in

Tanam Pohon Selama 30 Tahun Seorang Diri, Pria Ini Ubah Daerah Tandus Menjadi Hutan Lebat

Hutan ala Jadav yang dihuni oleh beragam satwa dilindungi

Jadav Payeng di antara lebatnya Hutan Molai [sumber gambar]
Uniknya, pemerintah baru mengetahui tentang hutan yang digarap Jadav pada tahun 2008 ketika kawanan sekitar 100 gajah liar tersesat ke dalamnya. Kini, hutan Molai menjadi rumah bagi beragam satwa seperti harimau Bengal, badak India, reptil, lebih dari 100 rusa, dan kelinci selain monyet dan beberapa jenis burung, termasuk sejumlah besar burung bangkai (nasar).

Kisah penghijauan Jadav Payeng dibuat film dokumenter

Kisah Jadav Payeng dan Hutan Molai yang digagasnya telah menjadi subjek sejumlah film dokumenter. Pada tahun 2012, film dokumenter buatan lokal yang diproduksi oleh Jitu Kalita, The Molai Forest, diputar di Universitas Jawaharlal Nehru. Tayangan tersebut mengisahkan perjuangan seorang Jadav Payeng mulai dari awal dirinya menanam pohon selama 30 tahun lamanya, hingga menjadi sebuah hutan yang lebat dengan aneka tumbuhan dan satwa di dalamnya.

BACA JUGA: Kisah Pria Muslim Afrika yang Hijaukan Gurun di Wilayah Sahel Seorang Diri

Kisah Jadav begitu kuat dan sangat menginspirasi, kemudian dituangkan dalam sebuah buku untuk anak-anak yang menceritakan bagaimana ia menjadikan hutan sendirian sebagai rumah bagi hewan liar dengan penghijauan. Apa yang dilakukannya membuat Jadav menjadi sosok aktivis lingkungan yang sesungguhnya. Bekerja dengan senyap selama 30 tahun tanpa meminta imbalan apa pun.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Sekarang jadi Menyeramkan, 5 Wisata Ternama di Indonesia Ini Ditutup dan Terbengkalai

Kaya Raya Tiada Tandingan, Diktator Kongo Ini Rampok Rakyatnya Selama 32 Tahun