in

AIM-9X Sidewinder, Rudal Udara Populer Buatan Amerika yang Akan Segera Dimiliki Indonesia

AIM-9X Sidewinder [image: source]

Nampaknya impian militer Indonesia untuk memiliki rudal udara paling populer di dunia akan segera terwujud. Dilansir dalam situs sputniknews.com, Raytheon yang merupakan kontraktor militer Amerika Serikat menyatakan dalam jumpa pers pada hari Jumat 31 April 2017 telah menerima pesanan dan akan memproduksi rudal untuk Indonesia.

Rudal yang dimaksud adalah jenis rudal udara AIM-9X Sidewinder yang bisa digunakan untuk angkatan udara. Selain Indonesia, ada beberapa negara lain yang juga memesan rudal udara paling populer ini.

Tentang AIM-9X Sidewinder

AIM-9X Sidewinder merupakan rudal udara versi paling mutakhir dari Sidewinder. Kelebihan rudal ini adalah kemampuan menghancurkan target dari jarak yang cukup jauh, yaitu 20 kilometer. Rudal yang terus dikembangkan sejak tahun 1996 ini pun dilengkapi kemampuan first shot dan first kill yang lebih responsif dari versi rudal Sidewinder lainnya.

AIM-9X Sidewinder [image: source]
Adapun negara lain selain Indonesia yang juga akan mendapat jatah hasil produksi Raytheon ini adalah Australia, Polandia, Rumania, Taiwan, serta Belanda.

Kemampuan Tingkat Tinggi dalam Mengejar  Target

Selain memiliki kemampuan penghancur dari jarak jauh, AIM 9X Sidewinder juga merupakan rudal yang dilengkapi dengan thrust vectoring yang terhubung ke guidance fins. Itu artinya, rudal udara ini dapat mengejar target yang bahkan arahnya berbelok. Memiliki radius putar hingga 120 meter, membuat AIM 9X Sidewinder memungkinkan pesawat luncur tidak perlu lagi melakukan manuver untuk menyesuaikan target saat akan dilakukan penembakan. Yup, cukup melepaskan AIM 9X dan kemudian rudal ini akan dengan sendirinya mengejar target.

AIM-9X Sidewinder buatan Raytheon [image: source]

Mengoperasikan AM-9X diintegrasikan dalam joint mounted helmet mounted cuing system (JHMCS) buatan Boeing yang dikenakan pilot. Sampai saat ini, AIM-9X Sidewinder menjadi rudal yang paling diandalkan untuk jet-jet tempur canggih milik Amerika Serikat sepert F-15 Strike Engle dan F-22 Raptor.

 Harga Fantastis AIM 9X Sidewinder

Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyatakan akan memproduksi 317 unit AIM-9X Sidewinder yang salah satunya untuk Indonesia guna memenuhi kebutuhan TNI AU. Pernyataan yang dikeluarkan pada 31 Maret 2017 lalu mengingat pada pertengahan tahun 2015 tentang tawaran paket penjualan rudal udara oleh Pemerintah AS ke Indonesia.

AIM-9X dan rudal AIM-120 AMRAAM [image: source]
Kala itu lewat program-program Foreign Military Sale (FMS), Amerika menawarkan rudal super canggih dengan nilai sebesar $47 juta atau setara dengan Rp 625,993 miliar.

Fasilitas Yang Akan Didapat Dengan 47 Juta Dollar US

Merujuk pada tawaran di tahun 2015, maka nantinya Indonesia akan mendapatkan paket penjualan AIM-9X Sidewinder berupa pengiriman 30 unit rudal AIM-9X-2 Sidewinder Block II, 20 unit AIM-9X-2 captive air training missiles (CATM), 2 unit CATM-9X-2 Block II tactical missile guidance units, 4 unit CATM-9X-9X-2 Block guidance units, dan dua dummy air training missile. Selain itu, pembelian ini juga mencakup ke aspek rudal dummy yang digunakan untuk kepentingan berlatih.

Ilustrasi AIM-9X Sidewinder [image: source]
Tak hanya itu, paket yang bernilai 47 juta dollar itu juga memberikan container rudal, suku cadang, perbaikan, perangkat test sets, peralatan pendukung, dokumen teknis peralatan latihan serta pelatihan personil. Kehadiran rudal ini memberikan optimisme dan peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan kemampuan penangkalan ancaman serta menangani stabilitas regional. Dan lebih penting juga untuk memperkuat pertahanan teoriti di tanah air.

Keberadaan rudal udara AIM-9X Sidewinder yang akan segera hadir di Indonesia, diharapkan dapat meningkatkan kekuatan militer di tanah air. Sehingga nilai ratusan miliar rupiah yang dikeluarkan tidak akan bernilai sia-sia. Bagaimana menurut pendapatmu?

Written by Aini Boom

Leave a Reply

Uniknya Suku Mosuo, di Mana Perempuan yang Jadi Penguasa dan Berhak Punya Banyak Pasangan

Panglima Jukse Besi, Kesatria Andalan Indragiri yang Tak Mempan Ditembak Portugis