in

Membongkar Berhasil atau Tidaknya Asian Games 2018, Lewat 4 Pemberitaan Asing Ini

Asian Games 2018 di Jakarta resmi berakhir beberapa hari lalu. Sebagai sebuah event olahraga empat tahunan terbesar di Asia, kejuaraan tersebut bisa dibilang menyimpan catatan baik atau buruk. Kendati bukan yang sempurna, namun ajang ini telah mampu menyedot ribuan orang Asia untuk larut di dalamnya. Tak terkecuali para penulis berita Asia yang memberikan perhatian khusus lewat penilaiannya mengenai kejuaraan olahraga tersebut.

Seperti salah contohnya adalah media South Cina Morning Post yang membuat pemberitaan berbunyi, Indonesia menunjukkan pertunjukan kelas dunia di artikelnya berjudul Indonesia menyelenggarakan Asian Games terbaik. Selain kanal berita tersebut, media berikut ini juga tulisan pandangannya mengenai ajang olahraga yang pertama dimulai bulan Agustus lalu itu. Seperti apakah itu? Yuk mari bersama simak ulasannya berikut

Media Singapura melaporkan Asian Games dengan ucapan terimakasih

Meriahnya Istora Senayan [Sumber Gambar]
Kendati sebagai kompetitor di ajang Asian Games 2018, rupanya media Singapura tetap netral menulis berita mengenai kejuaraan olahraga yang di helat di Jakarta dan Palembang tersebut. Malahan seperti yang dituliskan oleh laman BCC, mereka mengucapkan terima kasih untuk Indonesia. Kanal berita bernama The Straits Times Singapura itu juga menuliskan, jika pagelaran ini menyimpan kesan mendalam lewat suara-suara suporter saat di Istora, senyum para relawan, keramahan penduduk setempat dan keanggunan perenang Rikiko Ikee (yang meraih penghargaan MVP Asian Games).

Salah satu kanal berita Channel News Asia juga menuliskan berita tentang Asian Games

Kemeriahan Asian Games 2018 [Sumber Gambar]

Kalau kesan mendalam dituliskan oleh media Singapura, berbeda hal yang dilaporkan oleh Channel News Asia. Mereka malah memberitakan jika Indonesia telah mampu menjawab keraguan banyak kalangan mengenai dipilihnya negara Asia Tenggara ini sebagai tuan rumah. Melansir laman Viva.co.id “Indonesia telah membantah keraguan dengan menyelenggarakan Games yang lancar, dan dengan 17.000 atlet serta official, ini adalah ajang olahraga terbesar kedua setelah Olimpiade.” Berkaca dengan hal tersebut kita sudah sewajarnya memberikan apresiasi besar untuk insan terlibat di sana.

The New Indian Express menuliskan keterkejutan dengan capaian Indonesia

Korea Selatan juara [Sumber Gambar]
Selain kedua kanal berita manca tadi, reporter peliput Asian Games dari The New Indian Express juga menuliskan pandangannya mengenai event besar olahraga Asia empat tahunan tersebut. Dilansir laman BCC, mereka mengungkapkan jika Indonesia adalah penyelenggara Asia Games yang spektakuler. Apabila melihat pembukaan dan penutupan ajang ini yang luar biasa fantastis apa yang dituliskan oleh salah satu media India tersebut patut untuk diiyakan. Ditambah lagi ketika perlombaan berlangsung para atlet dari penjuru Asia juga diberikan service terbaik oleh pihak panitia.

Kydo news menyoroti potensi Palembang setelah Asian Games

Jembatan Ampera Palembang [Sumber Gambar]
Sebagai salah satu kota di Indonesia yang ditunjuk menyelenggarakan Asian Games, kiprah Palembang di kejuaraan ini bisa dibilang menunjukkan performa yang bagus. Ya, meskipun masih menyimpan PR, namun secara garis besar kota terkenal Jembatan Ampera patut diacungi jempol. Melansir laman Indosport, hal senada juga dituliskan oleh sebuah media berita asal Jepang  Kydo news. Mereka menyoroti jika ke depan Palembang bisa menjadi kota yang lebih mendunia setelah ajang olahraga akbar tersebut. Palembang ketika Asian Games 2018 menggelar 10 cabang olahraga (Sepak bola wanita, Bola voli pantai,Tenis dan soft-tennis, Bola basket, Kano/kayak, Dayung, Menembak, Triatlon, Sepak takraw, Panjat tebing)

Melihat sejumlah laporan beberapa media manca ini, tentunya jawaban dari judul di atas Indonesia sukses menjadi penyelenggara Asian Games 2018. Kendati demikian, namun menurut penulis masih ada PR yang harus diselesaikan untuk menjadikan negara kita sebagai tuan lebih hebat lagi. Kalau menurutmu bagaimana nih sobat Boombastis apakah Indonesia sukses di kejuaran tersebut?

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Heboh Korupsi Berjamaah di Malang, Pemerintah dan Rakyat Sama-sama Tepok Jidat!

13 Artis Ini Rela Hujan-hujanan Demi Menyaksikan Kemegahan Closing Ceremony Asian Games 2018