Muslim

Apa yang kamu pikirkan tentang Patung Liberty? Pasti tidak jauh-jauh dari simbol Amerika Serikat. Yah, Patung Liberty didirikan menjadi simbol kemenangan bagi Amerika Serikat. Saat posisi lengan kanan mengacungkan obor dan tangan kiri meenggenggam plakat bertuliskan ‘July IV, MDCCLXXVI’. Saat itulah Amerika Serikat menyatakan kemerdekaannya. Peristiwa itulah yang membawa nama Lady Liberty menjadi simbol demokrasi universal secara bebas bagi Amerika Serikat.

Namun, di balik asal-usul pembuatan Patung Liberty ini, banyak informasi yang mengatakan bahwa sosok perempuan muslimah yang menjadi latar belakang pembuatan Liberty. Tentunya, informasi tersebut menjadi perdebatan di kalangan politisi Amerika Serikat mengingat banyaknya kasus konflik yang menanggap semua muslim sebagai teroris.

Awal mula didirikannya Patung Liberty

Awal mula dibangunnya patung Liberty [Image Source]
Dari informasi yang telah didapatkan oleh berbagai sumber, Patung Liberty resmi didirikan pada tanggal 28 Oktober 1886. Patung dengan nama lengkap Liberty Enlightening the World ini merupakan simbol hadiah dari rakyat Perancis. Hadiah tersebut ditujukan kepada Amerika Serikat untuk merayakan 100 tahun kemerdekannya.

Kisah perancang dan pembuat Patung Liberty

Frederick Bartholdi [Image Source]

Menurut informasi sejarah yang ada, Gustave Eiffel, sang desainer menara Eiffel ternyata juga ikut serta dalam pembuatan Patung Liberty. Ia merancang struktur yang ada pada bagian dalam Patung Liberty. Sedangkan Frederic Auguste Bartholdi merupakan peran utama dibalik karya pahatan Patung Liberty.

Sosok perempuan muslim asal Mesir menjadi model di balik pembuatan Patung Liberty

Berdarsarkan penjelasan sejarah yang didapat dari media cetak, diketahui bahwa Frederic Auguste Bartholdi pernah singgah di Mesir pada tahun 1855 hingga 1856. Keinginannya untuk membangun patung kolosal di Negeri Piramida itu sangat besar. Untuk itu, ia berniat mengikuti sayembara pembangunan menara mercusuar Mesir pada tahun 1869. Saat itu, ia melihat seorang perempuan berjubah sedang membawa obor untuk menerangi semua pelaut dari gelapnya Terusan Suez. Sejak saat itu juga Bartholdi terinspirasi membuat patung menara. Ia mengajukan proposal dalam sayembara tersebut dengan judul Egypts Brings Lights to Asia yang bermakna Mesir Pembawa Cahaya Bagi Asia.

Sosok wanita muslimah menjadi perdebatan [Image Source]
Awalnya patung ini didesain mirip dengan model perempuan pedesaan mengenakan hijab dan gamis. Dari kutipan Barry Morena dalam buku Smithsonian Institution, menyebutkan bahwa pahatan tersebut digambarkan dari seorang penduduk fellah yang berarti penduduk pedesaan berdarah Arab. Pada masa itu, sebagian besar penduduk Mesir adalah seorang muslim. Sayangnya, pemerintah Mesir menolak proposal Bartholdi untuk didirikan di area Terusan Suez. Karena, pada masa itu Mesir belum mengalami kejayaan sehingga simbol patung tersebut dirasa tidak sesuai dengan kenyataan yang dihadapi.

Perdebatan teori mengenai siapa sosok sebenarnya di balik Patung Liberty

Walaupun Frederick Bartholdi erat kaitannya dengan desain pembangunan mercusuar Terusan Suez dan Lady Liberty, namun pengungkapan sosok sesungguhnya di balik Patung Liberty masih menuai perdebatan. Alasannya, di tahun 1860-an, beberapa tokoh sebelumnya berpendapat bahwa sosok Lady Liberty memang seorang muslimah.

Sosok wanita muslimah dibalik patung Liberty [Image Source]
Ada juga yang berpendapat bahwa Patung Liberty tidak memiliki hubungan dengan proyek Bartholdi di Mesir. Jadi, kedua patung tersebut sama-sama sosok perempuan tetapi memiliki perbedaan figur. Ia juga menjelaskan beberapa argumen bahwa Patung Liberty memang terinspirasi dari sosok wanita muslimah tetapi konsepnya berbeda saat patung tersebut dibangun di Amerika Serikat. Gagasan berikutnya menyatakan bahwa sosok dibalik Patung Liberty yang sebenarnya adalah ibu dari Frederick Bartholdi itu sendiri yaitu Charlotte Beysser.

Misteri siapa sebenarnya sosok di balik Patung Liberty ini masih spekulatif hingga sekarang. Yang jelas, karya Bartholdi ini sudah menginspirasi banyak orang. Tidak mudah dalam hal membuat konsep. Ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan supaya suatu karya seperti Patung Liberty ini memiliki nilai yang lebih dari seksedar seni.

Written by Chandra

Leave a Reply

9 Potret Bukti Perjuangan Para Petugas Mendistribusikan Kotak Suara Demi Pilkada 2017

Susahnya Hidup di Pedalaman Ini Bakal Bikin Orang Kota Sujud Syukur