Indonesia memang punya pesona yang bisa membuat siapapun kagum, bukan hanya tentang wisata dan tempat-tempat di alam terbuka, tapi juga budayanya. Terdiri dari puluhan propinsi dan punya kebiasaan di daerah masing-masing, banyak membuat orang luar negeri tertarik untuk tinggal di Indonesia. Walaupun masih masuk negara berkembang, bukan berarti Indonesia nggak bisa menjanjikan apapun untuk warga negaranya. Terbukti dengan pertumbuhan penduduk yang segini banyak, pertumbuhan ekonomi juga masih bisa diatasi. 

Budaya dan kehidupan masyarakat Indonesia yang unik, membuat banyak orang ingin pindah ke Bumi Pertiwi ini. Salah satunya adalah YouTube bernama Sacha Stevenson ini. Ia adalah bule cantik asal Kanada yang udah lebih dari 10 tahun tinggal di Indonesia! Nggak hanya ingin tinggal saja, Sacha juga membuat kontribusi yang mengagumkan lho! Gimana sih ceritanya? Simak yuk di bawah ini!

Ternyata  Sacha dari sononya adalah perempuan yang suka petualangan!

Seseorang yang suka berpetualang. [Sumber Gambar]
Sacha lahir di Kanada tepatnya 21 Januari 1982 lalu, terlahir dalam keadaan dibesarkan oleh ibunya sendirian, Lois Stevenson. Rupanya Sacha tumbuh menjadi seorang anak perempuan yang sedikit tomboy. Keinginan untuk selalu berpetualang tumbuh dalam dirinya karena sejak kecil memang ia hidup berpindah-pindah. Petualangan pertamanya adalah menghabiskan waktu di kota Jamaika, Afrika. Di sana ia sempat menjadi pengrajin perhiasan buatan tangan untuk menghidupi kebutuhan sehari-harinya di sana.

Rela tinggal di kosan sempit agar bisa punya uang cukup untuk keliling Indonesia!

Keren banget, bisa keliling Indonesia dengan usaha sendiri. [Sumber Gambar]
Petualangan Sacha berlanjut saat kembali ke Kanada sejenak dan mendaftarkan diri sebagai tenaga pengajar bahasa Inggris dan mendapatkan tawaran kerja untuk ke Jakarta. Saat itu ia nggak tau apa-apa tentang Indonesia, tapi yang pasti membuatnya tertarik adalah di bayangannya Indonesia adalah negara tropis yang punya banyak buah-buahan. Ternyata setelah beberapa lama tinggal di sini sebagai pengajar Sacha memutuskan untuk mengumpulkan uang dari hasil mengajarnya dan menyewa kosan sempit dan tidak membeli furniture apapun. Hasilnya selama setahun ia berhasil mengumpulkan uang sebanyak 40 juta Rupiah yang ia gunakan untuk keliling Indonesia!

“Bule on Blades” Bukti Sacha lebih peduli tentang lingkungan di negeri ini daripada orang Indonesia sendiri

Keren dan unik deh! [Sumber Gambar]
Tinggal di Jakarta ternyata tidak se-menyenangkan yang Sacha pikirkan karena macetnya Jakarta nggak membuat hidupnya tenang. Sebal karena harus menghabiskan kurang lebih 3-4 jam setiap harinya untuk menghadapi macet, ia memutuskan untuk memakai sepatu roda ke mana-mana. Cepat dan mudahnya ia pergi menggunakan sepatu roda ini membuat Sacha ingin berkontribusi lebih dengan membuat kampanye “Bule on Blades” di mana ia akan traveling menggunakan sepatu roda dari Jakarta sampai Bali dan menanam pohon di sepanjang jalan. Keren banget kan!

Jatuh cinta dengan budaya Indonesia, ia abadikan dalam video-videonya

Jadi YouTuber nih! [Sumber Gambar]
Mari kita akui bersama kalau Indonesia tentu masih punya kekurangan di sana-sini, mulai dari pemerintahan yang korup sampai kebiasaan orang Indonesia yang aneh-aneh. Bagi Sacha justru hal inilah yang membuat Indonesia unik di matanya, dan ia sering membuat video-video parodi yang banyak membahas tentang orang Indonesia. Series ini ia beri judul “How to Act Indonesian” yang sudah dilihat ratusan ribu viewers.

Sekarang tinggal di Bali bersama keluarga kecilnya

Hidup bahagia dengan keluarganya. [Sumber Gambar]
Makin ke sini memang Indonesia semakin banyak konflik, apalagi di daerah Ibukota tentu banyak hal yang jadi sumber masalah. Oleh karena itu Sacha dan keluarganya kini tinggal di Bali bersama satu anak perempuan, hasil pernikahannya dengan laki-laki Sunda bersama Angga. Sampai saat ini ia masih rajin upload video-video lucu yang bisa kamu akses di YouTube, lho!

BACA JUGA: 7 Alasan Kenapa Bule Selalu Ingin Kembali ke Indonesia, Sekali Lagi!

Sacha Stevenson membuktikan bahwa ornag luar negeri pun bisa lho cinta dengan Indonesia! Sacha menghabiskan waktunya untuk berpetualang keliling Indonesia dan berusaha akrab dengan penduduk sekitarnya. Belum lagi ia rajin membuat video-video yang berani menyindir dan juga mengkritik kebiasaan orang Indonesia. Kalau kamu punya cara apa nih untuk mencintai Tanah Air? Share yuk di kolom komentar!