in

Rita Gaviola, Mantan Pengemis yang Viral karena Kecantikannya Kini Ikut Miss Universe 2021

Ajang kecantikan dunia, Miss Universe merupakan yang terbesar di dunia. Di sana, para wanita terpilih akan menunjukkan kemampuan modeling hingga kecakapan intelektual. Tentunya mereka bukanlah wanita sembarangan. Namun, siapa sangka seorang pengemis  Filipina juga mengikuti ajang tersebut.

Baru-baru ini, sosok wanita cantik asal Filipina yang disebut sebagai pengemis, menjadi buah bibir karena kecantikannya. Faktanya, ada kisah hidup yang terungkap sebelum akhirnya pengemis ini berani mengikuti ajang kecantikan besar tersebut. Siapa dia dan bagaimana kisah hidupnya? Simak ulasan berikut.

Dipotret oleh seorang fotografer dan viral di media sosial

Rita Gaviola, gadis Filipina yang saat itu masih berumur 13 tahun, harus bekerja menjadi seorang pengemis setelah pulang sekolah demi membantu ekonomi keluarga. Orang tuanya memiliki 6 anak, di mana 4 lainnya sedang mengenyam pendidikan. Sementara, ayah Rita hanyalah seorang tukang kebersihan.

Rita Gaviola sedang mengemis bersama adiknya [sumber gambar]
Kala itu, tepatnya di tahun 2016, ia mengemis bersama adiknya di Festival Pahiyas yang diadakan di Lucban, Quezon. Seorang fotografer Filipina, Topher Quinto Burgos, secara tak sengaja memotret Rita. Topher pun tertarik dengan kecantikan alaminya dan mencoba mengunggahnya ke media sosial. Saat itulah, potret Rita Gaviola menjadi viral.

Nasib yang berubah drastis

Pasca viralnya Rita, beberapa ratu kecantikan pun berbondong-bondong membantu kondisi ekonomi Rita. Miss World Philippines 2015 Hillarie Daniella Parungao, Miss International Philippines 2014 Bianca Guidotti, Miss Earth 2015 Angelia Ong, ikut terjun ke membantu Rita. Ia juga dibantu beberapa artis untuk terjun ke dunia model.

Rita Gaviola menjadi model dan bintang iklan [sumber gambar]

Nasib baik pun mulai berubah, ia mendapat tawaran tampil di berbagai acara dan membintangi iklan di TV. Karirnya makin melejit saat membintangi reality show ‘Pinoy Big Brother: Lucky 7’ di tahun 2016. Sejak saat itu, ia mendapat julukan ‘Badjo Girl’ atau gadis Badjo, yang diambil dari nama etnis minoritas di Filipina.

Jadi selebgram dan ingin mewakili Filipina jadi Miss Universe

Kini, di usia yang ke 18 tahun, Rita telah menjadi selebgram dan model terkenal. @itsritagaviola, merupakan akun Instagram miliknya yang memiliki follower mencapai 188 ribu. Dari postingan di Instagram tersebut, terlihat jelas status dirinya yang berubah drastis dari sebelumnya.

Rita Gaviola menulis sebuah caption di akun instagramnya [sumber gambar]
Baru-baru ini Rita mengungkapkan keinginannya lewat akun Instagram. Dirinya berharap dapat mewakili Filipina menjadi Miss Universe 2021. Tulisan itu pun mendapat reaksi baik dari warga Filipina. Banyak yang mendukung impian Rita tersebut.

BACA JUGA: 10 Potret Dilraba Dilmurat, Aktris Keturunan Uighur Cantiknya Bak Bidadari Turun dari Surga

Rita Gaviola adalah bukti dari kesuksesan yang bisa diraih siapapun. Meski terlahir dari keluarga miskin dan berstatus pengemis, Rita tak patah semangat. Siapa sangka, takdir baik menemukan Rita pada fotografer yang membuatnya jadi terkenal seperti sekarang.

Written by Dessy Humairoh

10 Momen Tak Biasa Saat Sekolah Daring, dari Keramas Kuah hingga Kuping Keluar Jangkrik

Kisah Remaja Penjaga Masjid yang Bikin Salut, Padahal Orang Tuanya Pemilik Hotel dan Resort