in

Mau Tau Rahasia Sukses Berbisnis Ala Presiden Jokowi? Terapkan 5 Cara Ini!

Sebelum menjadi orang paling berpengaruh di Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi adalah pekerja biasa. Di awal kariernya tahun 1986, ia hanyalah pegawai dari perusahaan milik pemerintah, PT Kertas Kraft Aceh. Bahkan, Jokowi pernah keluar masuk hutan untuk bekerja. Sekarang, seperti yang kita ketahui jika ia punya banyak bisnis yang menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Nah, usaha-usaha yang dilakukan tersebut ternyata dimulai dari 0 loh. Sukses memang tidak bisa datang tiba-tiba atau turun dari langit begitu saja, menurut Presiden Jokowi, untuk bisa sukses dalam berbisnis, kamu harus menerapkan cara-cara ini!

Modal urusan belakang, yang penting jangan takut

Jangan takut! [Sumber gambar]
“Kebanyakan orang berkata dibutuhkan modal dulu untuk memulai usaha. Namun, menurut saya tidak, karena yang penting adalah jangan takut”, ini adalah prinsip seorang Joko Widodo ketika ingin memulai usahanya. Walaupun modal sudah ada, jika persiapan lain seperti pengalaman, mental yang kuat, serta strategi bisnis yang baik tidak ada dalam dirimu, ya sama saja bohong. Modal pertama adalah jangan takut, coba saja dulu, jika gagal maka bangkit lagi.

Selalu berinovasi dan kreatif

Harus berinovasi [Sumber gambar]
Nah, setelah berani memulai suatu usaha, modal selanjutnya adalah inovasi. Pembeli akan sangat tertarik jika apa yang kita pasarkan itu berbeda dari lain alias unik. Inovasi bisa dilihat dari segi kemasan, bentuk, ataupun tampilan isinya. Dengan begitu, pasar tidak akan jenuh dengan produk yang itu-itu saja. Mengapa banyak orang yang gagal dalam berbisnis? Karena mereka tidak berinovasi, mereka menciptakan, meniru produk yang sudah ada sebelumnya, sehingga tak ada poin uniknya.

Selalu mencari dan manfaatkan peluang yang ada

Manfaatkan peluang [Sumber gambar]
Seorang wirausaha haruslah cerdas dalam melihat segala peluang. Tak sampai di situ, saat peluang sudah ada di depan mata, maka manfaatkanlah dengan sebaik mungkin. Memanfaatkan adalah dengan melakukan aksi nyata (taking an action). Ya, menurut presiden Jokowi nih, dalam dunia bisnis itu siapa cepat dia dapat. Saat sudah menyadari ada peluang yang bisa menjadi keuntungan, maka segera ambil.

Motivasi tinggi dan fokus

Fokus dan motivasi tinggi [Sumber gambar]
Setiap usaha itu pasti ada risiko yang harus diambil, tugas pengusaha adalah bagaimana menyikapi dan menghadapi risiko tersebut. Jika ternyata pada akhirnya gagal, seorang pengusaha harus fokus dengan usahanya. Kegagalan tersebutlah bisa membuat ia menguasai permasalahan yang terjadi. “Menurut saya kerja jangan gonta ganti fokus saja. Temen saya yang gonta-ganti, ya gitu-gitu saja, temen saya kerja kayu bangkrut, ganti kerja besi bangkrut, jadi tidak menguasai masalah,” kata Jokowi seperti dilansir liputan6.com.

Bangun komunikasi dan kepercayaan dengan relasi

Menjaga kepercayaan relasi [Sumber gambar]
Jika sudah ada pasar, punya pelanggan, maka tugas pebisnis adalah menjaga komunikasi dan kepercayaan mereka. Hanya dengan jalan itu hubungan akan berjalan dengan stabil. Tanpa komunikasi yang baik maka akan sulit menumbuhkan kepercayaan konsumen terhadap apa yang kita jajakan. Dilansir dari laman infopeluangusaha.org, tak hanya sebatas pihak luar, komunikasi intern perusahaan juga harus dibina agar kinerja kita lebih maksimal.

Bagaimana, untuk kamu yang berniat membangun usaha –terutama para generasi muda, apakah sudah ada pencerahan dari sederet tips dari Presiden Jokowi di atas? Sukses jangan ditunda ya, kalau tidak sekarang kapan lagi?

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Cerita Mantan Tukang Cuci Mobil Lulusan SMP yang jadi Miliarder Sukses di Bali

Meski Dianggap Nggak Masuk Akal, Inilah 4 Manfaat Nonton Sinetron Azab-azaban