in

7 Prestasi Otomotif Mendunia Putra Putri Bangsa ini Memang Bikin Bangga!

Jangan pernah anggap enteng Indonesia. Meskipun banyak masalah pelik, ketidakadilan dan hal-hal buruk lain, akan selalu ada hal yang bisa kita banggakan dari negeri tercinta ini. Ya, perlahan namun pasti, Indonesia mulai menunjukkan geliat bagus. Banyak prestasi-prestasi yang dibuat dan berhasil sukses hingga level dunia. Salah satunya adalah di ranah otomotif.

Belakangan Rio Haryanto menjadi headline menghebohkan di berbagai media. Bagaimana tidak, pemuda satu ini bikin nama Indonesia melejit setelah positif menjadi pebalap F1 pertama di Indonesia. Sebuah prestasi yang sangat keren tentu saja dan tidak mudah untuk dicapai, bahkan sempat juga langkah besar ini tidak direstui negara.

Tak hanya Rio, ada banyak putra-putri Indonesia lain yang juga tak kalah berprestasi di bidang otomotif. Bahkan mereka juga mendunia kiprahnya. Berikut ulasannya.

1. Didit Hediprasetyo, Desainer yang Membuat BMW Kepincut

BMW bukan merek mobil ecek-ecek. Di dunia otomotif pamor BMW sangat mentereng dan memang dibuktikan dengan produk-produk yang tak mengecewakan. Dalam tahap pembuatan mobilnya, BMW juga melakukan analisa desain dan sebagainya. Nah, tentang desain, siapa sangka jika BMW melibatkan orang Indonesia untuk melakukannya. Namanya adalah Didit Hediprasetyo.

Didit Hediprasetyo [Image Source]
Didit Hediprasetyo [Image Source]
Pria ini adalah desainer busana kondang, tapi ia dipercaya untuk membuat desain interior dari salah satu varian BMW. Hasilnya, luar biasa. Buah tangan Hedi membuat Series 7 yang ditukanginya makin jumawa. Gara-gara ini juga dunia tak lagi memandang biasa para desainer nusantara.

2. Alexandra Asmasoebrata, Si Cantik Jago Ngebut yang Mendunia

Siapa yang menyangka jika di balik sosoknya yang cantik ini, Alexandra Asmasoebrata adalah tukang kebut handal. Ia adalah seorang pebalap gokart dan formula profesional yang kiprahnya sudah mendunia. Ada banyak prestasi yang sudah ditorehkannya dan bikin Indonesia bangga.

Alexandra Asmasoebrata [image Source]
Alexandra Asmasoebrata [Image Source]
Misalnya juara 1 National Kart Championship di tahun 2002 dan 2005, juara 13 World Championship Junior rotax max, serta juara satu China Formula Campus Asian Division. Tak hanya prestasi-prestasi mentereng ini, ia juga dinobatkan sebagai pemegang rekor MURI untuk pebalap wanita pertama di Indonesia.

3. Jeffrey Polnaja, Biker Paling Keren Se-Indonesia

Tak banyak yang tahu nama ini, tapi bagi mereka penghobi touring pasti sudah tak asing lagi. Ya, pria asal Bandung ini adalah biker paling mentereng di Indonesia. Prestasinya bisa dibilang greget dan bakal susah untuk ditiru siapa pun.

Jeffrey Polnaja [Image Source]
Jeffrey Polnaja [Image Source]
Jeffrey Polnaja mencatatkan namanya sebagai biker pertama Indonesia yang berhasil menjelajahi dunia. Ya, pria Bandung ini pernah melintasi 5 benua dan 78 negara. Dengan prestasi sangar ini, maka tak heran kalau Jeffrey jadi panutan para biker di Indonesia.

4. Perdana Putra Minang, Belia Tapi Prestasinya Luar Biasa

Remaja bernama Perdana Putra Minang ini mungkin masih sangat muda, tapi ia berhasil menorehkan prestasi yang tak semua orang dewasa bisa. Ya, pemuda asal Jakarta ini bolak-balik bikin Indonesia metereng di dunia khususnya dalam ranah karting.

Perdana Putra Minang [Image Source]
Perdana Putra Minang [Image Source]
Tercatat ada banyak prestasi internasional yang sudah dicapai Perdana. Dari tahun 2008 sampai 2014, ia sudah punya belasan titel, termasuk yang terakhir adalah juara I kelas junior Asia Max Challenge di Sepang Malaysia. Banyak yang yakin jika pemuda satu ini kelak akan jadi pebalap handal Indonesia di gelaran-gelaran bergengsi internasional.

5. Stephanus Wijanarko, Salah Satu Anggota Penting di Scuderi Torro Roso F1

Banyak yang tidak tahu nama ini, padahal kiprahnya sudah mendunia dan bikin Indonesia bangga. Stephanus adalah seorang desainer handal yang saat ini bekerja di bawah Scuderi Torro Roso yang merupakan tim junior dari Red Bull Racing.

Stephanus Wijanarko [Image source]
Stephanus Wijanarko [Image source]
Pekerjaan Stephanus adalah mendesain mobil-mobil F1 untuk tim Italia tersebut. Sangat membanggakan tentu saja karena ini adalah pekerjaan bergengsi yang tak banyak bisa dilakukan orang. Harapan besar di masa depan, pria ini akan mendesain F1 untuk tim Indonesia. Semoga!

6. Rifat Sungkar, Pebalap Rally Paling Jumawa di Indonesia

Sudah tak diragukan lagi kiprah seorang Rifat Sungkar di jagad relly. Banyak sekali prestasi pribadi baik tingkat nasional maupun internasional yang ditorehkannya. Tercatat, sejak tahun 2005 sampai 2013, rentetan gelar bergengsi berhasil dikantonginya.

Rifat Sungkar [Image Source]
Rifat Sungkar [Image Source]
Misalnya di tahun 2011 di mana ia menjadi juara dua Pasific Cup, atau di tahun 2012 ketika ia berhasil naik podium pertama di WRC Rallye de France Allice, Strasbourg. Atas semua kiprahnya ini, akhirnya Rifat Sungkar juga diberikan penghargaan sangar berupa Lencana Prama Krida.

7. Rio Haryanto, Pria Indonesia Pertama di Kursi Balap F1

Setelah polemik yang sempat membuatnya maju mundur, akhirnya Ryo dengan gagah sudah resmi menjadi salah satu kontestan F1. Ini F1 lho, balapan paling bergengsi di Bumi. Sebelum menjadi pebalap di kelas tertinggi, Rio memulai karirnya dengan menjadi pebalap kelas junior dan kemudian perlahan-lahan naik. Berjibaku dengan keras, Rio makin memantapkan dirinya dan akhirnya jumawa.

Rio Haryanto [Image Source]
Rio Haryanto [Image Source]
Gara-gara Rio, dunia balap F1 yang sempat meremehkan Indonesia sekarang tidak lagi menunjukan sikap yang sama. Indonesia sepenuhnya dipandang sangat potensial untuk melahirkan jawara-jawara di masa depan. Salut untuk Rio.

Tak cuma badminton, di ranah balap ternyata Indonesia juga bisa mencatatkan prestasi yang tak main-main. Hal ini jadi bukti kalau Indonesia sebenarnya sangat mampu dalam hal apa pun. Siapa yang menyangka sih bendera Indonesia akhirnya berkibar di sirkuit-sirkuit internasional. Sebuah hal yang mungkin dulu hanya bisa dibayangkan saja.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Wih! 5 Hantu Suka Nyolong ini Masih Saudara Jauh dengan Tuyul

5 Fakta PKR 1, Kapal Perang Terbaik Buatan Indonesia yang Diminati Dunia