in

Melihat Indahnya Sawahlunto, Kota yang Baru Saja Dinobatkan Sebagai Situs UNESCO Dunia

Indonesia sebagai negara kaya memang bukan bualan. Hal ini terbukti dari banyaknya situs dan tempat yang ada di negara kita yang masuk ke dalam list situs warisan dunia UNESCO. Sebelumnya, nama warisan budaya yang paling kita kenal hanyalah Candi Prambanan dan Borobudur saja kan? Padahal, ada sekitar 9 situs lain yang juga masuk, seperti Taman Nasional Ujung Kulon, Hutan Hujan Tropis Sumatera, dan banyak lagi.

Terbaru, ada Sawahlunto yang baru saja memperpanjang daftar new heritage dari Indonesia. Apa ya yang ada di Sawahlunto sehingga dunia pun mengakui kecantikan dan keunikannya? Mau tau? Yuk, jangan beranjak dulu dari dudukmu dan simak terus ulasan dari Boombastis.com berikut ini.

UNESCO menetapkan Sawahlunto sebagai situs dunia pada awal Juli

Jadi warisan dunia UNESCO [sumber gambar]
Awal Juli 2019, salah satu kabar baik yang diterima Indonesia adalah penetapan Sawahlunto sebagai World Heritage Site atau situs warisan dunia yang dilindungi UNESCO. Penetapan ini diumumkan pada gelaran ke-43 Pertemuan Komite Warisan Dunia yang diselenggarakan di Baku, Azerbaijan, pada hari Sabtu (6/7/2019). Sebenarnya ada 36 situs lain dari seluruh dunia yang juga menjadi target, Sawahlunto adalah satu di antaranya. Apa nih sisi positifnya kalau ia menjadi warisan UNESCO? Dalam hal ini, Sawahlunto resmi dilindungi dan dibantu pelestariannya agar tidak rusak.

Sawahlunto adalah kota kecil di Sumatera Barat

Sawahlunto Sumbar [sumber gambar]

Sawahlunto mungkin jarang terdengar di telinga. Hal ini tak lain karena ia hanya merupakan kota kecil yang ada di Suamtera Barat, Padang. Namun, meskipun kecil dan hanya dihuni oleh 7000 penduduk, Sawahlunto adalah situs tambang batubara tertua di Asia Tenggara. Ia sudah ada sejak abad ke -19. Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto ini berhasil mengubah daerah tambang terpencil menjadi perkotaan dinamis dan terintegrasi dengan sistem transportasi tambang yang efisien. Hal inilah yang kemudian membuat UNESCO ingin melindunginya.

Satu-satunya tambang batubara bawah tanah Indonesia

Tambang batubara tertua di Asia Tenggara [sumber gambar]
Melansir kompas.com, Sawahlunto adalah pertambangan batubara di Ombilin yang mulai beroperasi lebih dari satu abad. Dahulu tambang ini dikelola oleh pemerintah kolonial hingga akhirnya pengelolaan berpindah ke PT Bukit Asam Tbk. UPO di Sawahlunto ini merupakan satu-satunya tambang batubara bawah tanah di Indonesia. Sawahlunto adalah daerah industri pada masanya. Saat Belanda menjajah Indonesia, di tahun 1887-1892, mereka sudah mulai membangun kereta api dari Pulau Air Padang ke Muaro Kalaban dan dari stasiun ini menuju ke wilayah Sawahlunto.

Para tahanan pernah bekerja di sini

Mempekerjakan tahanan [sumber gambar]
Berdiri selama berabad-abad, sudah pasti dong ada banyak sekali pekerja yang sudah mendedikasikan diri mereka untuk tambang ini. Yup, kamu memang tidak salah. Tempat ini menyimpan cerita miris untuk kembali dikenang. Dahulu para tahanan kriminal dan politik dari wilayah Jawa dan Sumatra dibawa ke tempat ini. Dalam perjalanan menuju Sawahlunto, kaki, tangan, dan leher mereka diikat dengan rantai. Selanjutnya orang-orang yang dijuluki dengan ketingganger (orang rantai) ini menjadi kuli tambang di Sawahlunto dengan leher, kaki, dan tangan terikat oleh rantai. Bayangkan deh betapa susahnya mereka.

BACA JUGA: 6 Kebudayaan Ini Diakui Unesco Sebagai Warisan Indonesia untuk Dunia

Sawahlunto tidak hanya terkenal karena lokasi tambang batubara tertua di Asia Tenggara saja, lebih dari itu ada banyak tempat indah dan eksotis yang ada di kota kecil ini. Bahkan masih terdapat beberapa peninggalan asli seperti terowongan Mbah Soero, perumahan pekerja dan pekerja tambang (Tangsi Baru dan Tanah Lapang).

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Laptop Sampai Ninja, Hadiah Mewah Ini Bisa Kamu Menangkan Hanya dengan Main Game

Rumitnya Lalu Lintas di Vietnam, Berhenti di Tempat Teduh Bisa Denda 400 Ribu