in

Foto-foto Sejarah Hair Dryer, Repotnya Mengeringkan Rambut Ala Wanita Jaman Dulu

Jaman dulu, ada banyak penemuan yang dibuat oleh manusia. Semua demi kemudahan hidup, seperti yang bisa kita rasakan hingga sekarang.

Tapi kalau mau melihat lagi di jaman-jaman itu, ternyata penemuan pertama manusia di masa lalu termasuk merepotkan (meski tujuannya memudahkan). Salah satunya adalah pengering rambut. Kalau sekarang pengering rambut saja bisa dilipat dan dimasukkan tas, ternyata dulunya pengering rambut ini kelihatan repot dan sangat tidak praktis.

Bahkan mungkin Anda tidak mau mencobanya kalau masih ada di jaman sekarang. Tidak percaya? Coba nih lihat penampakan mesin pengering rambut jaman dulu yang kelihatan ‘horor’ untuk dipakai.

1. Jaman dulu, wanita mengeringkan rambut dengan pengering rambut raksasa seperti ini.

Inilah Pengering Rambut Wanita yang Hits di tahun '30an [Image Source]
Inilah pengering rambut yang Hits di tahun ’30an [Image Source]

2. Pengering rambut jaman dulu dibuat oleh Alexandre-Ferdinand Godefroy di tahun 1890, untuk keperluan salon. Jadi, benda ini tak akan ditemukan di rumah biasa.

Eine neuartige Erfindung zum Trocknen der Haare. Vorf¸hrung auf der j‰hrlichen Messe in White City. Photographie. England. Um 1930. An ingenius method of drying the hair. Practical demonstrations, presented at the annual White City Fair. Photograph. England. Around 1930.
Seperti steamer rambut, tapi juga seperti kursi eksekusi mati [Image Source]

3. Sistem yang digunakan seperti knalpot atau vacuum cleaner. Di mana ada corong panjang untuk pergerakan udara.

Vorf¸hrung eines neuen Dampfapparates auf der j‰hrlichen Frisurenmesse in White City. Photographie. England. Um 1930 Demonstration of a new hair steaming apparate at White City¥s annual Hairdressing Exhibition. Photograph. England. Around 1930
Sistem kerjanya seperti knalpot atau vacuum cleaner [Image Source]

4. Vacuum cleaner juga menyatu dengan kursi, sehingga kelihatan seperti kursi listrik untuk eksekusi mati.

Dauerwellen im Badeanzug vor einem Friseurladen in Cannes. Photographie. 1937. Hairdresser in Cannes, France. Photography. 1937
Pengering rambut dirancang oleh Alexandre-Ferdinand Godefroy tahun 1890 [Image Source]

Bedanya, duduk di sini lebih santai dong.. Sekalian nyalon dan baca koran.

5. Mungkin yang bikin gak santai adalah, pengering rambut ini dihubungkan pada kompor gas untuk mendapatkan udara panas.

(GERMANY OUT) Russia; Moscow; women sitting under a hair dryer in a hairdresser; taken by Emil Strassberg - 1933 (Photo by Emil Strassberg/ullstein bild via Getty Images)
Sistem pengering rambut jaman dulu dihubungkan ke kompor gas. [Image Source]

Meski kelihatan repot, sepertinya wanita jaman dulu tetap bisa menikmatinya.

6. Mesin pengering rambut ini kemudian banyak diadaptasi dan dikembangkan oleh salon lain. Bentuknya pun jadi berbeda-beda.

Bentuknya seperti mesin di film sci-fi [Image Source]
Bentuknya seperti mesin di film sci-fi [Image Source]

Tidak lagi menggunakan helm atau topi, tapi bisa menggunakan kumparan yang dipanaskan seperti di atas.

7. Sebenarnya tahun 1911 sudah ditemukan hairdryer portable.  Namun desain ini baru dipasarkan setelah diyakini aman untuk penggunaan rumah tangga.

ca. 1930s, UK --- A beautician in a white coat attaches the tubes and pads of a hair treatment machine to a man's scalp as he reads a paper contentedly. Probably England, ca. 1930s. --- Image by © Hulton-Deutsch Collection/CORBIS
Mesin pengering rambut akhirnya dibuat secara portable. Dan dipasarkan ke konsumen setelah mendapat desain yang benar-benar aman [Image Source]
Hair dryer sejak jaman dulu banyak digunakan oleh laki-laki dan perempuan. Salah satu manfaat modernisasi membuat kita lebih beruntung, karena bisa menikmati hair dryer atau pengering rambut portable yang lebih ringkas.

Semakin ke sini, makin banyak penemuan yang memudahkan kehidupan manusia. Meski demikian, semoga tidak membuat kita berhenti berinovasi dan tetap arif berdampingan dengan lingkungan.

Written by Orchid

Leave a Reply

Kisah Kakek yang Hidup Dari Jualan Tape Ketan Keliling Selama Berpuluh-puluh Tahun

7 Serangga Mengerikan yang Bisa Hidup di Dalam Tubuh Manusia!