in

5 Sajian Ini jadi Favorit Nabi untuk Buka dan Sahur, Kamu Pernah Coba?

Saat bulan puasa tiba, sudah pasti ada berbagai macam makanan dan minuman yang kita inginkan tersaji saat berbuka atau sahur. Namun, sebagai umat Rasulullah, sudah sangat pantas kalau kita juga mencontoh apa yang menjadi santapan beliau, di kala berbuka dan juga sahur. Karena, sudah tentu hal tersebut mendatangkan manfaat secara tersendiri.

Kali ini, Boombastis.com akan membahas beberapa makanan yang menjadi favorit Nabi Muhammad SAW saat beliau sahur dan juga berbuka. Apa saja? Simak sampai habis ya guys.

Berbagai macam jenis buah-buahan

Anggur [sumber gambar]
Yang pertama, saat berbuka puasa ataupun sahur, Rasulullah pasti selalu sedia buah-buahan. Buah yang pertama adalah kurma. Dalam banyak riwayat, kurma ini bisa menangkal sihir dan juga racun. Selain kurma, ada juga buah delima, semangka, anggur dan juga kismis. Buah-buahan di atas juga masing-masing punya keutamaan, dari mencerahkan wajah dan menghilangkan dahak hingga bagus untuk ibu hamil.

Madu, obat dari segala obat

Madu [sumber gambar]

Di dalam Alquran disebutkan bahwa madu itu adalah obat. Manfaat madu bahkan diakui hingga kini. Maka, tidak mengherankan pula kalau Rasulullah SAW menjadikan madu sebagai salah satu menu pilihan untuk berbuka bahkan dianjurkan untuk dikonsumsi. Kalau sekarang, kamu bisa mencampur madu dengan berbagai macam makanan, bisa dengan roti, atau dijadikan minuman juga nikmat.

Minyak Zaitun, tak kalah menyehatkan pula

Minyak Zaitun [sumber gambar]
Seperti disebut dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dan Ibnu Majah, Zaitun merupakan pohon yang diberkati. Mengkonsumsi Zaitun bisa menghindarkan dirimu dari gangguan setan. Sekarang, zaitun sangat terkenal untuk kecantikan dan juga bahan makanan. Pun, saat ini sudah banyak sekali kreasi makanan yang bisa dibuat dengan menggunakan minyak zaitun. Tinggal googling aja, pasti beres semua deh~

Susu sebagai pelengkap nutrisi untuk tubuh

Susu [sumber gambar]
Dalam komposisi makanan 4 sehat 5 sempurna, susu adalah penyempurna alias pelengkap agar nutrisi untuk tubuh semakin komplit. Susu juga merupakan minuman Rasulullah saat beliau sedang menjalankan puasa. Disebutkan dalam hadits riwayat Abu Dawud dan Ibnu Majah bahwa “Dan barangsiapa yang minum susu yang dikaruniai oleh Allah, hendaknya ia berdoa: (ya Allah berilah keberkahan kepada kami dalam susu ini dan karuniakan kami lebih banyak dari susu ini) karena aku tidak tahu satupun yang bisa menggantikan makanan dan minuman melebihi susu.” 

Jangan lupa, air putih selalu menjadi yang terbaik

Air putih [sumber gambar]
Yang terakhir ada air putih. Kalau minuman satu ini sih memang enggak ada tandingannya ya. Mau puasa atau tidak puasa, minum air putih bisa membuat tubuh lebih segar, mencegah dehidrasi, dan juga menyehatkan ginjal. Nah, hal yang sama perlu kamu lakukan saat menjalankan ibadah puasa. Minum air putih secara cukup dapat mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuhmu.

BACA JUGA: 60 Tahun Sediakan Takjil di Masjid Nabawi, Kakek Ini Bekerja dengan Sangat Senang Hati

Jadi, catat makanan dan minuman di atas ya. Jangan lupa konsumsi saat nanti bulan puasa. Karena segala hal yang sudah menjadi kebiasaan Rasulullah sudah tentu baik dan akan menimbulkan manfaat tersendiri.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Bikin Hati Adem, Ini Momen 5 Seleb yang Sungguh-sungguh ketika Belajar Mengaji

5 Hal Ini Bikin Stafsus Millenial jadi Bahan Gibah Netizen, dari Gaji Besar hingga Surat untuk Camat