in

Sariban Si Pejuang Kebersihan, Dulu Disebut Gila tapi Sekarang Mendunia

Puluhan tahun lalu ia disebut gila. Banyak orang yang memandangnya sebelah mata. Tapi kini sosok dan kisahnya justru mendunia. Dia adalah Kakek Sariban. Setelah diberitakan oleh media asing Aljazeera TV, sosok Kakek Sariban mendapat banyak sorotan. Berawal dari hari Sabtu 27 Mei 2017 lalu, akun Twitter @AJEnglish atau Aljazeera English, mengunggah video kisah hidup kakek Sariban asal kota kembang Bandung yang berdurasi kurang lebih 3 menit.

Unggahan itu dilengkapi keterangan, I am crazy. Hygiene crazy. Meet Indonesia’s trash vigilante. #AJShorts. Dalam waktu singkat, sosok Kakek Sariban menyedot perhatian netizen. Siapa sebenarnya Kakek Sariban ini? Dan apa yang dilakukannya? Kisahnya berikut ini sangat menarik dan inspiratif untuk diikuti.

Karena Aksinya, Kakek Sariban Dulu Disebut Gila dan Aneh

Secara sukarela, Kakek Sariban menghabiskan masa pensiunnya dengan membersihkan sampah. Ia begitu prihatin dengan kondisi kota Bandung yang makin tidak karuan. Makin kotor dan banyak sampah di mana-mana. Tak mau tinggal diam, dia melakukan aksi membersihkan sampah-sampah tersebut.

Kakek Sariban Dulu Disebut Gila dan Aneh

Tapi bukannya mendapat banyak dukungan positif, dulu dia malah disebut gila dan aneh. Meski begitu, kakek berusia 74 tahun ini tak putus asa. Malah dia sendiri mengaku kalau dirinya gila, tapi gila kebersihan. Terbukti puluhan tahun dia tak pernah lelah memperjuangkan kebersihan kotanya. Benar-benar luar biasa sekali, ya.

Berbagai Sudut Taman Kota dan Tempat Umum Ditelusurinya Setiap Hari

Usia senja bukan halangannya untuk terus memperjuangkan kebersihan. Berbagai sudut taman kota dan tempat umum akan disinggahinya untuk membersihkan sampah-sampah yang berserakan. Dan bila ada yang ketahuan membuang sampah sembarangan, Kakek Sariban akan menegurnya.

Berbagai Sudut Taman Kota dan Tempat Umum Ditelusurinya Setiap Hari

Kebersihan lingkungan harus tetap dijaga. Kakek yang murah senyum ini pun selalu berusaha mengajak orang-orang untuk selalu membuang sampah pada tempatnya dengan cara yang unik. Seperti dengan lagu khusus yang ia ciptakan sendiri sebagai seruan untuk menjaga kebersihan.

Pejuang Kebersihan dari Bandung Ini Kini Mendunia

Pejuang Kebersihan dari Bandung Ini Kini Mendunia

Kalau dulu dia dianggap aneh, sekarang dia jadi panutan dan suri tauladan masyarakat. Masyarakat kini menyambutnya dengan positif. Bahkan pemerintah juga memberikan perhatian serta penghargaan khusus padanya. Pada tahun 2016 lalu ia diberangkatkan umroh oleh walikota Bandung, Ridwan Kamil. Niat dan komitmen tulus menjaga kebersihan kota membuahkan hasil yang begitu manis.

Kakek Sariban Tetap Setia dengan Sepeda Onthel

Seorang warga pernah menawarinya sepeda motor. Tujuannya agar Kakek Sariban bisa lebih mudah dan cepat membersihkan sampah. Namun, Kakek Sariban menolaknya. Dia memiliki alasan tersendiri. Dia tak mau bersepeda motor karena tak ingin mencemari udara kota Bandung dengan asap knalpot yang dikeluarkannya. Kakek Sariban memilih setia dengan sepeda onthel tuanya.

Kakek Sariban Tetap Setia dengan Sepeda Onthel

Dengan sepeda onthel yang dimilikinya sejak zaman Belanda tersebut, Kakek Sariban menyusuri jalanan sambil mengambil sampah yang ditemukannya. Tak lupa ia juga membawa dua tong sampah, satu untuk sampah organik, satunya lagi untuk sampah anorganik. Nantinya, sampah-sampah yang dikumpulkan akan dibuang ke tempat sampah.

Kakek Sariban, dia merupakan panutan sekaligus inspirasi untuk masyarakat. Di balik penampilannya yang sederhana dan sepeda tuanya, ada hati yang begitu besar. Ada tekad yang begitu kuat untuk menjaga kebersihan kota. Malu lah kita kalau sampai sekarang masih punya kebiasaan buang sampah sembarangan. Terima kasih Kakek Sariban atas dedikasi dan perjuangannya hingga saat ini. Sehat terus, ya.

Written by Endah Boom

Leave a Reply

Seru Tapi Bikin Emosi, Inilah Tradisi Perang Balon Air Kala Ramadan yang Hanya Ada di Pemalang

Nostalgia Permainan dan Aturan Seru Adu Layangan Ini Pasti Pernah Membahagiakan Masa Kecilmu