in

Menelan Dana Miliaran, Begini Jadinya Kalau Kapal Nabi Nuh Dibangun Lagi

Replika Kapal Nabi Nuh [Sumber Gambar]

Kalau mendengar kisah Nabi Nuh kira-kira apa hal pertama terlintas dalam pikiranmu? Yap, tepat sekali sebuah kapal berukuran raksasa, yang digunakan beliau untuk menyelamatkan banyak makhluk hidup dari bencana besar. Masih terkait dengan transportasi melegenda tersebut, baru-baru ini ada sebuah cerita tentang tukang kayu asal negara Belanda sukses menciptakan replikanya.

Bahkan konon kapal yang menirukan milik Nabi Nuh tersebut dikabarkan siap untuk digunakan berlayar. Mendengar hal itu mungkin perasaan takjub langsung mengalir di antara pikiran kita. Pasalnya, seperti kita ketahui bukan hal mudah untuk menciptakan alat transportasi model tersebut. Lalu seperti apakah kisah Johan Huibers menciptakan replika kapal Nabi Nuh? Berikut ulasannya.

Menghabiskan waktu puluhan tahun untuk membuatnya

Proses pembuatan kapal [Sumber Gambar]
Berawal dari sebuah mimpi buruk tentang tenggelamnya negeri pria tersebut lantaran sebuah bencana banjir, pada tahun 1992, Huibers memulai memikirkan membuat sebuah kapal Nabi Nuh. Melansir laman Internasional Kompas, memerlukan waktu 20 tahun untuknya bisa membuat kapal legenda tersebut. Berkat aksinya tersebut ia sempat ditanyai oleh media Amerika Serikat, apakah karya itu ada hubungan dengan hari kiamat. Kapal Nabi Nuh buatan pria yang kabarnya berprofesi sebagai tukang kayu ini, mempunyai fasilitas restoran, bioskop, kebun bintang mini, dan museum yang memajang kisah Nabi Nuh.

Memerlukan dana super besar untuk membuatnya

Uang pembuatan Kapal [Sumber Gambar]

Kalau kalian berpikir kapal buatan pria Belanda tersebut hanya menelan dana ratusan juta saja, tentu hal tersebut sangat salah. Pasalnya, kapal yang kabarnya berukuran panjang 130 meter, lebar 29 meter, dan tinggi 23 meter ini menghabiskan dana super besar. Dilansir laman Brilio.net, kapal replika Nabi Nuh yang memakan biaya anggaran sejumlah 1,6 juta Dollar AS atau senilai dengan 23 miliar Rupiah. Kapal buatan Huibers itu, memiliki kerangka baja, dibangun dengan kayu cedar dan kayu pinus Amerika. Kabarnya dapat memuat lebih dari 5.000 orang sekaligus.

Kini kapal berada di Belanda

Tampak samping replika kapal [Sumber Gambar]
Bagi kamu-kamu yang ingin menyaksikan secara langsung replika kapal tersebut, perjalanan jauh agaknya wajib ditempuh. Hal ini lantaran saat ini, mahakarya tersebut terdapat di Belanda. Tepatnya berada di sungai Mass di kawasan Dordrecht Negeri Kincir Angin. Dilansir laman Akurat. co, kapal ini terdiri dari lima lantai yang mana mempunyai ukuran sebesar lapangan sepak bola.Menurut beberapa kabar yang beredar, semenjak resmi dibuka untuk umum pada tahun 2012 lalu, tempat ini sudah dikunjungi oleh sekurangnya ratusan wisatawan. Jumlah yang fantastis untuk sebuah tempat rekreasi baru.

Dipersiapkan untuk berlayar ke Israel

Replika Kapal Nabi Nuh [Sumber Gambar]
Masih terkait kapal super tersebut, sang empunya yakni Johan Huibers diberitakan banyak media mempunyai cita-cita ingin membawanya berlayar ke Israel. Negara tersebut dipilih lantaran, ia ingin mengamalkan hal-hal yang ditulis di Alkitab. Mengutip laman Daily Mail, ia mengatakan kalau “Mungkin terdengar menakutkan, tetapi saya percaya semua yang tertulis dalam buku ini,” katanya sambil menunjuk Alkitab. Sebelum Negeri Bintang Daud tersebut, pria 60 sempat ingin membawa kapalnya untuk berlayar ke Brazil. Tapi lantaran keselamatan hal tersebut diurungkan olehnya.

BACA JUGA: 5 Suku Hebat di Indonesia ini Dikenal Sebagai Penjelajah Samudra yang Perkasa

Melihat apa yang dilakukan oleh Johan Huibers tentu sesuatu yang luar biasa hebat. Pasalnya, bukan hal mudah menciptakan kapal legenda yang menurut banyak peneliti ada bantuan tangan tuhan saat pembuatannya. Kalau sekarang pria asal Belanda tersebut bisa, menandakan kalau manusia zaman sekarang memang amazing.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Resmi Jadi Juru Taktik Baru Timnas, Inilah Deretan Prestasi ‘Hebat’ Simon McMenemy

Potret Sonia Fergina Citra, Putri Indonesia 2018 yang Disebut Warganet Mirip Lucinta Luna