in

Bikin Bangga! Inilah 4 Bukti Kalau di Rusia Sedang Terkena ‘Demam’ Indonesia

Bukan lagi rahasia kalau budaya Indonesia memang jadi favorit beberapa negara. Bukan karena apa, memang keunikan serta kekayaan budaya membuat banyak orang asing jadi tertarik mempelajarinya. Bahkan tak jarang yang sampai datang ke tanah air kita hanya demi melihat dan belajar secara langsung dari sumbernya.

Siapa sangka kalau hal itu juga terjadi di Rusia. Alih-alih mempelajari budaya lain yang ada bahasa dan kebudayaan negeri kita ramai diidolakan. Lalu benarkah perkembangan segala tentang Indonesia sedang booming di sana? Simak ulasan berikut.

Tertarik dengan budaya tanah air, bahasa Indonesia diminati di Rusia

Mungkin bukan hal aneh lagi seandainya para pelajar mendapat pendidikan beberapa bahasa asing. Bukan karena apa, memang untuk hidup di zaman modern ini dibutuhkan lebih dari satu bahasa. Pun demikian di negara maju lainnya juga menerapkan hal yang serupa. Namun siapa sangka ada yang unik dengan negeri Rusia.

Bahasa Indonesia diminati [sumber gambar]
Ya negara yang dijuluki beruang merah itu ternyata bahasa Indonesia jadi bahasa asing yang diminati. Hal ini serupa degan yang dikatakan duta besar Indonesia di sana, Wahid Supriyadi. Buktinya ada kurang lebih ada dua universitas yang sengaja membuka jurusan bahasa Indonesia loh, dan sudah diduga kalau banyak peminatnya.

Tak melulu soal bahasa, kuliner pun banyak yang kepincut

Biasanya kalau orang luar mencoba makanan Indonesia, harus milih-milih dulu. Pasalnya lantaran makanan yang masuk ke perut berbeda, jadinya bisa saja sakit kalau diberi masakan khas Indonesia. Namun ternyata hal itu tidak berlaku pada orang Rusia, hal ini karena banyak makanan khas negara kita yang cocok baik di mulut maupun perut mereka.

Sambal di minati [sumber gambar]
Semisal,  sambel yang memang jadi tak bisa dipisahkan dari orang Indonesia namun ternyata  cocok diperut orang Rusia. Hal ini dibuktikan saat pameran yang dilakukan kedutaan Indonesia, bayangkan saja ternyata sambel khas tanah air jadi favorit di sana. Wah jadi bangga juga ya kalau sampai sambel bisa go internasional.

Jangan kaget pasalnya lagu lawas Indonesia terkenal di sana

Lagu “Naik Delman” dan “Rayuan Pulau Kelapa” mungkin sangat akrab di telinga kita. Bagaimana tidak, pasalnya lagu tersebut memang diajarkan sejak kita kanak-kanak. Namun siapa sangka banyak orang Rusia yang juga hafal loh dengan lagu tersebut. Namun tentu dengan lirik yang berbeda lantaran berbahasa Rusia.

Itu bukan hal yang aneh mengingat beberapa lagu lawas memang juga terkenal di sana. Usut punya usut, beberapa lagu khas negara kita itu memang di aransemen ulang oleh beberapa musisi Rusia lantaran juga hasil kerja sama antaran kedua negara. Wah kalau begini semoga keduanya bisa langgeng terus ya…

Makin banyak yang ingin belajar tentang budaya asli kita

Satu lagi yang bikin bangga antara kedekatan Rusia dengan Indonesia ini bahwa masing-masing penduduknya bisa bertukar masalah budaya. Namun siapa sangka kalau di negeri beruang merah itu justru sangat menyambut hangat mengenai hal ini.

Budaya Indonesia diminati [sumber gambar]
Bagaimana tidak, pasalnya dalam festival budaya yang diadakan di sana ternyata banyak sekali yang antusias ingin lebih mengenal budaya kita. Bukan hanya itu, tak jarang para orang Rusia sendiri loh yang tampil membawakan pakaian adat atau tari-tari yang ada di Indonesia. Tuh lihat sendiri kan bagaimana salutnya negara yang dipimpin Putin itu pada tanah air tercinta kita.

Dengan mengetahui betapa antusiasnya masyarakat Rusia dengan Indonesia, tentu jadi sebuah kabar baik. Pasalnya dengan adanya hal ini diharap hubungan antaran kedua negara pun bisa semakin erat. Mengingat memang kerja sama antara keduanya sudah ada dari dulu, dan semoga bisa langgeng terus.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

10 Modifikasi Nyeleneh Angkot Indonesia Dijamin Gak Kalah dangan Mobil Pabrikan Ferrari

Perbandingan Jumlah Gelar Pendidikan Milik Presiden Indonesia, Pak Jokowi Urutan Berapa?