in

Hyena, Ritual Aneh Afrika di Mana Seorang Pria ‘Legal’ Meniduri Para Gadis Muda

Dilema seorang Hyena [Image Source]

Hyena, mendengar nama ini pasti kita sudah langsung mengasumsikannya dengan salah satu hewan buas khas Afrika itu. Tapi, bagi masyarakat terpencil di beberapa desa di Malawi, Hyena selalu dihubung-hubungkan dengan ritual aneh yang ada di sana. Bukan sembarang ritual, melainkan sesuatu yang berbau seksual.

Hyena menurut warga di beberapa desa tersebut adalah gelar kehormatan yang disematkan kepada seorang pria terpilih. Hyena sendiri memiliki tugas untuk melakukan ritual ‘pembersihan’ kepada para gadis-gadis yang akan menikah. Cara membersihkannya sendiri bukan seperti apa yang kita pikir, tapi lewat hubungan badan. Masyarakat setempat sangat percaya barang siapa gadis yang melakukan ritual ini, maka mereka akan bahagia dalam rumah tangga dan bebas dari penyakit. Seorang Hyena sendiri bisa meniduri ratusan gadis selama hidupnya.

Di satu sisi, tanggung jawab ini mungkin menyenangkan bagi Hyena sebagai seorang lelaki. Tapi, di sisi lain praktik tersebut juga jadi sesuatu yang begitu dilematis, terutama tentang status mereka di tengah keluarga. Masih tentang Hyena Malawi, berikut adalah catatan dari kisah mereka yang akan membuatmu terbelalak.

Peran Hyena Saat Ada Gadis yang Akan Menikah

Ukuran pantas tidaknya menikah bagi perempuan di desa-desa terpencil Malawi yang namanya disembunyikan ini, adalah ketika mereka mendapati menstruasi pertama. Jadi, begitu mereka mengalami siklus bulanan untuk yang pertama kali, maka itu artinya seorang gadis siap dipersunting. Hal itu juga jadi alarm khusus bagi seorang Hyena untuk melakukan tanggung jawabnya.

Hyena dilakukan kepada gadis sebelum menikah [Image Source]
Hyena dilakukan kepada gadis sebelum menikah [Image Source]
Singkat cerita, kemudian ketika seorang gadis benar-benar siap menikah, maka mereka diwajibkan untuk ‘dibersihkan’ oleh seorang Hyena. Caranya seperti yang sudah disinggung di atas yakni dengan melakukan hubungan badan. Penduduk di desa-desa ini begitu yakin jika tidur dengan Hyena adalah cara terbaik untuk menghilangkan penyakit dan memberikan kebahagiaan bagi si gadis.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Peradaban Dunia Ternyata Berasal dari Indonesia, Teori Ini Jadi Buktinya

Lembah Wallanae, Situs Paleolitik Terbesar di Sulawesi yang Menjadi Surga Benda Purbakala