in

Zircon, Rudal Hipersonik Buatan Rusia yang Kekuatannya Tak Terbendung

Ilustrasi rudal Zircon Rusia [image: source]

Pengembangan senjata dan peralatan militer sedang gencar dilakukan Rusia beberapa tahun belakangan. Hal ini terkait dengan berkembangnya ancaman negara adidaya AS. Karena itu, sang Presiden Rusia Vladimir Putih memerintahkan para pimpinan militer Rusia untuk menambah kekuatan nuklir dengan rudal-rudal super kuat yang tak tertandingi oleh siapa pun.

Salah satu yang paling fenomenal adalah rudal Zircon. Konon, rudal supercepat ini tak ada tandingannya di dunia. Mulai dari kecepatan yang super edan (enam kali kecepatan suara), hingga teknologi khusus yang memungkinkan rudal ini tak mampu dibendung. Dipercaya, perpaduan antara kapal tenaga nuklir Rusia dan rudal Zircon adalah paduan kekuatan militer tak tertandingi. Nah, berikut ini fakta selengkapnya tentang rudal Zircon.

Tidak Bisa Dibendung Pencegat Rudal Manapun

Rusia menciptakan rudal Zircon [image: source]
Umumnya, secanggih-canggihnya rudal pasti akan takluk dengan sistem pencegat rudal. Namun hal semacam ini tidak berlaku untuk Zircon. Rudal ini dipercaya tak bisa dibendung bahkan oleh sistem anti rudal terbaik. Hal ini dikarenakan ia dikemas dengan banyak kemampuan, termasuk salah satunya adalah sematan teknologi scramjet. Berdasarkan laporan dari IB Times pada 27 Maret 2017 lalu, satu-satunya sistem pertahanan yang mampu menghancurkan Zircon hanya sistem pertahanan yang dimiliki si pembuat atau Rusia.

Memiliki Kecepatan Lesat Yang Fantastis

Ilustrasi rudal [image: source]

Rudal Zircon ini dilaporkan bisa melesat lima sampai enam kali lebih cepat dari kecepatan suara. Kabarnya kecepatan lesat rudal canggih ini mencapai 4.600 mil per jam (mph), atau setara dengan 8000 kilometer perjam atau 2,3 km perdetik. Sedangkan jangkauan yang dapat ditempuh maksimal sebesar 300 km. Anggaplah untuk menempuh jarak antara Jogja dan Jakarta, maka rudal ini hanya butuh waktu sekitar 200 detik atau tiga menit saja. Wah, lebih cepat dari membuat secangkir kopi ya. Jika dibandingkan dengan rudal canggil milik angkatan laut Inggris bernama Ceptor, maka rudal Zircon menang telak. Karena kecepatan Ceptor hanya setengah dari Zircon atau 2.300 mph.

Teknologi Canggih pada Rudal Zircon

Ilustrasi rudal Zircon [image: source]
Selain didukung dengan teknologi scramjet yang bisa merobek pertahanan, rudal Zircon juga dilengkapi inlet. Benda ini akan memungkinkan udara untuk dikompresi dan dicampur dengan bahan bakar di ruang pembakaran. Karenanya, rudal Zircon hampir tidak bisa mengalami kegagalan mekanis sebab inlet memungkinkan lebih sedikit bagian yang bergerak. Jadi berbeda dengan teknologi rudal lainnya, Zircon tak menggunakan kipas, atau turbin berputar.

Rudal Zircon Mungkin Dipasang Pada Kapal Perang Bertenaga Nuklir

Ilustrasi rudal Zircon Rusia [image: source]
Rudal yang pada tahun ini sedang dalam tahap pengujian diperkirakan akan digunakan pada tahun 2020. Terkait hal ini, Angkatan laut Amerika Serikat memperingatkan bahwa bisa saja rudal canggih ini dipasang pada Kirkov. Seperti yang dunia tahu, Kirkov sendiri adalah kapal perang Rusia dengan ukuran besar dan menggunakan tenaga nuklir yang paling ditakuti AS. Rudal Zircon juga akan menjadi ancaman besar bagi kapal induk Inggris seperti HMS Queen Elizabeth atau HMS Prince of Wales. Diperkirakan kedua kapal tersebut tidak akan mampu menahan laju si rudal Zircon.

Dikembangkan Oleh Perusahaan Misil Taktis OJSC

Detail rudal Zircon Rusia [image: source]
Pengerjaan rudal Zircon dilakukan oleh sejumlah ilmuwan yang berasal dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia dan Yayasan Penelitian Terdepan yang dibawahi Komisi Industri Militer. Perusahaan ini sendiri dikenal sebagai perusahaan spesialisasi produksi rudal dengan kecepatan tinggi dalam menjelajahi udara. Perusahaan ini jugalah yang telah membuat bom udara tipe KAB-500Kr, senjata torpedo, perangkat roket antariksa dan sistem senjata elektronik. Sepak terjang dari Perusahaan Misil Taktis OJSC selama ini diyakini akan membawa rudal Zircon menjadi rudal paling canggih dan super kuat.

Besarnya potensi yang dimiliki rudal Zircon bisa membuat negara-negara lain tunduk. Bisa jadi dengan Zircon, kedepannya Rusia akan memiliki militer yang lebih kuat dari AS. Bagaimana menurut pendapatmu?

Written by Aini Boom

Leave a Reply

Waspada! Inilah Modus Baru Pengemis Gadungan untuk Mendapat Simpati

Selain Aceh, Sulawesi Juga Punya Suku Kerdil yang Disebut-Sebut Sebagai Manusia Setengah Siluman