in

Jarum Ditaruh di Leher, Nih 4 Bukti Kalau Militer China Itu Sangar Abis

Selama ini negara tirai bambu hanya terkenal dengan keahlian dalam menciptakan segala macam barang tiruan alias KW-nya. Ternyata, kemajuan China tak hanya dari segi copasnya saja, di abad ke-21 ini, kabarnya China akan menjadi pemimpin baru dari belahan Timur dunia, terutama dari segi militernya.

Punya alutsista yang super canggih, pasukan perang yang tak karuan banyaknya membuat negara Eropa patut ciut kepadanya. Ya, wajar kalau militer China dinobatkan sebagai satu dari banyak militer terkuat di dunia, latihannya juga tak main-main. Kira-kira seperti ini persiapan mereka di belakang panggung untuk menghadapi pertempuran.

Jarum ditaruh di leher dalam acara parade militer

Rahasia kegagahan militer China [Sumber gambar]
Tentara China memang terkenal kedisipilinannya. Hal tersebut terlihat dari banyaknya foto yang beredar di berabagi media sosial, salah satunya adalah foto di atas. Terlihat bukan, dalam salah satu parade acara, militer China ini diharuskan memakai satu jarum di masing-masing kerah baju, bagian tajam jarum tersebut menghadap ke arah leher. Tujuannya tak lain agar para tentara ini tetap gagah dan mendongak sempurna. Ya, kita sama-sama tau dan bisa membayangkan apa yang akan terjadi kalau mereka bergerak atau menoleh ke kiri-kanan kan?

Simulasi kondisi perang yang nyata ketika di camp latihan

Latihan ala perang [Sumber gambar]
Profesi sebagai tentara jelas bukanlah hal yang mudah, bisa kita lihat sendiri bagaimana perjuangan para TNI demi membela negara Indonesia. Itupula yang dilakukan oleh China pada kelompok militernya. Walaupun kekuatan militer China merupakan yang terbesar di dunia, latihan di campnya tetap sangar. Salah satu tempat penggodokan tentara ini adalah Zhurihe Base, kamp militer yang menyediakan simulasi kondisi perang yang nyata, untuk membuat para tentaranya bertahan dalam berbagai medan. Wah, berat banget pasti ya.

Makan seadanya dengan ransum ala tentara perang

Ransum China [Sumber gambar]
Banyak yang bertanya ‘apa yang yang dimakan sama tentara saat perang?’. Jawabannya ransum, makanan yang memang dikhususkan untuk para anggota militer yang sedang berada di medan perang. Jika mau dibandingkan dengan negara lain, ransum China terkesan lebih sedikit dan B aja lah. Makanannya hanya terdiri dari nasi goreng dengan daging babi ditambah satu bungkus saus tomat dan beberapa buah, ukurannya pun sangat kecil. Kalau membayangkan para tentara China makan ini, kayaknya masih krucuk-krucuk perutnya alias enggak kenyang.

Latihan bersama dengan negara Rusia

Latihan militer bersama [Sumber gambar]
Di tahun 2019, China akan terus meningkatkan agenda di bidang militernya. Itu artinya, para tentara dituntut untuk semakin disiplin. Dalam hal ini, China bersekutu dengan Spetsnaz, pasukan militer Rusia. Seperti yang ditulis oleh Boombastis.com sebelumnya, persekutuan ini dimulai dari pembelian alutsista macam peluncur roket S-400, Shukoi Su-35 dan TOT militer. Belakangan ini, mereka memperketat dengan latihan bersama. “Agenda latihan bersama adalah bentuk diplomasi militer. Hanya beberapa yang benar-benar bertujuan untuk membangun kapasitas tempur militer,” kata Zhou Chenming, seorang pengamat militer China, melansir dari kompas.com.

BACA JUGA: 5 Hal yang Bisa Dipelajari TNI dari Militer China yang Sukses Mendominasi Dunia

Militer China tak hanya diukur dari intensitas kerasnya latihan saja, mereka juga didukung oleh peralatan perang yang super canggih dengan prajurit sangat banyak. Bukan hal yang mengherankan sih jika beberapa tahun ke depan, China kemungkinan menjadi negara adidaya yang menguasai dunia. Lha, militernya sangar sih.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Resmi Ditetapkan Jadi Tersangka, Inilah ‘Prestasi’ Joko Driyono Untuk Sepakbola RI

Kenalan dengan Selebritis FC, Tim Sepak Bola Artis yang Punya Kemampuan Hebat