in

Punya 39 Istri dan 100 Anak, Pria Ini Bilang Masih Ingin Tambah

Katanya, banyak anak banyak rezeki. Lalu bagaimana dengan banyak istri, apakah hal yang sama juga berlaku? Ini mungkin yang diyakini oleh seorang pria di negara bagian India bernama Ziona Chana. Bukan satu atau empat, tapi 39 istri ia nikahi selama hidupnya. Dari mereka pun, dirinya juga dikaruniai hampir seratus anak.

Apa ya yang menjadi latar belakang Ziona memutuskan untuk memiliki begitu banyak istri? Bagaimana pula caranya untuk memberi nafkah hingga kasih sayang untuk ratusan anggota keluarganya tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Punya 39 istri, yang pertama dinikahi saat usia 17 tahun

Jika kamu masih duduk di bangku sekolah saat usia 17 tahun, berbeda dengan yang dilakoni oleh Ziona Chana. Dirinya sudah menikahi istri pertamanya di usia tersebut. Diketahui nama istri pertamanya adalah Zatthiangi. Tapi dirinya bukanlah satu-satunya istri Ziona.

Ziona Chana dan keluarga [sumber gambar]
Pria ini diketahui terus menikah hingga akhirnya memiliki 39 istri. Dirinya bahkan mengklaim menikahi 10 wanita dalam satu tahun. Dari pernikahan-pernikahannya ini, Ziona tercatat memiliki 94 anak, 39 menantu, dan 33 cucu. Mantap betul ya?

Semua tinggal satu atap, Ziona selalu ditemani tujuh atau delapan istri

Sebagai suami yang bertanggung jawab, Ziona menyediakan rumah empat lantai dengan sekitar 100 ruangan di dalamnya. Di sinilah semua istri Ziona tinggal, satu atap bersama. Termasuk juga istri pertamanya, Zatthiangi yang punya peran penting dalam rumah tangga tersebut. Zatthiangi bertanggung jawab mengatur siapa, kapan, dan pekerjaan apa yang mesti dilakukan oleh para istri.

Rumah Ziona Chana [sumber gambar]
Dikutip dari Kumparan, meski istrinya ada puluhan Ziona punya kamar pribadi. Para istri akan tinggal di ruangan-ruangan yang dekat dengan kamar pribadi Ziona tersebut. Jadi, Ziona bisa ditemani kapan saja. Disebutkan juga, Ziona selalu ditemani oleh tujuh atau delapan istrinya.

Jumlah bahan makanan yang dipakai untuk sekali makan sungguh menakjubkan

Pembagian tugas seperti memasak dan menyiapkan makanan tentu akan dilakukan oleh beberapa istri yang telah ditugaskan oleh istri pertama Ziona. Pernah terbayang bagaimana hebohnya aktivitas makan di rumah Ziona?

Aktivitas Ziona Chana makan bersama keluarganya [sumber gambar]
Untuk satu kali makan malam saja, keluarga besar Ziona ini membutuhkan sekitar 30 ekor ayam. Ini masih dilengkapi dengan ratusan kilogram kentang dan beras. Nah, untuk memenuhi kebutuhan makanannya, istri-istri Ziona berkebun di lahan belakang rumah mereka. Mulai dari bayam, kol, sawi, dan brokoli mereka tanam di sana.

Jadi pemimpin sekte, ternyata ini alasan punya banyak istri

Ternyata, Ziona merupakan pimpinan sebuah sekte Kristen bernama Chana Pawl. Ini adalah sekte yang didirikan oleh ayahnya sejak tahun 1942. Sekte ini memiliki kurang lebih 2000 anggota. Dalam sekte ini, seorang pria bisa memiliki istri sebanyak yang diinginkan. Tak heran ya kalau pemimpinnya sampai punya puluhan istri.

Menikah sebanyak mungkin untuk perluas Sekte Chana Pawl [sumber gambar]
Disinggung soal dirinya yang memiliki puluhan istri, Ziona mengatakan bahwa ia adalah anak istimewa Tuhan. Sebab Tuhan memberinya begitu banyak orang untuk dijaga. Meski begitu, Ziona sempat mengatakan ingin menikah lagi demi memperluas atau memperbanyak anggota keluarganya. Namun, pernikahan terakhirnya terjadi saat ia berusia 50 tahun.

Meninggal dunia karena sakit, para istri bingung cari kepala keluarga baru

Pada bulan Juni 2021 lalu, Ziona meninggal dunia. Ia diketahui meninggal karena penyakit yang dideritanya yaitu diabetes dan hipertensi. Saat sakit, keadaannya sempat memburuk hingga harus dilarikan ke rumah sakit. Sayang, nyawanya tidak tertolong. Ziona meninggal dunia pada usia 76 tahun.

Istri dan anak Ziona Chana [sumber gambar]
Sebelum meninggal, Ziona tidak sempat mewasiatkan pada siapa yang akan menggantikan posisinya sebagai kepala keluarga. Sempat terjadi kebingungan, akhirnya pengganti Ziona akan ditentukan oleh pihak gereja. Disebutkan bahwa Para Nunparliana, anak tertua Ziona akan menggantikan posisi ayahnya.

Punya titel pria dengan istri terbanyak, rumahnya jadi tempat wisata

Dengan puluhan istri dan hampir seratus anak membuat Ziona sempat mendapatkan titel sebagai pria dengan istri terbanyak di dunia. Tentu saja, hal ini mengundang rasa penasaran. Nah, bagi yang ingin tahu tentang Ziona bisa langsung datang ke rumahnya loh. Sebab sekarang ini rumahnya menjadi tempat wisata.

Rumah empat lantai milik Ziona Chana ini terletak di Desa Baktawng Tlangnuam, Mizoram, India. Hal ini diketahui dari cuitan Menteri Kepala negara bagian Mizoram, Zoramthanga ketika Ziona meninggal dunia. Ia menyebutkan bahwa desa tersebut jadi punya daya tarik karena keluarga Ziona yang fenomenal tersebut.

Baca juga: Nggak Jauh dari Indonesia, di Tempat Ini Pria Bisa Punya Banyak Istri dan Hidup Leha-leha

Anak kelima Ziona Chana, Chhuanthar menyebutkan bahwa ayahnya adalah sosok pemalu dan tidak banyak bicara. Meski begitu, ayahnya selalu memastikan setiap orang di keluarganya mendapatkan cinta dan kasih sayang yang sama rata. Lantas apakah ada anggota keluarganya yang akan mengikuti jejak Ziona Chana? Ia menjawab bahwa dirinya dan keluarga tidak mempraktikkan ajaran poligami meski sama-sama menganut agama Kristen.

Written by Alenka

Bobol Lemari sampai Jual Tanah, 5 ART Ini Tega Membalas Kebaikan Majikan dengan Mencuri

4 Fakta Tentang Otoniel, Bos Narkoba Paling Berbahaya di Kolombia