in

Kerap Jadi Tempat Maksiat, Ini Caranya Supaya Rumah Kosong Tetap Bermanfaat

Rumah kosong sering kali kita jumpai di beberapa kampung atau perumahan. Ada yang rumahnya terlihat bersih karena pastinya dirawat oleh pemilik. Tapi banyak juga yang tidak terawat sampai temboknya kusam dan banyak rumput di bagian depannya. Nah, rumah kosong tak terawat ini biasanya digunakan oleh orang-orang iseng untuk melakukan hal kurang pantas.

Salah satunya seperti yang terjadi di Depok ini gengs. Ada sebuah rumah kosong di Jalan Tole Iskandar yang dicurigai masyarakat sekitar dijadikan tempat macam-macam. Pasalnya, salah seorang warga pernah mendengar suara jeritan wanita dari rumah tersebut. Singkat cerita, setelah ditelusuri, rumah kosong tersebut dijadikan tempat untuk ritual santet dan semacamnya Sahabat Boombastis. Kalau sudah begitu, bagaimana ya caranya rumah kosong tidak dijadikan tempat untuk hal yang macam-macam?

Pemilik rumah tidak malas merawat hunian tersebut

Supaya rumah kosong tidak dijadikan tempat kurang pantas, hal pertama yang perlu dilakukan adalah pemilik rumah harus rajin. Maksud dari rajin di sini, si pemilik rumah tidak malas membersihkan hunian tersebut secara berkala.

Rumah sering dibersihkan [Sumber Gambar]
Entah mingguan atau bulanan sekali pun. Ini dilakukan supaya orang-orang di luar kampung mengira, kalau rumah tersebut masih ada penghuninya. Jadi enggak ada yang berpikiran menjadikan rumah tersebut untuk tujuan buruk.

Dijadikan tempat untuk berjualan

Supaya rumah kosong ada manfaatnya, ada baiknya digunakan untuk berjualan. Terserah ingin berdagang apa, yang terpenting jangan berjualan barang haram lho.

Dijadikan tempat usaha [Sumber Gambar]

Kalau sudah begini, pastinya rumah akan bermanfaat dan tentu tidak akan ada orang ingin menggunakan hunian tersebut untuk tempat macam-macam. Nah, selain itu, rumah juga akan terhindar dari aura negatif, misalnya hantu-hantu yang demen banget bertempat tinggal di rumah kosong.

Dialihfungsikan menjadi kos-kosan

Metode lain supaya rumah kosong tetap bermanfaat adalah dengan menjadikannya sebuah kos-kosan. Yup, Sahabat Boombastis pasti tahu lah bagaimana usaha kos saat ini, keuntungannya sangatlah berlipat.

Dijadikan tempat kos [Sumber Gambar]
Tapi memang sih untuk memulai usaha satu ini wajib sekali melihat lokasinya. Sebab, kos-kosan akan lebih laris jikalau berdekatan dengan tempat kerja atau universitas. Namun, tak ada salahnya untuk dicoba terlebih dulu sih. Siapa tahu ada yang tertarik dan ingin kos di sana.

Menjual rumah kosong tersebut

Cara terakhir yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan menjual rumah kosong tersebut. Ini bisa dilakukan bagi pemilik rumah yang sudah tidak sempat mengurus tempat tinggal itu. Eh tapi, sebelum menjual rumah, ya ada baiknya untuk membersihkan huniannya terlebih dulu gengs. Ya supaya enak dipandang lah oleh calon pembeli.

Menjual rumah kosong [Sumber Gambar]
Namun, para pemilik rumah juga wajib untuk mengetahui karakter dari si pembeli. Tahap ini harus dilakukan agar rumah tidak jatuh ke orang yang salah. Ditakutkan rumah tersebut dijadikan tempat untuk tujuan kurang baik.

BACA JUGA : 5 Tempat-tempat Indah yang Kosong karena Ditinggal Seluruh Penghuninya

Cara-cara inilah yang bisa dilakukan supaya rumah kosong tetap bermanfaat. Pada intinya, rumah kosong tersebut akan jauh lebih baik kondisinya ketika si pemilik tidak mendiamkan hunian tersebut. Asalkan rumah dijaga dengan baik, orang lain tidak akan berpikir kalau tempat tinggal tersebut tak ada penghuninya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Membandingkan Kamar Tidur 4 Seleb Indonesia, Apalah Aku Hanya Sobat Misqueen

Melihat Alasan Pelarangan PUBG di Seluruh Dunia yang Ternyata Lebih ‘Kejam’ dari Indonesia