in

Sunah Nabi dan Larangan Berpuasa, Inilah Kenapa Dianjurkan Sarapan Sebelum Salat Idulfitri

Hukum sarapan sebelum salat Idulfitri
Hukum sarapan sebelum salat Idulfitri

Lebaran telah tiba setelah berpuasa selama satu bulan. Biasanya ada acara sungkeman atau bersalam-salaman. Dilanjutkan makan-makan usai salat Idulfitri yang menjadi tradisi di berbagai daerah di Indonesia. Opor ayam, ketupat, rendang daging, sate, dan berbagai makanan akan dihidangkan.

Namun, walau ada acara makan besar setelah salat Idulfitri, ternyata disunahkan untuk sarapan dulu. Kenapa dianjurkan sarapan sebelum salat Idulfitri? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Nabi Muhammad makan kurma sebelum salat Idulfitri

Ilustrasi seorang perempuan sedang minum. [Sumber Gambar]
Ilustrasi seorang perempuan sedang minum. [Sumber Gambar]
Menurut hadits riwayat Imam Bukhari, Nabi Muhammad SAW tidak “Rasulullah tidak berangkat pada Idulfitri hingga beliau memakan beberapa kurma”. Jumlah kurma yang dimakan oleh Nabi Muhammad SAW berjumlah ganjil misalnya 3, 5, atau 7. Berdasarkan hadits itulah, dianjurkan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum salat Idulfitri. Namun, bukan hanya kurma, kamu dapat sarapan dengan makanan lainnya.

Tidak boleh puasa saat Idulfitri

Ilustrasi umat Islam salat Idulfitri di masjid. [Sumber Gambar]
Ilustrasi umat Islam salat Idulfitri di masjid. [Sumber Gambar]

Perlu diketahui bahwa sarapan sebelum salat Idulfitri adalah sunah. Artinya orang yang mengerjakannya akan mendapatkan pahala tetapi jika tidak dikerjakan pun tidak apa-apa. Anjuran sarapan sebelum salat Idulftiri juga sebagai pengingat bahwa tidak boleh puasa pada 1 Syawal. Hukum puasa saat 1 Syawal adalah haram. Hal tersebut tertera pada hadits riwayat Muslim yang berbunyi “Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang puasa pada dua hari: Idul Fitri dan Idul Adha”.

Berbagai sunah sebelum salat Idulfitri

Ilustrasi ayah dan anak sedang makan kurma. [Sumber Gambar]
Ilustrasi ayah dan anak sedang makan kurma. [Sumber Gambar]
Tidak hanya sarapan, terdapat beberapa sunah lain sebelum salat Idulfitri. Umat Muslim dianjurkan untuk berjalan kaki menuju tempat salat dan melewati rute berbeda ketika berangkat dan pulang. Selain itu, tentunya disunahkan untuk membaca takbir dan menyambut Idulfitri dengan penuh suka cita. Tak lupa, dianjurkan pula untuk mandi dan memakai baju terbaik sebelum salat Idulfitri. Kemudian, dianjurkan pula untuk saling mengucapkan selamat dengan ucapan seperti “Taqabbalallahu minna wa minkum”. Artinya semoga Allah menerima amalan kami dan kalian.

BACA JUGA: Jangan Sampai Kebobolan Gara-Gara Opor Ayam, Jaga Kesehatan Badan Saat Lebaran dengan Cara Ini

Lebaran selalu disambut dengan penuh kebahagiaan dan dipenuhi tradisi seperti mudik dan kumpul keluarga. Apa kegiatan Lebaran yang paling kalian tunggu setelah salat Idulfitri?

Written by Galih Hayu

Farman Ali, Si Tarzan Pakistan yang Hidup di Rumah Pohon Selama Depalan Tahun

Bukannya Dapat Galak Gampil Malah Dipalak Bocil, Inilah Momen Lebaran Saat Sudah Dewasa