in

Sultan Indonesia Lewat! Pria India Ini Bangun Taj Mahal untuk Hadiahi Istrinya

Sudah menjadi hal yang lazim bagi seorang suami memberikan hadiah kepada istrinya. Selain untuk menunjukkan rasa cinta, juga sebagai rasa terima kasih serta apresiasi. Tapi biasanya para suami memberikan hadiah sesuai kemampuan mereka. Misalnya saja dengan memberikan tas, perhiasan, atau mobil jika sultan.

Tapi se-sultan-sultannya seseorang, mungkin tidak bisa mengalahkan apa yang dilakukan pria India satu ini. Bukan mobil apalagi emas, pria ini menghadiahi istrinya sebuah Taj Mahal. Tentu saja replika dari yang asli, tapi Taj Mahal versi hadiah ini juga tak main-main. Lalu seperti apa cerita dan bentuknya? Simak ulasan menariknya berikut.

Hadiah Taj Mahal sebagai ungkapan cinta

Replika Taj Mahal dilihat dari luar [sumber gambar]
Sebagai pria yang sayang istri, Madhya Pradesh rela memberikan apa pun kepada sang belahan jiwa. Termasuk membuatkan sang pasangan sebuah replika Taj Mahal yang begitu mirip. Seperti yang diketahui, Taj Mahal sendiri memang sering dianggap sebagai simbol cinta di mana ia dibangun oleh raja Mughal bernama Shah Jahan untuk mengenang istrinya yang meninggal bernama Mumtaz Mahal.

Awal mula keinginan membangun Taj Mahal

Pemandangan Taj Mahal replika saat malam [sumber gambar]

Hal yang menarik dari cerita ini adalah ternyata Pradesh awalnya tidak niat membangunkan istrinya sebuah replika Taj Mahal. Ia sebenarnya ingin mendirikan sebuah bangunan biasa dengan konsep menjulang ke atas. Namun proyek tersebut diprotes oleh masyarakat lokal setempat. Setelahnya, ia terpikirkan untuk mendirikan sebuah replika Taj Mahal.

Biaya yang dikeluarkan lumayan besar

Taj Mahal replika ramai diliput [sumber gambar]
Sebelum membangun Taj Mahal versinya sendiri Pradesh dan istrinya melakukan riset dengan mendatangi bangunan asli, serta ia juga membuat model tiga dimensinya. Setelah dirasa cocok, proyek ini pun dilakukan dengan menelan biaya sekitar $260 ribu atau sekitar Rp3,7 miliar. Hasilnya sendiri tidak mengecewakan. Bangunan ini sangat mirip Taj Mahal, apalagi jika dilihat dari luar.

Isi bangunan yang mencengangkan

Dalaman replika Taj Mahal

Meskipun tampilan sangat mirip, namun untuk dalaman Taj Mahal ini tidak sama. Mengingat bangunan asli dipakai sebagai monumen makam, sedangkan versi Pradesh memang untuk rumah tinggal. Namun demikian ia menyontek beberapa ciri khas Taj Mahal asli melalui lantai serta tiang-tiang yang ada di dalam. Rumah ini sendiri terdiri dari empat kamar, satu dapur, perpustakaan, ruang meditasi, hingga tangga berliuk yang mewah.

Sekarang malah jadi tempat wisata

Jadi tempat foto-foto yang unik [sumber gambar]
Mendapati bangunan mirip Taj Mahal, tentu saya warga yang tinggal di sekitar Pradesh terkagum-kagum. Tak heran jika akhirnya banyak yang mampir entah untuk sekedar berfoto atau masuk ke dalam. Baiknya Pradesh, ia mengizinkan semua orang yang ingin melihat untuk masuk. Bahkan ia juga berharap rumahnya bisa menjadi semacam tempat wisata. Beberapa kali juga ada pasangan yang foto prewed-nya di tempat ini. Luar biasa ya.

Baca juga: 7 Bangunan Kuno yang Menunjukkan Bahwa Arsitektur Islam itu Super Indah

Harus diakui jika Pradesh mematok standar yang kelewat tinggi bagi para pria dan suami di luar sana. Tapi jika pasangan adalah seseorang yang baik, tentu hadiah apa pun dari sang suami akan diterima dengan senang hati. Tapi kalo mawar terus setiap tahun ya bosan juga sih. Tolong lebih kreatif lagi hehe…

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Peran Mr. Bean Melekat, Ini 10 Transformasi Rowan Atkinson yang Kini Sudah Tampak Sepuh

Makna yang Tersingkap di Balik Kisah Nestapa Novia Widyasari