in

Hy-Brasil, Sebuah Pulau di Irlandia yang Tiba-Tiba Hilang Bagai Ditelan Bumi

Pulau berkabut [image source]

Atlantis menjadi sebuah pulau yang keberadaannya hingga kini tak ada kepastiannya. Banyak teori yang berusaha menguak letak pulau ini dan sebab tenggelamnya. Namun, belum ada yang mendekati kebenaran. Selain Atlantis, ada lagi satu pulau yang keberadaannya menjadi misteri.

Pulau tersebut adalah Hy-Brasil yang letaknya di Irlandia. Beberapa ekspedisi telah dilakukan untuk menguak keberadaan pulau ini, tapi hasilnya nihil. Pulau yang katanya pernah ada ini seakan-akan hilang ditelan bumi.

Lokasi Hy-Brasil Pernah Ada di Peta-Peta Kuno

Hy-Brasil pernah muncul pada tahun 1325 hingga 1800an. Pada masa itu, pulau ini berlokasi di sekitar 321 km dari tepi barat pantai Irlandia di sebelah utara Samudera Atlantik. Nama Pulau Hy-Brasil sendiri memiliki arti High King atau raja tertinggi di mitologi Celtic.

Lokasi Hy-Brasil [image source]
Keberadaan pulau ini di peta-peta kuno selalu mengalami perbedaan. Tercatat pada tahun 1436 dan 1595 mengalami perbedaan lokasi. Setelah tahun-tahun tersebut, bahkan tak tercantum lagi di peta.

Kehidupan di Hy-Brasil Pernah Terkuak Oleh Seorang Ekspeditor

Pada tahun 1674 John Nisbet melakukan sebuah ekspedisi untuk menemukan Pulau Hy-Brasil. Tak dinyana, ia berhasil menemukan pulau ini dan bersantai ria selama sehari bersama para awak di sana. Menurutnya pulau itu dihuni oleh kelinci besar berwarna hitam. Para penyihir juga hidup di sana.

Kelinci hitam [image source]

Beberapa kisah juga menceritakan hal yang serupa, adanya peradaban maju dan tempat tinggal dewa-dewa kuno Irlandia. Bahkan ada pula yang mengklaim lokasi Pulau Hy-Brasil merupakan lokasi alien. Hal tersebut diungkapkan setelah seorang sersan Inggris bernama Jim Penniston mengalami kontak dengan alien. Ia kemudian menerima nomor-nomor binari yang jika diterjemahkan merupakan lokasi Pulau Hy-Brasil. Anehnya, pesan tersebut menunjukkan angka tahun 8100.

Ekspedisi yang Pernah Dilakukan untuk Menemukan Lokasi Hy-Brasil

Berdasarkan cerita mengenai keberadaan Hy-Brasil, beberapa ekspedisi pernah dilancarkan untuk menemukannya. Pada tahun 1480 John Jay mengangkat sauh dan berangkat mencari keberadaan pulau ini, tapi sayang ia pulang dengan tangan kosong. Dilanjutkan pada tahun 1481, The Trinity dan George berangkat dengan armada 2 kali lipat, tetap gagal.

Ilustrasi ekspedisi [image source]
Akhirnya pulau ini menampakkan dirinya pada tahun 1497 di hadapan Pedro de Ayala. Rumor mengatakan bahwa sebenarnya pulau ini tertutup kabut tebal. Hy-Brasil akan terlihat oleh manusia setiap 7 tahun sekali.

Lenyap dari Peta Dunia untuk Selamanya

Keberadaan Hy-Brasil yang muncul tenggelam tentunya membuat penasaran. Pulau ini pernah beberapa kali muncul di peta, tapi hilang lagi. Sekitar tahu 1865 Hy-Brasil hanya ditandai sebagai sebuah karang.

Peta dunia [image source]
Kemudian pada tahun 1872 Robert O’Flaherty dan J.J. Westropp menemukan kembali pulau ini. Westropp bahkan sempat mengajak keluarganya untuk melihat penampakan Hy-BRasil yang amat jarang. Namun, dalam waktu sekejap pulau ini hilang kembali bagai ditelan bumi.

Beberapa Teori Mengenai Keberadaan Hy-Brasil

Karena kemisteriusannya, Hy-Brasil banyak diperbincangkan orang awam dan para ilmuwan. Beberapa teori pun muncul ke permukaan. Ada yang berpendapat kalau Hy-Brasil memang ada, tapi kemudian tenggelam seperti Atlantis.

Pulau berkabut [image source]
Pendapat lainnya mengatakan, bahwa pulau ini memang tak pernah ada. Mereka menuduh para pembuat peta atau ekspeditor salah dalam mengidentifikasi suatu objek. Hingga saat ini kedua pendapat tersebut belum bisa dipegang kebenarannya.

Keberadaan sebuah pulau yang misterius memang mengundang tanda tanya. Keberadaanya pun malah semakin diburu. Namun, terkadang hal yang misterius akan semakin menyembunyikan dirinya jika semakin diburu.

Written by Sastranagari

Leave a Reply

Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri

30 Gambar Kocak dan Nekat Ini Buktikan Kenapa Usia Wanita Lebih Panjang Ketimbang Para Pria