in

Hati-hati! Ini Daftar Resto Online Abal-abal di Jogja yang Rawan Bikin Ketipu Pembeli

Makanan dan tempat jualan [sumber gambar]

Tersedianya Go-food atau pesan makanan secara online membuat banyak sekali pelanggan yang merasa hidup lebih mudah. Apalagi untuk mereka yang mager keluar, tak punya cukup waktu untuk pergi ke lokasi warung yang bersangkutan, jasa ojol sangatlah membantu. Tak heran, kalau kemudian banyak warung yang bekerjasama demi lakunya dagangan mereka.

Namun, hal ini ternyata juga ada yang disalahgunakan loh. Hal ini terjadi di Yogyakarta. Beberapa warung menggunakan nama makanan yang mirip identic dengan kedai femes seperti bebek H. Slamet untuk melariskan dagangan mereka. Beberapa waktu lalu, salah satu warung abal-abal memberi nama Bebek Slamet –yang jelas-jelas mirip dengan bebek H. Slamet.

Hal ini bisa membuat bingung para pembeli yang akan melakukan order makanan di sana, sehingga salah sedikit maka makanan yang dipesan tak sesuai dengan ekspektasi. Parahnya lagi, warung ini punya pelayanan yang jauh berbeda dari warung aslinya, mulai dari kebersihan hingga rasa dari makanannya.

Tempat yang disebut Warung Ijo ini beroperasi di beberapa titik yang ada di Jogja ya, guys. Mereka menggunakan politik berdagang yang sangat cerdik. Satu pedagang ini punya warung di 8 lokasi berbeda yang tersebar di Yogyakarta. Tiap satu warung ada 11 tenant di Go-Food. FYI, buat Sahabat Boombatis yang masih bingung, 11 tenant ini adalah akun yang terdaftar di aplikasi ojek online (mengatasnamakan makanan tersebut). Jadi, warung yang dimiliki ada 8, setiap warung punya 11 menu makanan yang sengaja dimirip-miripkan dengan makanan tertentu yang terkenal enak. Singkatnya, setiap satu warung ada 11 hape yang berisi masing-masing 1 akun makanan.

Warung Abal-abal di Jogja [sumber gambar]
Beberapa yang sudah dikuak oleh netizen adalah Bebek Pak Gendut (yang mirip bebek Pak Endut), Rendang Sederhana yang mirip dengan RM Padang Sederhana, Ayam Goreng Kohjoyo mirip dengan Ayam Tojoyo, serta beberapa nama lainnya. Yang membuat kesal adalah rasa makanan yang jauh berbeda dari makanan aslinya. Belum lagi, warung tempat makanan ini dibuat dianggap tak higienis. Pernah ada kejadian pelanggan yang mengeluhkan ada belatung di makanan yang mereka beli.

Adapun penamaan sama seperti makanan-makanan femes ini memang disengaja, karena target utama si pemilik warung adalah para wisatawan dan orang-orang yang mungkin belum terlalu paham dengan makanan Jogja tapi ingin mencoba. Atau mungkin para wisatawan yang kelaparan tengah malam, karena semua warung ini buka selama 24 jam. Memang terniat ya?

Makanan dan tempat jualan [sumber gambar]

Hal ini juga sudah diketahui oleh para driver ojol yang ada di Jogja. Mereka kadang menjadi sasaran bintang satu dari para customer, karena ternyata makanan yang dipesan tak sesuai dengan ekspektasi. Padahal, sebetulnya, yang salah adalah pihak penjual yang memang abal-abal dan asal dapat uang saja.

BACA JUGA: Menengok 5 Warung Makan Viral yang Beri Harga Selangit untuk Pengunjungnya

Thread dari akun Twitter @javafoodie_ ini dibuat agar para wisatawan yang berlibur atau mungkin siapapun yang berada di Jogja lebih hati-hati dalam memilih tempat membeli makanan. Sebelum membeli, lebih baik melihat review dan bintang yang ada, karena hal tersebut bisa sangat berpengaruh. Lagian, tak ada yang mau juga kan kalau makanan yang dipesan ternyata sudah busuk, tidak terjamin kebersihannya, serta harganya mahal?

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Kisah Miris Prostitusi Cianjur, Libatkan Banyak Perempuan Muda dan Turis Timur Tengah

Kenali Tanda-tanda kalau Kamu Sudah Waktunya Keluar dari Tempatmu Bekerja