in

RIP Bondan Prakoso Viral, Ini Lho Hal yang Sebenarnya Terjadi

Lama tak terdengar kabarnya, penyanyi cilik Bondan Prakoso tiba-tiba viral di media sosial. Sempat ngehits di tahun 2008 dengan grupnya, Fade 2 Black, Bondan Prakoso sempat menghilang dari peredaran dunia hiburan. Hari ini, fotonya muncul di laman akun gosip @lambe_turah.

Bukan karena skandal, bukan juga kabar bahagia, dalam foto Bondan Prakoso tertulis huruf RIP—yang arti umumnya merupakan rest in peace atau beristirahat dengan tenang. Netizen pun langsung heboh, sebab Bondan Prakoso tak pernah terdengar sakit. Rupanya, RIP Bondan Prakoso bukanlah mengenai berita kematian. Lantas apa?

RIP (Rhyme in Peace) oleh Bondan Prakoso

Jadi, Sahabat Boombastis, R.I.P yang dimaksudkan dalam trending topic RIP Bondan Prakoso yang viral tersebut adalah lagu karya Bondan & Fade 2 Black. Sebelum lagu Ya Sudahlah tenar, R.I.P sudah terlebih dulu lahir dan masuk dalam album Unity bersama Keroncong Protol—yang dirilis pada tahun 2007.

Berita RIP Bondan Prakoso [sumber gambar]
Memang sudah 12 tahun yang lalu, sehingga banyak orang terkecoh ketika melihat tulisan “RIP Bondan Prakoso.” RIP sendiri bukan singkatan dari rest in peace, tapi dalam lagu Bondan, kepanjangannya adalah rhyme in peace. Judulnya saja kuat apalagi lirik di dalamnya~

Makna lagu R.I.P dan untuk siapa karya tersebut dibuat

Bukan rahasia lagi, jika musisi Indonesia pada awal tahun 2000an selalu menciptakan karya yang dikulik-kulik sejarahnya oleh para pendengarnya. Tak terkecuali Rhyme in Peace karya Bondan & Fade 2 Black ini. Dilansir dari berbagai sumber, Bondan & Fade 2 Black menciptakan lagu ini untuk menghormati beat maker Fade 2 Black yang telah meninggal dunia.

Bondan & Fade 2 Black sempat berjaya [sumber gambar]

Lagu ini memang seringkali digunakan untuk mengenang siapapun yang telah lebih dulu meninggalkan dunia. Tak ayal jika irama dan liriknya sangat menyayat hati. Bisa dibilang, 11-12 lah, dengan lagu Saat Terakhir milik band ST 12 yang juga dipersembahkan untuk salah satu anggotanya yang telah meninggal dunia.

Apresiasi masyarakat terhadap lagu R.I.P

Meski dirilis tahun 2007, lagu R.I.P telah memiliki video klip, meski diunggah ke kanal YouTube yang tidak resmi. Terlihat seperti potongan film yang dibintangi Lukman Sardi, Intan Ayu, Rianti Cartwright, dan Vino G. Bastian. Dalam kanal YouTube “weweh85” banyak pendengar setia Bondan & Fade 2 Black yang mencurahkan isi hatinya lewat lagu ini.

Beberapa menuliskan penyesalam terdalam dan penghormatan kepada teman-teman maupun orang terdekat dan sangat disayang, yang telah pergi mendahului mereka. Ada pula yang berkomentar, setiap mendengar lagu R.I.P suasana selalu mendadak sedih padahal tak ada yang terjadi.

Fenomena RIP Bondan Prakoso dan Hoaks yang tersebar

Rupanya, bukan hanya hari ini muncul gambar Bondan Prakoso dengan tulisan “RIP Bondan Prakoso.” Kasus serupa ternyata sudah pernah terjadi pada tahun 2017 silam. Akun pertama yang menyebarkannya di instagram bernama @takbirmalik—entah masih aktif sampai sekarang atau tidak.

Berita kematian hoaks [sumber gambar]
Kini, poster serupa kembali tersebar, meski dengan gambar dan format yang berbeda. Akun gosip @lambe_turah yang mendengar kabar ini pun ikut mengunggah hal serupa di akun instagramnya, sambil menyuruh netizen untuk lebih bijak lagi menerima informasi. Kroscek sebelum menyebarkannya.

BACA JUGA: Berita Mr. Bean Meninggal adalah Hoax, 6 Public Figure Ini juga Pernah Mengalaminya

Fenomena hoaks tentang kematian public figure memang seringkali terjadi di dunia ini. Salah satu yang viral dan terjadi berulang kali adalah berita hoaks kematian Rowan Atkinson, pemeran Mr. Bean. Kini, Bondan Prakoso juga telah mengalaminya dua kali. Menjadi netizen yang bijak bukan hanya bisa mengunggah hal-hal positif di media sosial, tapi juga mencegah penyebaran hoaks dengan cara kroscek sebelum klik share.

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

Sosok Mahathir Mohamad, PM Malaysia yang Bisa Menjadi Panutan Bagi Pemimpin RI

Bukannya Ditolong, Korban Kecelakaan Malah Direkam, Apa Sih Penyebabnya?