Erornya sistem Bank Mandiri beberapa waktu lalu bikin banyak orang kelimpungan. Gimana nggak, saldo yang tadinya banyak eh tiba-tiba berkurang drastis sekali. Sadisnya, bahkan sampai ada yang jadi nol rupiah. Ngenes nggak tuh? Makanya di beberapa tempat, banyak nasabah yang menyerbu bank sambil emosi. Menuntut agar akun Kimi Hime tidak dihapus, eh minta uangnya kembali..

Nah, ketika banyak orang lagi emosi gegara duitnya ilang, ternyata ada yang mengalami hal sebaliknya. Alih-alih raib, saldo beberapa orang justru bertambah. Bahkan ada yang nominalnya luar biasa banyak. Alhasil mereka pun tiba-tiba jadi sultan. Tapi apakah mereka bisa menikmati uang tersebut? Ketahui lewat ulasan berikut..

Saldo tiba-tiba nambah, langsung transfer ibunda Rp 9 juta

Entah sudah melakukan amalan apa, seorang warga Bandar Lampung mendapati rekening Mandirinya bertambah secara misterius sebanyak 9 juta. Hal ini terjadi tepat pada momen eror yang bikin banyak orang kaget itu. Lantaran menganggap kejadian ini adalah rejeki dari Tuhan, si pemilik pun langsung memanfaatkannya untuk berbuat baik.

Ilustrasi tiba-tiba banyak duit [Sumber Gambar]
Ya, si warga ini langsung transfer uang 9 juta ini ke rekening ibunya. Mendapati penambahan saldo yang banyak, kerabat si pemilik rekening pun kaget campur senang. Namun sayangnya kebahagiaan mereka harus berakhir karena pihak Bank Mandiri mengetahui ini. Alih-alih bisa bersenang-senang, uang 9 juta itu pun harus dikembalikan. Mudah-mudahan lain kali dapat rejeki beneran ya.

Sang adik dapat 9 juta, si kakak dapat 90 juta

Cerita ini masih berhubungan dengan kisah pada poin sebelumnya. Jadi, entah bagaimana, ternyata kakak dari pemilik rekening yang bertambah 9 juta tadi juga mengalami hal serupa. Bedanya, si kakak mendapatkan 90 juta. Tentu ia kaget mendapati saldonya bertambah sebanyak ini. Terbayang sudah motor sport atau handphone flagship kekinian.

Enak bener dapat 90 juta [Sumber Gambar]
Alih-alih benar-benar memanfaatkan si uang gaib, sang kakak sengaja tidak melakukan aktivitas apa pun. Beda dengan si adik yang langsung transfer uang erornya. Kejadian ini pun akhirnya diketahui oleh pihak Mandiri dan segera dilakukan penanganan. Kejadian ini macam uang gajian ya, yang numpang lewat doang tanpa bisa dirasakan hehe.

Dapat 17 juta, tapi …

Masih soal kejadian erornya Mandiri beberapa waktu lalu. Seorang pria asal Batam bernama Adit juga mengaku kalau rekeningnya bertambah secara misterius. Jumlahnya lumayan lho, 17 jutaan. Hal ini diketahui ketika ia mengecek saldo di M-Banking-nya di pagi hari.

Dapat 17 juta tiba-tiba? Hmmm [Sumber Gambar]
Mendapati saldonya nambah banyak, Adit pun ingin langsung menarik semua uangnya. Bergegaslah ia menuju ATM terdekat. Begitu coba ditarik ternyata tidak bisa. Singkat cerita, Adit pun hanya bisa tertawa kecut sambil bilang, “Ya, berarti belum rezeki saya, hehehe.” Biasanya sesuatu yang terlalu gampang didapatkan akan mudah juga hilangnya. Ya macam kejadian ini.

Nggak tanggung-tanggung, rekening jebol dapat 100 triliun rupiah!

Tercatat Bank Mandiri tidak cuma sekali ini mengalami eror. Di tahun 2016 lalu juga pernah ada kejadian serupa. Termasuk fenomena bertambahnya saldo para nasabah. Bahkan ketika itu ada yang kecipratan sampai Rp 100 triliun. Bisa bayangin nggak uang sebanyak ini? Ya, kalau dibuat beli dawet, bisa lah kamu pakai mandi sehari tiga kali selama 80 tahun.

Silakan hitung sendiri ya [Sumber Gambar]
Awal ceritanya sama seperti yang lain, pria bernama Tomedy ini iseng ingin setor uang dan cek saldo yang nggak sampai sejuta. Sampai akhirnya ia mendapati bahwa saldonya bertambah 100 triliun. Karena aneh, ia pun lapor ke pihak bank. Setelah melalui beberapa proses, termasuk beberapa laporan lanjutan, akhirnya rekening Tomedy kembali normal. Bayangkan kalau seumpama bank menganggap uang ini sah, pria ini pun bakal saingan sama pak Hartono bersaudara.

Apa yang bisa diperbuat dengan saldo gaib?

Saya juga seperti kalian yang akan sangat bahagia ketika mendapati rekening nambah secara tiba-tiba. Tapi, dilihat dari sisi hukumnya, boleh nggak sih sebenarnya memanfaatkan uang semacam ini? Jawabannya tentu saja tidak. Memanfaatkan duit nyasar itu ada pidananya. Nah lho, kagak bisa sembarangan.

Jangan sampai kayak gini ya [Sumber Gambar]
Jadi menurut Pasal 85 UU No. 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana, disebutkan bahwa siapa pun yang sikat uang nyasar di rekeningnya sendiri, padahal dia tahu itu bukan haknya, maka bisa dituntut hukuman 5 tahun penjara atau denda 5 milyar. Di sini nggak disebutkan berapa nominal uang yang dimanfaatkan, jadi bisa diasumsikan seminimal mungkin. Misal kamu ambil duit nyasar walaupun cuma dua ribu perak, tuntutannya ya bisa lima milyar itu. Hmm, modyar nggak tuh.

BACA JUGA: Banyak yang Tertipu, Inilah Cara Bedakan Struk ATM Asli dan Palsu

Jadi ketika mendapati uang tiba-tiba banyak di rekening bukanlah sebuah rejeki ya. Kalau kamu sengaja memanfaatkan malah bisa bikin hari-hari berseragam orange. Lagi pula apa nggak kasihan dengan mereka yang nabung bertahun-tahun eh duitnya raib. Bisa saja uang yang melayang ke rekening seseorang ternyata duit mereka. Orang habis ngepet duitnya ilang saja sebel, apalagi yang sudah nabung bertahun-tahun.