Memiliki kemampuan menangkap makhluk ghaib tentu tidak dimiliki oleh sembarang orang. Terlebih, jika yang berhasil ditangkap adalah jenis jin pengganggu seperti tuyul yang identik sebagai pencuri uang. Hal unik sekaligus aneh inilah yang dilakukan oleh Yudarwandi.

Dilansir dari Inews.id, sosok pemuda asal Dusun Temu, Desa Pulutan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten ini viral lantaran mengaku berhasil menangkap tuyul. Bahkan, bentuk dari makhluk halus tersebut bisa disaksikan secara jelas dengan mata biasa. Seperti apa kisahnya? Simak ulasan berikut ini.

Berhasil menangkap tuyul saat dirinya pulang dari pengajian

Tuyul yang berhasil ditangkap oleh Yudarwandi [sumber gambar]
Penangkapan tuyul yang dilakukan oleh Yudarwandi ini, berawal dari ketidaksengajaan saat dirinya baru saja pulang dari acara pengajian. Saat itu, dirinya yang hendak masuk ke dalam rumah, melihat sesosok bocah kecil di atap rumahnya. Saat itu, waktu menunjukkan pukul 23.00 malam. Jelas, sosok tersebut bukanlah dari bangsa manusia.

Makhlus halus pencuri uang yang ditaklukkan dengan kalimat rajah

View this post on Instagram

WARGA TANGKAP TUYUL Peristiwa aneh datang dari Padukuhan Temu, Desa Pulutan, Kecamatan Wonosari. Warga setempat digemparkan dengan penangkapan sesosok yang diduga tuyul pada Jumat (22/11/2019) malam kemarin. Tak hanya menjadi kasak-kusuk warga, akan tetapi kabar ini juga viral di media sosial setelah salah seorang warga mengunggahnya.Adalah Yudarwandi, warga yang meyakini telah menangkap tuyul Setahun lalu, Yudarwandi mendapat keluhan dari salah satu warga lantaran kehilangan uang. Semenjak itulah ia mencoba mencari tuyul yang mengganggu warga. Secara tidak sengaja, dalam perjalan pulang dari pengajian di Desa Wiladeg, Kecamatan Karangmojo, Yudarwandi melihat sosok tuyul yang tengah duduk di atap rumah salah satu warga. Ia langsung menghentikan kendaraan dan mencoba memberikan doa untuk mengunci tuyul. Namun tuyul berhasil lompat dan lari ke arah makam. Yudarwani lantas membawa kendaraannya mencari jalan pintas menuju ke arah dan makam. Tak berselang lama ia melihat tuyul dengan tinggi 50 cm tengah gelimpungan kesakitan. Tuyul lalu dilumpuhkan dengan doa-doa dan dimasukkan ke dalam wadah yang diisi rajah (doa).Tuyul tersebut olehnya dimasukkan ke dalam toples dan rencananya akan dilarung di Pantai Ngobaran. #tuyul #mistik #mistis #gunungkidul

A post shared by Warung Jurnalis (@warung_jurnalis) on

Oleh Yudarwandi, makhluk kecil tersebut langsung dikuncinya dengan rajah yang ia dapatkan dari guru spiritualnya dahulu. Tak lama kemudian, tuyul tersebut tiba-tiba melompat ke wilayah kuburan. Di sana, Yudarwandi berhasil menangkap sosok yang saat itu terlihat kelimpungan.“Sosok anak kecil ini di atap rumah orang. Saya langsung turun dari sepeda motor. Saya ikutin petunjuk dari mbah saya dulu, saya kunci dulu (dengan rajah),” kata Yudarwandi yang dikutip dari Inews.id.

Sosok pemuda yang telah memiliki ilmu supranatural sejak kecil

Yudarwandi yang menangkap tuyul menggunakan rajah asma syir [sumber gambar]
Keberhasilan Yudarwandi menangkap sosok Tuyul tersebut dengan rajah, tak lepas dari lelaku spiritualnya di masa lalu. Karena sedari kecil menyukai hal-hal yang berbau ghaib, pria asal Gunungkidul itu pun kerap mengasah ilmu kebatinannya. Yudarwandi pun akhirnya diwarisi ilmu gaib dan rajah (azimat) oleh guru spiritualnya berupa rajah syir. Dalam dunia spiritual, rajah tersebut dikenal memiliki banyak manfaat. Termasuk salah satunya yang berhubungan dengan makhluk tak kasat mata seperti jin.

Bentuk tuyul yang hasil tangkapan Yudarwandi yang membuat dirinya viral

Penampakan sosok makhuk yang disebut Yudarwandi sebagai tuyul [sumber gambar]
Kabar Yudarwandi yang berhasil menangkap tuyul akhirnya tersebar dengan cepat. Sosoknya pun menjadi viral, seiring dengan banyaknya orang yang berdatangan ke rumahnya untuk melihat sosok tuyul tersebut. Tak hanya warga dari kampungnya sendiri, berita ini bahkan membuat masyarakat dari luar desa tersebut ikut berdatangan karena penasaran ingin melihat secara langsung.

Berencana akan dibuang ke tempat yang jauh agar tidak mengganggu penduduk

Bakal dibuang ke tempat asalnya agar tidak lagi meresahkan warga [sumber gambar]
Tuyul yang berhasil ditangkap oleh Yudarwandi, sempat dipamerkan sebelum nantinya akan dibuang. Menurut dirinya, makhluk tersebut akan dibuang jauh-jauh agar ke depannya tidak lagi mengganggu masyarakat. “Rencananya akan saya larung ke Pantai Langgeran, ke tempat asalnya,” ucap Yudarwandi yang dikutip dari Inews.id.

BACA JUGA: Mitos-Mitos Ngeri Tentang Hantu Tuyul Ini Masih Diyakini Banyak Orang di Indonesia

Segala hal yang berbau mistis dan keghaiban, memang tak lepas dari masih adanya elemen masyarakat kita yang meyakini hal tersebut. Seperti kisah Yudarwandi di atas, dirinya bahkan mengklaim bisa menangkap makhluk tak kasat mata yang notabene alamnya berbeda dengan manusia. Percaya atau tidak, semua kembali menurut pendapat masing-masing dari sahabat Boombastis yang budiman.